• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Vertigo Kambuh, Ini Cara Tepat Mengatasinya

Vertigo Kambuh, Ini Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sakit kepala yang menyerang mungkin saja menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Rasa denyutan yang timbul akibat gangguan tersebut mungkin terasa sangat sakit. Namun, jika kamu mengalami gangguan pada kepala yang menyebabkan area di sekitar kamu berputar, berarti kamu mengidap vertigo.

Kamu mungkin saja mengalami vertigo secara tiba-tiba yang disebabkan oleh banyak hal. Selain itu, gangguan ini dapat kambuh tanpa waktu yang pasti dan sangat mengganggu. Maka dari itu, kamu harus tahu cara efektif mengatasi vertigo. Berikut adalah beberapa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya!

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Cara Mengatasi Vertigo Kambuh

Vertigo adalah gangguan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sensasi berputar dan merasakan pusing. Ketika terjadi, kamu mungkin mengalami gangguan pada aktivitas dikarenakan perasaan sakit yang timbul dan sensasi yang terjadi. Kamu tetap merasakan putaran tersebut meski tidak bergerak sama sekali.

Hal ini disebabkan oleh kelainan pada otak yang merasakan tubuh tidak seimbang padahal tidak terjadi. Maka dari itu, ketika kamu sedang mengalami vertigo, ada baiknya untuk sesegera mungkin untuk duduk agar mengurangi risiko terjadinya jatuh. Dengan begitu, kamu akan menurunkan kemungkinan risiko tubuh kamu untuk mengalami gangguan karena jatuh.

Sekarang kamu tahu apabila vertigo yang terjadi dapat berdampak pada banyak hal. Maka dari itu, pengobatan segera dan cepat harus dilakukan, terutama kamu dituntut untuk harus produktif pada hari itu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi vertigo yang terjadi:

  1. Manuver Epley

Gerakan yang disebut juga sebagai Canalith ini adalah strategi awal bagi seseorang yang sedang mengalami vertigo. Salah satu cara mengatasi vertigo ini sangat efektif untuk seseorang yang mengalami BPPV. Kamu dapat melakukan rangkaian gerakan ini di rumah dengan beberapa prosedur sederhana ini, yaitu:

  • Kamu dapat memulainya dengan duduk tegak di permukaan datar, dengan bantal yang berada di belakang dan kaki terentang.

  • Putar kepala kamu sekitar 45 derajat ke arah kanan.

  • Saat kepala kamu masih dalam posisi tersebut, cepat berbaring dengan kepala ke arah bantal. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik.

  • Dengan perlahan, putar kepala ke arah kiri tanpa mengangkat leher.

  • Gunakan seluruh tubuh untuk menengok ke arah kiri.

  • Lalu, perlahan kembali ke posisi semula dan duduk tegak.

Kamu juga boleh dibantu orang lain saat melakukannya dengan memandu kepala kamu sesuai dengan arahan yang ada. Selain itu, kamu juga dapat mengulang cara ini tiga kali berturut-turut dan mungkin saja kamu merasakan pusing setiap melakukan gerakan tersebut.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Fakta Seputar Vertigo

  1. Latihan Brandt-Daroff

Cara mengatasi vertigo lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gerakan Brandt-Daroff. Hal ini salah satu yang direkomendasikan untuk dilakukan di rumah karena terbilang mudah. Kamu dapat melakukannya jika berada di tempat yang aman dan tidak akan mengemudi untuk beberapa saat. Hal tersebut karena langkah ini akan memicu perasaan pusing dalam waktu singkat. Cara melakukannya adalah:

  • Cobalah untuk duduk di permukaan datar dengan kaki yang menjuntai seperti saat duduk di kursi.

  • Putar kepala sejauh mungkin ke arah kiri, lalu tundukkan kepala dan badan ke bawah di sisi kanan. Kamu harus jaga kaki untuk tidak bergerak kurang lebih 30 detik.

  • Duduk dan putar kepalamu ke posisi tengah.

  • Ulangi langkah tersebut ke sisi yang berlawanan atau ke sisi kanan dan berbaring ke arah kiri.

  • Kamu dapat melakukan hal ini dalam 5 kali pengulangan dan paling tidak melakukannya 3 kali sehari, dua kali dalam seminggu.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara mengatasi vertigo, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar dari rumah.

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

  1. Manuver Semont-Toupet

Hal ini adalah rangkaian gerakan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengatasi vertigo. Disebutkan cara ini sama efektifnya dengan dua gerakan sebelumnya. Berikut cara untuk melakukannya:

  • Awalnya, kamu harus duduk tegak di permukaan datar dengan bantal berada di belakang dan kaki terentang.

  • Berbaringlah, lalu menghadap kanan, kiri, dan ke atas.

  • Duduk dengan cepat dan putar ke sisi kiri sambil pertahankan kepala menghadap ke kiri. Sekarang kamu akan melihat ke bawah.

  • Pertahankan posisi tersebut dan melihat ke depan dan duduk tegak.

 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are the home remedies for vertigo?
Health Line. Diakses pada 2019. 10 Home Remedies for Vertigo