• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Berapa Anak Bisa Dikenalkan pada Huruf?

Usia Berapa Anak Bisa Dikenalkan pada Huruf?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Anak-anak biasanya belajar alfabet ataupun huruf sejak masih sangat muda. Namun, beberapa anak mungkin memerlukan waktu dan latihan ekstra untuk mengenal huruf. Sejatinya, belajar mengenal huruf dilakukan secara bertahap.

Tidak semua anak berkembang pada tingkat yang sama. Makanya, ada anak yang belajar lebih, sedangkan anak-anak yang lain sedikit terlambat. Informasi selengkapnya mengenai usia tepat mengenalkan huruf pada anak bisa dibaca di bawah ini!

Lagu ABC

Lagu ABC adalah lagu umum yang didendangkan orangtua untuk memperkenalkan huruf pada anak.  Belajar alfabet terjadi secara bertahap. Tidak semua anak berkembang pada tingkat yang sama, sehingga beberapa anak belajar lebih awal dari yang lain. Namun pada saat anak-anak mulai TK, sebagian besar sudah tahu alfabet.

Baca juga: 5 Cara Ajarkan Anak untuk Mengenal Huruf

Inilah cara dan kapan anak-anak biasanya mempelajari ABC:

  1. Pada usia 2 tahun

Anak-anak mulai mengenali beberapa huruf dan dapat menyanyikan atau mengucapkan lagu “ABC” dengan lantang.

  1. Pada usia 3 tahun

Anak-anak dapat mengenali sekitar setengah huruf dalam alfabet dan mulai menghubungkan huruf dengan suara mereka. 

  1. Pada usia 4 tahun

Anak-anak seringnya sudah tahu semua huruf alfabet dan urutannya.

  1. Taman kanak-kanak

Sebagian besar anak-anak dapat mencocokkan setiap huruf dengan suara yang dihasilkannya.

Seiring pertambahan usia, anak-anak mulai mengembangkan keterampilan yang lain juga. Misalnya, sekitar usia 2 atau 3 tahun, anak-anak mencari tahu huruf-huruf dalam nama mereka. Ketika mereka mulai sekolah, mereka juga belajar bahwa ada huruf besar dan ada huruf kecil.

Baca juga: Anak Mulai Remaja, Bagaimana Caranya Mulai Pendidikan Seks?

Cara terbaik untuk membantu anak-anak belajar ABC mereka adalah membuat mereka mendapatkan pengalaman menyenangkan terkait buku dan  bahasa. Bagaimana caranya?

  1. Bacakan cerita untuk anak 

Orangtua bisa memilihkan buku bergambar menarik yang isinya tokoh kartun kesayangan anak, sehingga anak-anak akan senang berlama-lama memandangi buku tersebut.

  1. Teka-teki alfabet

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengenalkan anak pada buku teka-teki alfabet. Ini dapat membantu anak lebih spesifik mengenal huruf.

  1. Membuat prakarya seni

Dengan membuat prakarya seni, aktivitas mengenal ABC jadi lebih menyenangkan.  Mintalah anak membuat ABC dengan tanah liat yang kemudian disusun atau dirangkai menjadi kata. 

  1. Letakkan huruf magnetik di lemari es

Sebenarnya mengajarkan anak mengenal huruf tidak hanya dilakukan di waktu-waktu yang dikhususkan. Justru dengan menempatkan huruf-huruf pada beberapa bagian rumah, akan membuat anak lebih cepat belajar huruf. Misalnya huruf magnetic di lemari es. Gantungan huruf dengan inisial nama anak di depan kamar anak, dan lain-lain. 

  1. Permainan dengan alfabet

Misalnya dengan meminta anak menyebutkan sebanyak mungkin binatang yang dimulai dengan huruf C.

Orangtua tidak perlu membeli sesuatu yang baru. Sebagai gantinya, periksa gudang, toko barang bekas lokal atau perpustakaan. Atau berbicara dengan keluarga dan teman-teman dengan anak-anak yang lebih besar untuk melihat apakah mereka punya sesuatu untuk diwariskan kepada anak ibu.

Bicarakan dengan guru jika orangtua membutuhkan saran untuk membantu anak belajar alfabet. Jika orangtua masih bingung kapan waktu yang tepat atau bagaimana memulai pengenalan huruf pada anak, bisa ditanyakan langsung lewat aplikasi Halodoc.   

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Referensi:
Understood. Diakses pada 2020. When Do Kids Know the Alphabet?
Busy Toddler. Diakses pada 2020. Stop Worrying about Teaching Your Toddler the ABCs