• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 2 Tahun

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 2 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 2 Tahun

“Vaksinasi COVID-19 untuk anak dilakukan sebagai langkah untuk mencegah perburukan dampak dari paparan virus corona. Kini, India sedang mengembangkan vaksin Covaxin yang bisa digunakan untuk anak usia 2 tahun. Vaksin ini dikembangkan oleh Bharat Biotech dan penggunaan pada anak usia 2–18 tahun telah direkomendasikan oleh The Subject Expert Committee (SEC).”

Halodoc, Jakarta – Proses vaksinasi masih terus berlangsung di berbagai negara hingga saat ini, mulai dari lanjut usia hingga anak-anak di atas 12 tahun. Kini, pemerintah India telah resmi merekomendasikan vaksin COVID-19 bagi anak-anak berusia 2 tahun ke atas.

Vaksin Covaxin adalah jenis vaksin yang bisa digunakan oleh anak dengan usia 2 tahun ke atas. Vaksin ini dikembangkan oleh Bharat Biotech dan penggunaan pada anak usia 218 tahun telah direkomendasikan oleh The Subject Expert Committee (SEC). Simak ulasan lengkapnya seputar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 2 tahun dalam artikel ini!

Baca juga: Kuba Mulai Vaksinasi COVID-19 pada Balita dan Anak-Anak, Amankah?

Kenali Jenis Vaksin Covaxin untuk Anak

Saat ini vaksin COVID-19 untuk anak hanya direkomendasikan untuk anak-anak berusia diatas 12 tahun. Namun kini, anak-anak dengan usia 2 tahun telah mendapatkan rekomendasi untuk menerima vaksin COVID-19 agar terhindar dari paparan virus corona.

Vaksin Covaxin adalah jenis vaksin COVID-19 yang telah direkomendasikan oleh The Subject Expert Committee (SEC) untuk digunakan di negara India. Rekomendasi penggunaan vaksin Covaxin oleh SEC telah diserahkan kepada Drugs Controller General of India (DGCI) yang memberikan persetujuan terakhir untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 2 tahun ke atas.

Vaksin Covaxin dikembangkan dari virus corona yang tidak aktif atau inactivated viruses. Vaksin ini juga dinilai cukup efektif untuk mencegah dampak buruk dari virus corona dan varian lainnya. 

Bharat Biotech memulai uji coba Covaxin pada anak-anak sekitar bulan Juli ketika serangan virus COVID-19 gelombang kedua varian Delta menyerang negara India. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian kapan Covaxin bisa diberikan pada anak-anak. 

Sebelumnya, Covaxin menjadi salah satu jenis vaksin COVID-19 yang digunakan oleh India sebagai upaya vaksinasi pada orang dewasa. COVID-19 pada anak-anak memicu berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya. Selain itu, dampak pasca COVID-19 dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan pada anak.

Dr. Gagandeep Kang, profesor di Christian Medical College, Vellore, mengatakan anak-anak yang memiliki penyakit komorbid perlu menjalani vaksinasi COVID-19 segera. Sedangkan untuk anak-anak yang sehat, terbilang aman untuk menunggu orang dewasa menjalani vaksin secara keseluruhan.

Baca juga: Tunda Vaksinasi COVID-19 pada Anak Jika Alami 12 Kondisi Ini

Mencegah Penularan COVID-19 pada Anak

Sambil menunggu keputusan untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak usia 2 tahun, tidak ada salahnya ibu melakukan berbagai pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari anak dari paparan virus corona.

Berikut ini pencegahan penularan COVID-19 pada anak:

  1. Ajarkan anak untuk selalu menjaga jarak aman saat berkegiatan di luar rumah.
  2. Selalu gunakan ukuran masker yang tepat pada anak. Pastikan tali masker terasa nyaman sehingga anak tidak melepas masker sembarangan. Hindari juga masker yang terlalu besar untuk mengoptimalkan fungsinya.
  3. Jangan bawa anak ke tengah keramaian. Jika diperlukan untuk melakukan kegiatan di luar rumah, pastikan anak berada di luar ruangan. Sebaiknya hindari ruangan tertutup dengan ventilasi yang sedikit.
  4. Selalu buka jendela agar terjadi pergantian udara sehat untuk dihirup.
  5. Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan tangan. Ingatkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan maupun setelah melakukan berbagai aktivitas.
  6. Ingatkan anak untuk selalu menghindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan.

Baca juga: Benarkah Vitamin dan Suplemen Bisa Buat Vaksin Corona Makin Efektif?

Itulah tindakan yang bisa dilakukan orangtua untuk menghindari paparan virus COVID-19 pada anak. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter ketika anak mengalami berbagai gangguan kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Kompas Online. Diakses pada 2021. India Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Covaxin untuk Anak Usia 2 Tahun.
Times of India. Diakses pada 2021. Covaxin Approved for Use in Children: When Can Kids Actually Expect to Get the COVID-19 Vaccine? What Does Emergency Use Authorisation Mean?
Reuters. Diakses pada 2021. India Recommends Homegrown COVID-19 Vaccine for Kids Aged 2 and Above.