• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia 1 Tahun Bayi Belum Tumbuh Gigi, Wajarkah?

Usia 1 Tahun Bayi Belum Tumbuh Gigi, Wajarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Masa perkembangan tiap anak memang berbeda-beda. Namun, bila Si Kecil yang sudah berusia 1 tahun belum tumbuh gigi juga, hal ini tentu membuat orangtua menjadi khawatir. Wajarkah bayi berusia 1 tahun belum tumbuh gigi? 

Hal tersebut mungkin masih wajar, karena pertumbuhan gigi pertama tiap bayi bervariasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang bayi bisa memiliki gigi pertamanya pada saat ia lahir. Namun, di sisi lain, seorang bayi mungkin belum tumbuh gigi satu pun sampai ia berusia setidaknya 1 tahun.

Menurut David Geller, seorang dokter anak di Bedford, Massachusetts, bila bayi belum tumbuh gigi di kisaran usia 1 tahun, hal tersebut masih wajar. Usia rata-rata bayi mendapatkan gigi pertamanya adalah 6 bulan. Namun, Geller juga pernah mendapati seorang anak yang baru memiliki gigi pertamanya pada usia 17 bulan. Jangan khawatir, karena keterlambatan perkembangan dalam soal tumbuh gigi tidak selalu mengindikasikan adanya masalah dalam perkembangannya secara keseluruhan.

Kebanyakan orangtua juga sering salah mengira bahwa bayi mengiler atau mengunyah jari sebagai tanda tumbuh gigi, terutama di usia sekitar 3 bulan. Namun, itu sebenarnya hanyalah aktivitas yang biasanya dilakukan bayi pada usia tersebut. Mengiler dan mengunyah jari tidak selalu merupakan tanda bahwa gigi sebentar lagi akan tumbuh.

Namun, bila Si Kecil masih belum tumbuh gigi di usia 18 bulan, segera beri tahu dokter anak. Dokter mungkin akan memesan tes darah untuk menyingkirkan masalah medis tertentu, dan bayi mungkin akan dirujuk ke dokter gigi anak. Terlepas dari kapan gigi pertama bayi tumbuh, orangtua dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi pada anak setelah ia merayakan ulang tahun pertamanya.

Baca juga: Ini Perkembangan Gigi Anak Tumbuh Sesuai Usia

Hal yang Perlu Diketahui Orangtua tentang Gigi Pertama Bayi

Alih-alih khawatir akan pertumbuhan gigi bayi yang terlambat, ketahui dulu beberapa hal penting tentang gigi pertama bayi berikut:

  • Gigi Pertama Bayi Tumbuh di Usia Sekitar 6 bulan–1 tahun

Pertumbuhan gigi pertama pada tiap bayi sangat bervariasi. Beberapa bayi mungkin belum tumbuh gigi sampai ulang tahun pertama mereka! Sekitar usia 3 bulan, bayi akan mulai mengeksplorasi mulut mereka dan mulai memasukkan tangannya ke dalam mulut.

Produksi air liur di dalam mulut mereka juga akan meningkat. Banyak orangtua mengira ini adalah tanda tumbuh gigi, tetapi gigi pertama biasanya baru muncul sekitar usia 6 bulan. Biasanya, gigi pertama yang muncul hampir selalu adalah gigi depan bawah (gigi seri tengah bawah). Sebagian besar anak biasanya akan memiliki semua gigi bayinya pada usia 3 tahun.

  • Kenali Tanda-Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Banyak orangtua tidak tahu kapan bayi mereka tumbuh gigi. Bayi yang sedang tumbuh gigi mungkin menunjukkan tanda-tanda, seperti ketidaknyamanan di daerah gigi tumbuh, gusi di sekitar gigi yang tumbuh mungkin bengkak dan lunak, dan bayi bisa mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya.

Untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi, orangtua dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari yang bersih dengan lembut, atau dengan menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi oleh air dingin. Ibu juga bisa memberikan biskuit teething, tetapi perhatikan saat ia memakannya. Sebab, biskuit teething mudah pecah dan dapat menyebabkan bayi tersedak.

Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini

Bila ibu ingin melakukan pemeriksaan terkait keterlambatan perkembangan Si Kecil, ibu dapat buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan ibu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu sekeluarga.

Referensi: 
Baby Center. Diakses pada 2020. Is it normal that my baby doesn't have teeth yet?
Healthy Children. Diakses pada 2020. Baby’s First Tooth: 7 Facts Parents Should Know