• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usir Bakteri, Ini Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Efektif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usir Bakteri, Ini Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Efektif

Usir Bakteri, Ini Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Efektif

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Agustus 2022

“Menerapkan kebiasaan hidup bersih penting dilakukan untuk melindungi tubuh dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Cara paling sederhana dengan mandi, menyikat gigi, dan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.”

Usir Bakteri, Ini Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang EfektifUsir Bakteri, Ini Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Efektif

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk melindungi diri sendiri, dan orang lain dari paparan virus serta bakteri adalah menjaga kebersihan tubuh. Ketika tubuh senantiasa dalam kondisi bersih, penularan kuman penyebab penyakit pun bisa dicegah. 

Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan, contohnya rutin mencuci tangan, mandi, menyikat gigi, atau memakai masker saat sedang batuk atau flu. Di samping itu hindari pula untuk berbagi pemakaian benda pribadi dengan orang lain, dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.  

Bukan tanpa alasan, kuman penyebab penyakit dapat ditularkan melalui banyak cara. Misalnya, kontak langsung dengan orang lain, menyentuh permukaan benda yang kotor, atau mengonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Inilah mengapa, penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Efektif

Banyak sekali masalah kesehatan yang sangat rentan menyerang bila kamu tidak menjaga kebersihan. Mulai dari diare, batuk, pilek, gigi berlubang, masalah kesehatan kulit seperti kudis, hingga infeks bakteri dan virus. 

Mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan diri yang baik dapat memudahkan membangun rutinitas yang menyehatkan. Nah, berikut beberapa cara menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh yang efektif.  

1 . Menjaga Kebersihan Gigi

Guna menjaga kebersihan gigi dan mulut, American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi selama dua menit setidaknya dua kali sehari. Sekali setelah makan dan sekali sebelum tidur. 

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan ganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. 

2. Menjaga Kebersihan Tubuh

Tips menjaga kesehatan tubuh selanjutnya, yaitu mandi setiap hari dengan sabun antibakteri untuk menghilangkan kuman, bakteri, minyak, dan mengangkat sel kulit mati. Berikan perhatian khusus pada area yang lebih banyak mengeluarkan keringat, seperti ketiak, sela-sela jari kaki, dan selangkangan.

Selain itu, cuci rambut dengan menggunakan sampo setidaknya dua hari sekali, atau lebih jika memang diperlukan. Gunakan deodoran saat area ketiak sudah sepenuhnya kering untuk membantu mencegah bau badan.

3. Menjaga Kebersihan Kuku

Rutin memotong kuku adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan tidak ada kotoran yang terkumpul di bawahnya. Sebab, kuku yang panjang menjadi tempat terbaik untuk kuman penyebab penyakit berkembang biak.

4. Menjaga Kebersihan Area Genital

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, area genital juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Bagi wanita, Jangan lupa untuk mengganti produk saniter secara teratur, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah mengganti tampon, pembalut, atau produk saniter lainnya.

Hindari menggunakan produk pembersih genital saat membersihkan vagina. Sebab organ satu ini memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri. Hindari pemakaian produk kewanitaan dengan bahan kimia tertentu. Pasalnya, tindakan tersebut bisa mengakibatkan ketidakseimbangan bakteri alami yang berujung pada infeksi. 

Sementara itu, vulva atau bagian luar vagina hanya perlu dibersihkan sekali sehari menggunakan sabun lembut dan air. Sedangkan untuk pria, menjaga kebersihan penis bisa dilakukan dengan sunat. Selain itu, rutinlah membersihkan organ intim tersebut dengan sabun dan air bersih.

Mengajarkan Kebiasaan Bersih pada Anak

Selain diri sendiri, orang tua perlu mengajarkan kebiasaan bersih pada anak sejak usia dini. Misalnya, penggunaan pasta gigi anak bisa dimulai saat usia 12 bulan. Tak lupa, orang tua juga bisa memberikan perlindungan untuk keluarga, salah satunya dengan menggunakan sabun Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10

Mengandung Active Silver + formula, Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10, bekerja sama dengan daya tahan alami kulit untuk memberikan perlindungan 10 kali lebih kuat, terhadap 99.9% kuman berbahaya penyebab penyakit setelah seharian beraktivitas. 

Jika mendapati adanya keluhan pada kesehatan anak, segeralah konsultasikan pada dokter anak secara gratis di Halodoc bersama Lifebuoy. Caranya cukup dengan membeli produk Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 dan download aplikasi Halodoc di ponselmu. Sangat praktis, bukan?

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why is personal hygiene important?
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Personal hygiene.
Health Direct. Diakses pada 2022. Personal hygiene.