• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin Inovio dari AS Dihentikan, Ini Alasannya

Vaksin Inovio dari AS Dihentikan, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Inovio Pharmaceuticals Inc termasuk salah satu perusahaan bioteknologi, farmasi, layanan kesehatan, dan therapeutic asal AS yang sedang mengembangkan vaksin corona. Perusahaan asal Pennsylvania ini bahkan telah menerima pendanaan dari yayasan kemanusiaan Bill Gates, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation. 

Inovio saat ini sedang mengembangkan vaksin INO-4800 yang bekerja sama dengan Beijing Advaccine Biotechnology dan pada 3 Maret kemarin Inovio telah memulai tahap uji pra-kliniknya. Inovio diketahui akan menyiapkan 3.000 dosis vaksin untuk Amerika, China, dan Korea Selatan, maupun produksi massal. Vaksin corona Inovio dikabarkan diuji coba pada manusia pada April 2020 dan hasilnya bisa diketahui September 2020. 

Namun pada Senin (28/9/2020) kemarin, Inovio dikabarkan harus menghentikan uji coba yang telah memasuki tahap tengah hingga akhir. Ternyata ini alasannya.

Baca juga: Ini 7 Perusahaan Pembuat Vaksin Virus Corona

Alasan Uji Coba Vaksin Inovio Dihentikan

Melansir dari Reuters, regulator kesehatan AS telah menahan rencana Inovio untuk memulai uji coba terakhir vaksin coronanya. Inovio pun menjelaskan bahwa penundaan ini bukan karena efek samping atau hambatan pada studi tahap awal vaksin, tetapi akibat dari penangguhan FDA (BPOM AS). Oleh sebab itu, uji coba vaksin Inovio harus menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS terlebih dahulu sebelum dilanjutkan. Namun, uji coba dijadwalkan dimulai kembali bulan ini setelah ditunda dari mulai musim panas. 

Uji coba tersebut akan diuji klinis terlebih dahulu sampai Inovio bisa menjawab pertanyaan dari FDA tentang prosedur uji coba dan perangkat yang digunakan di dalamnya. Inovio berencana mempelajari fungsi cara kerja vaksin yang diberikan kepada partisipan melalui perangkat yang disebut Cellectra. Perangkat ini bekerja dengan mengirimkan pulsa listrik untuk membuka pori-pori di dalam sel sehingga molekul DNA dapat masuk.

Baca juga: Kontroversi Sputnik V, Vaksin Corona Asal Rusia

Pihak Inovio berencana untuk menjawab pertanyaan tersebut pada Oktober. Setelah dijawab, FDA memiliki waktu 30 hari untuk memutuskan apakah uji klinis dapat dilanjutkan kembali. Namun, menurut Christopher Raymond, analis dari Piper Sandler sebuah bank investasi asal AS, tidak ada jaminan bahwa Inovio akan mendapatkan izin dari FDA untuk memulai kembali uji cobanya setelah mendapat kabar tersebut pada November.  

Akibat hal ini, saham Inovio dikabarkan jatuh hampir 25% dan posisinya semakin jauh dengan pengembang vaksin virus corona lainnya, seperti Moderna, Pfizer, AstraZeneca yang sudah mulai uji coba tahap akhir. 

Baca juga: Uji Coba Vaksin Corona Lemah pada Lansia, Apa Alasannya?

Itulah alasan mengapa uji coba vaksin corona buatan Inovio sedang dihentikan sementara. Pastikan kamu untuk terus memperbarui informasi seputar vaksin corona lainnya melalui artikel di aplikasi Halodoc. Bila punya keluhan, segera tanyakan saja ke dokter dengan aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot di rumah sakit, kamu bisa aman di rumah sambil menghubungi dokter kapanpun kamu mau lewat Video/Voice Call atau Chat

Referensi:
Kompas. Diakses pada 2020. Vaksin Covid-19 Inovio dari Amerika Dihentikan Sementara, Apa Penyebabnya?.
Reuters. Diakses pada 2020. U.S. FDA pauses Inovio's coronavirus vaccine trial plan.
Solo Pos. Diakses pada 2020. Fakta Perusahaan Inovio Dan Sederet Calon Vaksin Corona.