• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 6 Makanan Ini

Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 6 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang perlu diwaspadai, karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain faktor genetik, makanan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol tubuhmu. Namun, ada juga makanan yang bisa membantu kamu menurunkan kolesterol, lho. Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi, simak jenis makanan penurun kolesterol di bawah ini.

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

1.Buah dan Beri

Buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk jantung yang sehat karena beberapa alasan. 

Alasan yang pertama karena ada banyak jenis buah yang kaya akan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah tersebut bekerja dengan cara membantu tubuh untuk menyingkirkan kolesterol dan menghentikan organ hati agar memproduksi senyawa tersebut. Buah-buahan, seperti apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi mengandung pektin atau sejenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen. 

Selain itu, buah juga mengandung senyawa bioaktif yang mampu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena memiliki kandungan antioksidan dan efek anti-inflamasi. Mengonsumsi buah beri-berian dan anggur yang merupakan sumber senyawa tanaman tersebut dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk secara alami.

2.Cokelat Hitam dan Cokelat

Ada kabar baik buat kamu pecinta cokelat. Penelitian sudah memverifikasi bahwa cokelat hitam dan kakao dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa sehat yang mengonsumsi minuman kakao dua kali sehari selama sebulan, mengalami penurunan kolesterol jahat dan tekanan darah, serta peningkatan kolesterol baik. Cokelat hitam dan cokelat juga dapat melindungi kolesterol jahat dari proses oksidasi yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Namun, kebanyakan cokelat juga mengandung gula yang tinggi yang dapat berdampak negatif pada jantung. Karena itu, pilihlah cokelat atau cokelat hitam dengan kandungan kakao 75–85 persen atau lebih tinggi.

3.Bawang Putih

Tidak hanya sebagai bahan masakan, bawang putih juga sudah digunakan sebagai obat sejak zaman dulu. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa tanaman kuat, seperti allicin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kamu dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4.Kedelai

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah analisis dari 35 studi menunjukkan bahwa kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan total kolesterol, serta peningkatan kolesterol baik.

Jadi, kamu bisa mengonsumsi makanan olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai dan lainnya sebanyak 25 gram dalam sehari untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Baca juga: Kolesterol Tinggi, Hindari 4 Makanan Tidak Sehat Ini

5.Sayur-sayuran

Sayur-sayuran juga merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Mereka kaya akan serat dan antioksidan, serta rendah kalori yang sangat diperlukan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Beberapa sayuran, seperti okra, terong, wortel dan kentang, kaya akan pektin atau serat larut yang dapat menurunkan kolesterol. Sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat untuk memberi perlindungan terhadap penyakit jantung.

6.Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun extra virgin adalah bagian penting dari makanan mediterania yang dapat menyehatkan jantung. Berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. Minyak ini juga merupakan sumber polifenol di mana di antaranya dapat mengurangi peradangan yang dapat memicu penyakit jantung.

Kamu dapat mengonsumsi minyak zaitun extra virgin sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 60 mililiter dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: Ini Cara Mengenali Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Itulah 6 jenis makanan yang dapat membantu kamu menurunkan kolesterol secara alami. Untuk melakukan pemeriksaan seperti kadar kolesterol, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Caranya praktis banget, tinggal pilih fitur Get a Lab Test dan petugas lab akan datang ke rumahmu untuk memeriksa kesehatanmu. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.