• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi dengan Lemon

Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi dengan Lemon

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kaya akan vitamin C dan antioksidan, buah-buahan masam seperti lemon dikenal sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Enggak hanya itu saja, banyaknya kandungan nutrisi baik yang terdapat dalam lemon menjadikan buah yang satu ini juga dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah kolesterol tinggi. Yuk, simak cara menurunkan kolesterol tinggi dengan lemon di bawah ini.

Nutrisi yang Terkandung Dalam Lemon

Jus lemon tidak hanya dapat menyegarkan untuk diminum, tetapi juga menawarkan banyak nutrisi. Satu cangkir lemon dapat memberikan 187 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) vitamin C, 8 persen AKG folat, 9 persen AKG kalium dan 2 persen AKG kalsium. Air perasan buah tersebut juga mengandung vitamin A, vitamin E, tiamin, dan mangan.

Enggak hanya itu saja. Jus lemon juga sarat dengan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel dan jaringan tubuh kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan flavonoid, misalnya, memiliki sifat antiinflamasi dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu. 

Menurut Journal of Nutritional Science, senyawa tersebut juga dapat memodulasi enzim dan sistem reseptor otak, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. Antioksidan juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, dan diabetes.

Kandungan vitamin C dalam jus lemon juga tidak kalah penting. Vitamin C dapat membantu mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh kamu, sehingga dapat memperlambat proses penuaan. Radikal bebas juga berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, dan peradangan. 

Dengan adanya vitamin C, risiko penyakit tersebut pun dapat diturunkan. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam penyerapan zat besi, perbaikan jaringan, penyembuhan luka, dan kesehatan kulit.

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Manfaat Lemon Terhadap Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Menurut penelitian terbaru, jus lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat lemon tersebut sebagian besar disebabkan oleh tingginya kadar flavonoid dan vitamin C yang ditemukan dalam sari buah tersebut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, sudah menemukan bahwa orang yang mendapatkan asupan vitamin C yang tinggi memiliki kadar trigliserida dan kolesterol yang lebih rendah dan memiliki kesehatan metabolisme yang lebih baik dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C. Risiko untuk mengalami gangguan kognitif juga lebih rendah. Studi lain menunjukkan bahwa mengonsumsi metformin dengan askorbat (vitamin C) lebih efektif untuk mengelola diabetes dibandingkan mengonsumsi obat.

Namun tampaknya, jus lemon bekerja paling baik bila diminum bersama dengan bawang putih atau madu. Dalam sebuah studi tahun 2016, pengidap hiperlipidemia yang meminum 1 sendok makan jus lemon dan 20 gram bawang putih setiap hari mengalami penurunan total kadar kolesterol, kolesterol LDL, dan tekanan darah yang lebih besar dibandingkan mereka yang hanya makan bawang putih atau minum jus lemon.

Dengan menjaga kadar kolesterol, kamu pun dapat memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Minum air lemon adalah cara alami yang aman untuk menjaga jantung agar dapat berfungsi optimal dan mendapatkan asupan vitamin C yang banyak. Plus, kulit kamu akan terlihat lebih muda dan bercahaya.

Baca juga: Mengidap Kolesterol Tinggi, Konsumsi 10 Makanan Ini

Cara Mengonsumsi Lemon untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Tergantung preferensi kamu, kamu bisa minum air perasan lemon di pagi hari atau kapan saja di siang hari. Jangan ragu untuk menambahkan 1 sendok makan madu, beberapa lembar daun mint atau jahe segar ke dalam jus lemon. Hal ini dapat membuat rasanya lebih enak dan manfaatnya lebih besar. 

Pilihan lain untuk mengonsumsi lemon adalah dengan menambahkan perasan lemon segar ke salad favoritmu. Kamu juga bisa mencampurnya dengan teh herbal atau smoothie.

Baca juga: 4 Mitos dan Fakta tentang Air Lemon

Itulah penjelasan mengenai lemon yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut tentang makanan tertentu dan kandungan nutrisinya, tanyakan saja langsung pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, untuk bertanya-tanya seputar kesehatan kapan dan di mana saja tanpa harus ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
SFGate. Diakses pada 2020. Can Lemon Juice Reduce Cholesterol?