• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksin untuk Cegah Pneumonia pada Anak yang Perlu Diketahui

Vaksin untuk Cegah Pneumonia pada Anak yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Anak-anak termasuk usia yang rentan terserang berbagai penyakit. Kebanyakan gangguan yang terjadi pada Si Kecil disebabkan oleh bakteri. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada anak adalah pneumonia. Penyakit ini dapat menyebabkan kelainan pada paru-paru yang membahayakan pengidapnya.

Maka dari itu, ibu dan ayah harus mencegah agar penyakit tersebut tidak menyerang. Salah satu cara cegah pneumonia adalah dengan vaksin. Orangtua harus mengetahui vaksin apa yang akan diberikan dan kapan hal tersebut harus dilaksanakan. Berikut bahasan lengkapnya tentang vaksin untuk cegah pneumonia!

Baca juga: Melakukan Vaksinasi dapat Mencegah Pneumonia, Benarkah?

Ketahui Beberapa Vaksin untuk Cegah Pneumonia

Pneumonia atau infeksi paru-paru, adalah penyakit yang terjadi disebabkan oleh infeksi yang menyerang paru-paru. Infeksi tersebut dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua bagian paru-paru di tubuh. Jika tidak segera ditangani, anak mungkin mengalami pembengkakan dan timbulnya cairan pada paru-paru.

Gangguan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae ini terbilang mudah penyebarannya. Pneumonia pada anak dapat disebabkan oleh bakteri yang berterbangan ketika seseorang yang terserang penyakit ini melakukan flu atau batuk. Maka dari itu, sangat penting untuk memberikan vaksin untuk cegah pneumonia menyerang anak.

Berikut ini beberapa vaksin yang dapat cegah pneumonia pada anak-anak:

1. Vaksin PCV

Vaksin atau imunisasi untuk cegah pneumonia pada anak ini umum dilakukan. Suntikan ini berisi vaksin pneumokokus yang dapat melindungi seseorang dari infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit berbahaya tersebut. Hal ini juga dapat mencegah beberapa penyakit fatal lainnya, seperti septikemia dan meningitis.

Vaksin konjugasi pneumokokus ini umumnya diberikan ketika anak telah mencapai usia 2 bulan hingga dirinya berusia 5 tahun. Cara ini dapat efektif untuk mengatasi 13 jenis bakteri Streptococcus pneumoniae, yang juga dapat menyebabkan penyakit selain pneumonia. Maka dari itu, pastikan anak ibu mendapatkan vaksin ini.

Baca juga: 7 Jenis Vaksin yang Dibutuhkan Orang Dewasa

2. Vaksin Hib

Vaksin untuk cegah pneumonia pada anak lainnya adalah vaksin Hib. Suntikan ini dapat mencegah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus influenza. Beberapa penyakit yang dapat dicegah selain pneumonia adalah meningitis dan epiglotitis. Hal ini sangat penting untuk diberikan pada anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun.

Jika ingin memberikan vaksin untuk penyakit pneumonia pada anak, ibu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui Halodoc. Caranya mudah, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang dikenakan sekarang! Selain itu, kemudahan lainnya yang dapat dilakukan adalah pembelian obat tanpa perlu ke luar rumah. Praktis kan?

3. Vaksin Influenza

Ibu juga disarankan untuk memberikan vaksin influenza pada anak agar dapat mencegah banyak penyakit, salah satunya adalah pneumonia. Hal tersebut karena banyak kasus flu yang menyerang dapat berkembang menjadi pneumonia. Maka dari itu, wajib memberikan yang terbaik kepada anak dengan memastikan dirinya tetap sehat.

Itulah beberapa vaksin yang dapat membuat anak lebih tahan terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri penyebab pneumonia tersebut. Vaksin tersebut akan membentuk sistem imun yang lebih kuat, dan memang termasuk imunisasi wajib pada bayi yang sangat disarankan oleh pemerintah untuk mengatasi penyakit fatal iitu.

Baca juga: Stan Lee Meninggal Dunia karena Pneumonia, Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui

Walau begitu, hal ini tidak serta-merta akan menjamin anak sama sekali terhindar dari penyakit tersebut karena telah diberikan vaksin. Namun, jika penyakit tersebut menyerang, gangguan yang terjadi akan lebih ringan dibandingkan seseorang yang belum pernah menerima vaksin untuk cegah penyakit pneumonia.

Ibu juga harus tetap menerapkan cara hidup sehat dan bersih agar dapat mengecilkan kemungkinan penyakit tersebut menyerang. Hal yang dapat ibu ajarkan pada Si Kecil adalah rajin mencuci tangan sebelum mengonsumsi apapun, menjaga kebersihan rumah, dan mengonsumsi makanan yang benar-benar bersih. Jangan biarkan penyakit tersebut menyerang anak.

 

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. Vaccines to prevent pneumonia and improve child survival.
Kids Health. Diakses pada 2021. Your Child's Immunizations: Pneumococcal Vaccines (PCV, PPSV).
CDC. Diakses pada 2021. Pneumococcal Vaccination: What Everyone Should Know.