• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu

Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Ibu telah lama dikenal sebagai pengasuh paling baik sepanjang masa. Menjaga orangtua sendiri, mertua, pasangan, anak, hingga keluarga besar membuat mereka tidak punya waktu untuk dirinya sendiri. Bahkan, di era yang sudah lebih modern ini, tidak sedikit wanita yang mengambil lebih banyak pekerjaan daripada yang seharusnya mereka kerjakan. Dalam hal makanan, kesejahteraan, hingga kesehatan, ibu tentu menjadi orang yang lebih banyak berkorban. 

Nah, Hari Ibu menjadi momen terbaik untuk mengungkapkan betapa kamu sangat bahagia dan beruntung telah memiliki ibu sehebat ibumu. Memang, hal ini seharusnya kamu tanyakan setiap hari, tetapi tidak ada salahnya menunjukkan sesuatu yang spesial di hari paling istimewa untuk semua wanita di dunia ini. Tidak sulit, kok, kamu bisa memulainya dengan menjaga kesehatan ibumu yang usianya sudah semakin bertambah. Bagaimana caranya?

  • Ajak Ibu untuk Melakukan Cek Kesehatan 

Mungkin, kesibukan ibumu membuat beliau tidak sempat untuk memikirkan bahwa tubuhnya sudah semakin menua seiring dengan bertambahnya usianya. Jadi, mengapa kamu tidak meluangkan waktu untuk mengajak beliau melakukan tes kesehatan rutin? Kamu bahkan tidak perlu keluar rumah kok, karena cukup dengan menggunakan aplikasi Halodoc, kamu sudah bisa Cek Lab kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Rayakan Hari Ibu, Ini 5 Hadiah yang Direkomendasikan

  • Pastikan Ibu Tetap Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selanjutnya, coba perhatikan, apakah ibu masih mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup untuk menunjang kesehatannya? Pastikan ibu tetap mengonsumsi sayuran dan buah segar setiap hari agar kesehatannya selalu terjaga, ya. Apalagi jika ibu sudah berisiko mengalami berbagai penyakit karena usia. Jangan lupa juga selalu ingatkan ibu untuk tetap mengonsumsi air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas setiap hari. 

  • Ajak Ibu untuk Berolahraga Rutin

Setiap pagi, sempatkan untuk mengajak ibu melakukan olahraga rutin. Jalan kaki ke pasar juga sudah cukup. Atau kamu bisa mengajak ibu melakukan yoga di rumah. Jika memang memungkinkan, berolahraga bersama ibu di akhir pekan sangat menyenangkan, kok. Ini akan membuat tubuh ibu tetap sehat dan bugar meski usianya sudah tak lagi muda. Siapa bilang olahraga itu hanya untuk anak muda? Olahraga itu untuk semua usia. 

Baca juga: Peduli Kesehatan Ibu, Ini Hal yang Harus Dilakukan Anak

  • Bantu Ibu dalam Pekerjaan Rumah

Ibu memang tidak akan menuntut apa pun dari kamu, asalkan kamu menjadi pribadi yang baik dan tidak pernah membuat orang lain dalam kesulitan. Namun, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk membantu ibu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah yang menjadi tanggung jawabnya ketika kamu beranjak dewasa dan pergi meninggalkan rumah untuk mengadu nasib menjadi lebih baik lagi. Sekecil apa pun, ibu pasti akan merasa senang dengan bantuanmu. 

  • Jadilah Teman Terbaik untuk Ibu

Tidak kalah pentingnya, tetapi sering kali terlupa, bahwa ibu pun hanya manusia biasa yang membutuhkan teman untuk berbagi cerita, berkeluh kesah, atau berbagi kabar bahagia. Ini artinya, kamu harus bisa menjadi teman terbaik untuk ibu. Meski kamu tidak selalu ada disisinya, kamu bisa memberikan dukungan emosional yang ibu butuhkan dengan rutin menelpon. Tanyakan kabarnya setiap hari, bagaimana hari-harinya, dan apa saja yang telah ibu lalui. 

Baca juga: Ibu Bekerja, Ini Tips Jaga Kesehatan



Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2019. Mother’s Day 2019: How to take Charge of Her Health?
CDC. Diakses pada 2019. Women’s Health - Mother’s Day.
KDAH Blog. Diakses pada 2019. Mother’s Day, Health Special.