• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ubah Dekorasi Tanaman di Rumah saat Natal

Ubah Dekorasi Tanaman di Rumah saat Natal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Pohon cemara, karangan bunga Holly dan Ivy, dan Poinsettia adalah tanaman yang identik dengan pohon natal. Tetapi, itu bukan satu-satunya jenis tanaman yang dapat menciptakan suasana Natal di rumah. 

Kalau cermat, ada beberapa jenis tanaman lain yang bisa menjadi dekorasi Natal di rumah, salah satunya kaktus. Secara psikologi, dekorasi Natal dapat membangun mood positif dan menghidupkan kembali nostalgia. Simak selengkapnya di sini!

Jenis Tanaman untuk Dekorasi Natal

Dilansir dari laman Unilad, disebutkan kalau menempatkan dekorasi Natal sebelum Natal dapat membuat orang lebih bahagia. Bisa dibilang, tahun 2020 ini adalah tahun yang sulit buat semua orang. Melakukan perubahan kecil yang dapat menciptakan mood positif seperti dekorasi Natal direkomendasikan untuk dilakukan. 

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Sebelumnya, sudah disinggung kalau dekorasi Natal tidak hanya cemara tetapi juga jenis tanaman lainnya, seperti:

1. Rosemary

Rosemary telah dikaitkan dengan periode Natal jauh sebelum Poinsettia. Pada abad Pertengahan, orang percaya bahwa jika mencium aroma rosemary pada malam natal, mereka akan sehat dan bahagia sepanjang tahun baru. Untuk menyemarakkan Natal, kamu bisa menempatkan karangan Rosemary di atas meja, menjadikannya sebagai karangan bunga. 

2. Holly

Tanaman Holly telah lama menjadi simbol kehidupan kekal dan kesuburan. Orang-orang percaya bahwa menggantung tanaman di rumah mereka akan membawa keberuntungan dan perlindungan sepanjang tahun.

3. Ivy

Tanaman rambat Ivy dapat menjadi pilihan dekorasi meriah dengan nuansa hijau buat menyemarakkan Natal.

4. Mistletoe

Mistletoe menjadi simbol cinta, kedamaian, dan niat baik, sehingga sangat sesuai dengan semangat Natal. 

Baca juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

5. Krisan Putih

Krisan melambangkan optimisme dan kegembiraan. Tradisi Natal di Jerman menggunakan bunga Krisan menjadi penghias Natal. 

6. Cyclamen

Warna bunga yang cerah dengan daun berbentuk hati adalah pilihan tepat jika kamu ingin memberikan aksen ceria pada rumah saat Natal.

7. Azalea

Warna-warna cerah Azalea dapat menjadi aksen untuk tampilan Natal di rumah. 

8. Mawar Natal

Mawar Natal sering menjadi pilihan untuk menyemarakkan Natal dengan dedaunan hijau tua dan bunga putih lembutnya. Kamu bisa tempatkan di ruang tamu atau juga di meja makan.

Manfaat Tanaman untuk Kesehatan Mental

Tanaman dapat memberikan sinyal ke dirimu untuk kembali ke alam. Menempatkan tanaman di ruangan rumah tidak hanya mempercantik ruangan tetapi juga memberikan efek menenangkan, membantu mengatasi stres, dan mengurangi kecemasan. 

Penelitian yang termuat di Journal of Physiological Anthropology menunjukkan orang-orang yang aktif berjibaku dengan tanaman lebih kalem dan jauh lebih bisa menyelesaikan masalah ketimbang mereka yang tidak. Berikut ini manfaat memiliki tanaman di rumah:

Baca juga: Konsumsi Air Rebusan Jahe, Apa Manfaatnya?

1. Mengingatkan kamu untuk terus bergerak 

Tumbuhan yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda, dan merawatnya membuat kamu lebih aktif. Kehidupan modern bisa memicu stres, kekacauan emosional, apalagi di situasi pandemi corona saat ini. 

2. Belajar melepaskan

Tidak semua tanaman dapat bertahan hidup. Memiliki tanaman hias mengajari kamu untuk melepaskan, dan menyadari bahwa terkadang segala sesuatunya tidak sesuai dengan keinginan dan itu tidak apa-apa, yang dibutuhkan adalah penerimaan. 

3. Pengingat akan hubungan dengan alam 

Setiap tanaman menceritakan sebuah kisah, siklus hidup. Terkadang memelihara tanaman dapat membantu kamu menghargai kehidupan. 

Itulah beberapa dekorasi tanaman di rumah saat hari libur Natal yang bisa kamu coba. Jika mengalami keluhan di rumah, langsung hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, kamu tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatanmu.

Referensi:
Housebeautiful.com. Diakses pada 2020. 12 Christmas plants that'll instantly make your home feel more festive
Today.com. Diakses pada 2020. Go ahead, put up the Christmas lights now! Science says it will make you happier
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. Putting Your Holiday Decorations Up Early Could Make You Happier, According to Experts
Greatist.com. Diakses pada 2020. How Plants Bring Joy and Control to Our Brains During Chaos