• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin Flu Bisa Membantu Mencegah Bronkitis

Vaksin Flu Bisa Membantu Mencegah Bronkitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Bronkitis adalah gangguan paru-paru yang terjadi karena muncul peradangan pada bagian bronkus, yaitu tabung yang menjadi jalur udara yang bercabang menuju paru-paru bagian kiri dan kanan. Gangguan kesehatan ini terbilang serius dan perlu segera mendapatkan penanganan. Namun, kabarnya, melakukan vaksin flu bisa membantu mencegah terjadinya bronkitis. Benarkah demikian? Berikut pembahasannya!

Ya, ternyata vaksin flu bisa membantu mencegah bronkitis. Pasalnya, infeksi virus menjadi salah satu penyebab bronkitis, dan virus yang menginfeksi memiliki jenis yang sama dengan virus yang menyebabkan penyakit ISPA, termasuk juga flu. Tidak hanya itu, salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya bronkitis adalah tidak mendapatkan vaksin flu atau pneumonia.

Bronkitis dan Berbagai Faktor Risikonya

Bronkitis merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada bagian bronkus paru-paru. Bagian ini bertugas sebagai penyalur udara yang masuk dan keluar dari paru-paru dalam sistem pernapasan. Bronkitis muncul ketika bronkus mengalami gangguan yang seringnya karena infeksi virus.

Baca juga: Apakah Bronkitis Berkaitan dengan Emfisema?

Bronkitis terbagi menjadi dua jenis, yaitu kronis dan akut. Kamu bisa terserang masalah pernapasan ini karena infeksi, hingga paparan dari polusi udara yang terjadi dalam waktu lama. Nah, salah satu cara yang dirasa cukup efektif untuk mencegah terjadinya bronkitis adalah dengan mendapatkan vaksin flu atau pneumonia. 

Efektivitas ini lebih karena jenis vaksin yang menginfeksi tubuh dan menyebabkan bronkitis sama dengan virus yang menginfeksi tubuh sehingga mengakibatkan penyakit flu. Virus jenis ini bisa menular melalui percikan dari batuk atau bersin pada satu orang yang telah terinfeksi ke orang lain. Percikan ini bisa bertahan di udara selama beberapa saat setelah keluar melalui bersin atau batuk.

Baca juga: Siapakah yang Paling Rentan Terserang Bronkitis?

Tidak hanya itu, percikan air liur juga bisa menempel pada permukaan benda dan penularan bisa terjadi, ketika orang yang sehat tidak sengaja menyentuh permukaan tersebut. Lalu, tanpa mencuci tangan, orang tersebut menyentuh bagian mulut atau wajah. Inilah mengapa, mendapatkan vaksin flu setidaknya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit flu dan bronkitis.

Selain tidak mendapatkan vaksin flu atau pneumonia, masih ada banyak faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terserang bronkitis. Gangguan kesehatan ini ternyata lebih rentan terjadi pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok, terkena paparan debu atau zat yang membahayakan dalam kurun waktu yang lama, anak berusia di bawah 5 tahun atau orang dewasa di atas 40 tahun, hingga memiliki imunitas tubuh yang lemah.

Baca juga: Kenali Gangguan Pernapasan Bronkitis

Jadi, segera lakukan pengobatan ke rumah sakit apabila kamu merasakan adanya gejala yang tidak biasa pada tubuhmu, meski mirip dengan gejala flu sekalipun. Pasalnya, bronkitis yang tidak segera mendapatkan penanganan atau dibiarkan tanpa adanya penanganan bisa berujung pada komplikasi yang membahayakan, salah satunya adalah pneumonia

Apabila kondisi ini sudah terjadi, kamu mungkin akan merasakan gejala berupa detak jantung yang tidak beraturan, mengalami sesak napas, berkeringat, merasa menggigil, hingga tidak bernafsu makan. Apabila kamu masih ragu, tidak ada salahnya untuk menanyakan semua hal tentang bronkitis dan pencegahannya dengan vaksin flu langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu pun bisa membuat janji untuk berobat ke rumah sakit terdekat dengan Halodoc, sehingga berobat tidak perlu lagi mengantre. 



Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bronchitis.
NHS UK. Diakses pada 2020. Bronchitis.
Healthline. Diakses pada 2020. Acute Bronchitis: Symptoms, Causes, Treatment, and More.
Healthline. Diakses pada 2020. Understanding Chronic Bronchitis.