• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin Corona Siap Bulan November, Ini Kata Ahli

Vaksin Corona Siap Bulan November, Ini Kata Ahli

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Vaksin Corona Siap Bulan November, Ini Kata Ahli

Halodoc, Jakarta - Akhirnya, beredar kabar gembira yang telah lama dinantikan. Berita yang beredar mengatakan jika November 2020 nanti, vaksin virus corona akan tersedia di Indonesia. Sebelum vaksin disebarluaskan, pemerintah kini tengah melakukan langkah terakhir dalam pembelian vaksin virus corona dari tiga perusahaan produsen vaksin, yaitu CanSino, G42 atau Sinopharm, dan Sinovac. 

Ketiganya telah sepakat untuk menyediakan vaksin pada November mendatang. Lantas, bagaimana pendapat para ahli? Berikut pembahasannya!

Baca juga: 7 Mitos seputar Virus Corona yang Sebenarnya Salah

Kata Ahli Mengenai Ketersediaan Vaksin Corona November Mendatang

Langkah cepat ini dilakukan karena adanya desakan dari Presiden Indonesia untuk segera menyosialisasikan pada masyarakat. Presiden mengharapkan program vaksin virus corona ini diketahui secara detail oleh masyarakat, sehingga dapat berjalan dengan lancar. Pertanyaannya, apakah vaksin virus corona yang sedang dalam tahap uji klinis fase 3 sudah efektif digunakan bulan depan?

Ahli yang menanggapi pertanyaan tersebut mengatakan jika penggunaan vaksin dalam kondisi saat ini harus dilakukan segera. Namun sebelum pelaksanaan, Badan POM dan Kemenkes harus sudah memberikan izin terlebih dulu, karena wewenang dipegang oleh kedua lembaga tersebut. Selama vaksin-vaksin memenuhi persyaratan, maka dapat segera digunakan. Bahkan, di sejumlah negara menerbitkan izin darurat atas vaksin virus corona karena berbagai pertimbangan.

Emergency use tersebut dapat digunakan secara darurat dengan berbagai situasi terkait pandemi yang dihadapi. Kendati demikian, belum diketahui vaksin mana yang akan digunakan terlebih dulu pada November nanti. Semuanya akan tergantung pada kewenangan Badan POM dan Kemenkes RI. Setidaknya kita semua telah mengetahui ada tiga perusahaan terkait dengan vaksin virus corona, yaitu CanSino, G42 atau Sinopharm,dan Sinovac.

Baca juga: Ilmuwan Sebut Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Udara

Vaksin Corona dan Perkiraan Harganya

Vaksin virus corona rencananya tiba di Indonesia pada November mendatang. Diperkirakan ada 6,6 juta dosis vaksin yang akan tiba. Berikut ketiga perbedaan vaksin corona yang akan tersedia di Indonesia serta penjelasan masing-masing vaksin.

1.CanSino

CanSino Biologics Inc adalah salah satu perusahaan pengembang vaksin corona. Perusahaan tersebut mengembangkan kandidat vaksin Corona bernama Ad5-nCoV, yang merupakan vaksin hasil rekayasa genetika dengan adenovirus tipe 5 replikasi sebagai vektor untuk mengekspresikan protein SARS-CoV-2. 

Dosis yang disiapkan adalah 100,000 vaksin di November, dan sekitar 15–20 juta di tahun 2021. Hingga kini, pengembang vaksin belum mengatakan berapa kisaran harga vaksin per dosisnya.

2.Sinopharm

Vaksin Sinopharm diproses dengan memanfaatkan virus corona yang sudah dilemahkan. Vaksin ini menjadi vaksin pertama di dunia yang menunjukkan imunogenisitas, serta memiliki keamanan yang sangat bagus. Kandidat vaksin ini telah melewati uji klinis fase I dan fase II pada 12 April 2020 lalu, dan tidak menunjukkan adanya dampak pada manusia.

Kabarnya, vaksin ini menghabiskan biaya yang tidak murah. Perkiraan harganya adalah 2,1 juta dua kali suntik. Dosisnya sendiri telah dipersiapkan sebanyak 15 juta vaksin tahun ini, 5 juta di antaranya mulai dikirim November mendatang.

3.Sinovac

Perusahaan Sinovac mengembangkan vaksin corona dengan metode inaktivasi, yaitu dengan menggunakan versi tidak aktif dari jenis virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu. Uji coba fase III dilakukan pada 11 Agustus lalu. Harganya sendiri berada di kisaran angka 148-296 ribu. Dosis yang disiapkan adalah 3 juta vaksin untuk tahun 2020, yang akan dikirimkan sebanyak 1,5 juta pada November mendatang.

Baca juga: Mengenal SARS yang Juga Dipicu oleh Virus Corona

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai vaksin virus corona atau ingin mendiskusikan masalah kesehatan yang kamu alami, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Kompas.com. Diakses pada 2020. Vaksin Corona Tersedia di Indonesia Bulan Depan, Begini Kata Ahli.
Detik.com. Diakses pada 2020. Tiba November 2020, Ini Beda 3 Vaksin COVID-19 di Indonesia Termasuk Harganya.