Vanessa Angel Punya Betis Besar, Benarkah karena Bersepeda?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Vanessa Angel Punya Betis Besar, Benarkah karena Bersepeda?

Halodoc, Jakarta – Setelah banyak menuai pemberitaan beberapa waktu lalu, gerak-gerik Vanessa Angel sepertinya selalu disorot oleh netizen. Baru-baru ini, gadis kelahiran 1991 itu mendapat komentar dari beberapa netizen soal ukuran betisnya yang dianggap besar. Karena beberapa kali Vanessa terlihat tampil dengan sepeda lipat, banyak juga yang menduga ukuran betis Vanessa besar karena sering bersepeda. Namun, benarkah demikian?

Banyak orang yang mungkin menganggap bahwa sering bersepeda bisa menyebabkan betis membesar. Hal itulah yang akhirnya membuat banyak orang (terutama wanita) menghindari olahraga ini, lantaran takut ukuran betisnya menjadi besar. Padahal sebenarnya, bersepeda ringan tidak akan membuat betis menjadi besar, seperti dugaan selama ini, lho.

Jika bersepeda dilakukan secara santai dan dilakukan di landasan yang rata, bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang dapat membawa manfaat bagi tubuh, dan tidak akan membuat betis menjadi besar. Olahraga ini memang membuat betis menjadi lebih kencang, tetapi tidak akan menjadi besar secara berlebihan.

Baca juga: Betis Indah dengan 4 Gerakan Sederhana Ini

Hal-Hal yang Membuat Betis Menjadi Besar

Betis besar merupakan momok bagi hampir setiap wanita. Sebab, hal ini akan sangat mengganggu penampilan, ketika ingin mengenakan rok mini, dress, atau pakaian yang memperlihatkan bentuk betis. Ketakutan akan bertambahnya ukuran betis ini membuat wanita cenderung menghindari berbagai olahraga yang dianggap dapat membuat betis menjadi besar dan berotot, seperti bersepeda atau lari.

Padahal, olahraga apapun yang dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan, justru akan menciptakan proporsi tubuh yang sehat dan ideal. Termasuk olahraga bersepeda. Oleh karena itu, jika kamu menganggap olahraga bersepeda dapat membuat betis semakin besar, kamu salah. Bersepeda justru dapat membuat betis menjadi kencang dan sesuai dengan proporsi tubuh.

Baca juga: Demi Kaki Mulus, Ikuti 6 Cara Cegah Varises

Lantas, hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan ukuran betis menjadi besar? Berikut ini di antaranya:

1. Pola Makan dan Diet yang Salah

Kamu tentu tidak menyangka bahwa pola makan dan diet yang salah dapat menyebabkan betis menjadi besar, bukan? Hal ini terjadi ketika sisa lemak yang menumpuk pada betis tidak bisa dibakar dan diolah menjadi energi. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pola makan dan memilih metode diet yang tepat, agar lemak yang ditimbun tubuh tidak semakin banyak.

Untuk mengetahui metode diet apa yang paling tepat untukmu, kamu bisa diskusi dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc. Mudah, kok. Diskusi dapat dilakukan kapan dan di mana saja, lewat Chat atau Voice/Video Call. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasinya di ponselmu, ya.

2. Kebiasaan Memakai Sepatu atau Sandal dengan Hak Tinggi

Sepatu atau sandal dengan hak tinggi bisa dibilang penyempurna penampilan. Meski membuat pegal, kebanyakan wanita rela memakainya demi terlihat cantik dan jenjang. Jika dipakai pada beberapa waktu saja mungkin tidak masalah, tetapi jika kamu menggunakannya terlalu sering dan dalam waktu yang lama, hal ini dapat membuat betis menjadi besar karena betis akan menjadi tegang, untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Tips Mengatasi Betis Besar

Bagi kamu yang kurang pede dengan ukuran betis yang dirasa terlalu besar, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengecilkan betis, yaitu:

1. Ubah Cara Jalan

Kebiasaan jalan bisa jadi salah satu yang membuat betis menjadi besar. Cara jalan yang baik adalah bertumpu sempurna pada bagian tumit, dengan cara pastikan tumit menapak pada tanah sebelum melangkah. Kebiasaan jalan terburu-buru juga bisa membuat betis membesar, karena tumit tidak sepenuhnya menjadi tumpuan.

Baca juga: Tips Squat yang Efektif untuk Mengencangkan Paha

2. Kurangi Makan Berlemak

Makanan berlemak memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh itu biasanya banyak menumpuk pada jaringan tubuh, termasuk betis. Jadi jika kamu ingin mengecilkan betis, kurangilah konsumsi makanan berlemak. 

3. Lakukan Latihan Ringan di Rumah

Ada beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan di rumah yang dapat membantu kamu mengecilkan betis, yaitu:

  • Squat. Buka kaki selebar bahu, tahan kuda-kuda tangan di depan dada, tekuk kedua lutut sambil perlahan jinjitkan kaki, tahan 2–3 detik, ulangi beberapa kali.
  • Latihan Berjinjit. Caranya, berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu, lalu jinjitkan kedua kaki dengan bertumpu pada seluruh jari kaki, tahan sekitar 1–2 detik dan ulangi hingga 20 kali.
  • Lompat Tali. Cara melakukannya adalah, berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, rentangkan kedua tali dengan tetap menjaga siku di dekat tubuh, lalu mulailah melakukan lompatan.

Referensi:

Livestrong. Diakses pada 2019. 5 Essential Tips for Getting Rid of Huge Calves.

Healthline. Diakses pada 2019. How to Lose Leg Fat.