• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Turunkan Berat Badan setelah Liburan Natal dengan 8 Cara Ini

Turunkan Berat Badan setelah Liburan Natal dengan 8 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap berbagai hidangan lezat saat perayaan Natal bersama keluarga. Umumnya, hidangan-hidangan natal dipenuhi oleh makanan yang manis dan berkalori tinggi. Tidak heran jika angka timbangan kamu tiba-tiba bergeser ke kanan usai liburan Natal. 

Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan angka timbangan seperti semula kok. Berikut tips sehat menurunkan berat badan usai liburan natal. 

Baca juga: Biar Tetap Sehat, Perhatikan Ini Saat Pilih Camilan Natal

Tips Menurunkan Berat Badan setelah Liburan Natal

Kamu tidak perlu melakukan diet ketat yang justru bisa menyiksa tubuh. Beberapa tips ini adalah diet yang tergolong ringan dan aman dilakukan untuk menurunkan berat badan:

1. Minum Air sebelum Makan

Kamu pasti sudah sering dengar kalau air minum dapat membantu menurunkan berat badan. Ini bukan mitos belaka kok, minum air memang dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24-30 persen selama periode 1–1,5 jam, sehingga membantu tubuh membakar lebih banyak kalori. Satu studi menunjukkan bahwa minum setengah liter air sekitar setengah jam sebelum makan membantu pelaku diet makan lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan 44 persen lebih banyak.

2. Coba Intermittent Fasting

Pernah dengar intermittent fasting? Diet ini tidak seperti puasa di bulan Ramadan, ya. Dalam intermittent fasting, kamu hanya perlu berpuasa dalam jangka waktu yang pendek. Selain itu, kamu masih boleh minum air putih selama intermittent fasting

3. Kurangi Gula Tambahan

Gula tambahan adalah salah satu bahan yang sering dicampurkan ke dalam makanan yang akhir-akhir ini sedang populer. Studi menunjukkan bahwa konsumsi gula mampu meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Kalau kamu ingin ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tambahan. Saat membeli makanan, pastikan untuk membaca labelnya, karena bahkan yang sering disebut makanan sehat bisa saja masih mengandung gula.

4. Kurangi Makan Karbohidrat

Karbohidrat olahan seperti gula dan biji-bijian yang sudah diolah, seperti roti putih dan pasta mampu meningkatkan gula darah dengan cepat. Alhasil, makanan ini menyebabkan rasa lapar, mengidam, dan membuat kamu makan lebih banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih karbohidrat yang masih mengandung serat alami. 

Baca juga: 6 Perawatan Wajah Wajib Sebelum Rayakan Natal

5. Perbanyak Konsumsi Serat

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengontrol berat badan dalam jangka panjang. Kamu bisa memperoleh serat yang sehat ini dari sayur dan buah-buahan. 

6. Makan dengan Piring Lebih Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil telah terbukti membuat seseorang makan dalam porsi yang lebih kecil. Jadi, kamu mungkin perlu mencoba cara ini supaya tidak makan terlalu banyak yang justru membuat timbangan kamu susah turun. 

7. Latihan Aerobik

Bukan cuma mengatur pola makan, diet yang kamu jalani juga harus dibarengi dengan olahraga. Latihan aerobik (cardio) adalah jenis olahraga yang efektif membakar kalori dan meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Aerobik efektif menghilangkan lemak perut dan lemak tidak sehat yang cenderung menumpuk di sekitar organ. 

8. Cukup Tidur

Tidur sama pentingnya dengan makan sehat dan berolahraga. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko obesitas. Pastikan kamu cukup tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Jika kamu punya pertanyaan seputar diet, kamu bisa langsung bertanya ke ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi ahli gizi kapan dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 26 Weight Loss Tips That Are Actually Evidence-Based.
NHS. Diakses pada 2020. 12 tips to help you lose weight.