Vertigo Menyerang, Hindari 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Vertigo Menyerang, Hindari 5 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Menimbulkan sakit kepala yang tidak tertahankan dan sensasi berputar, serangan vertigo kerap membuat pengidapnya terganggu. Apalagi pada kasus yang parah, vertigo bisa membuat pengidapnya terjatuh karena keseimbangan tubuhnya terganggu. Nah, ketika vertigo menyerang, ada beberapa makanan yang ternyata perlu dihindari, lho.

Namun, sebelum membahas makanan apa saja yang perlu dihindari pengidap vertigo, perlu diketahui penyakit ini dapat dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari kondisi medis tertentu seperti diabetes, migrain, stroke, penyakit Parkinson, hingga tumor otak. Selain itu, risiko vertigo juga dapat meningkat karena beberapa faktor, seperti merokok, dan kebiasaan minum alkohol.

Selain sakit kepala parah dan sensasi berputar, serangan vertigo juga dapat menyebabkan mual, muntah, nistagmus (pergerakan bola mata yang tak normal), berkeringat, hingga hilangnya pendengaran. Agar gejala tak semakin mengganggu, penanganan secepatnya sangatlah dibutuhkan ketika vertigo menyerang.

Baca juga: Penyebab Vertigo yang Perlu Diketahui

Bicara soal penanganan cepat, Halodoc jagonya. Cukup download aplikasinya di ponselmu, dan kamu bisa langsung terhubung dan mengobrol dengan dokter lewat chat, kapan dan di man apun vertigo menyerang. Mudah sekali, bukan?

Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Vertigo

Memiliki pola hidup sehat merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah serangan vertigo. Salah satu pola hidup sehat yang perlu diterapkan adalah soal makanan. Sebenarnya, tidak ada makanan tertentu yang menjadi pantangan, tetapi ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari jika tidak ingin vertigo kambuh. Berikut beberapa makanan yang dimaksud:

1. Makanan atau Minuman Berkafein

Daftar pertama yang perlu dihindari pengidap vertigo adalah makanan atau minuman berkafein. Hal ini karena kafein pada makanan atau minuman merupakan salah satu stimulan yang dapat memicu dengung di telinga dan memperparah gejala vertigo. Selain itu, kafein juga bersifat diuretik, yang dapat merangsang tubuh untuk terus mengeluarkan cairan. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko dehidrasi, dan memperparah gejala vertigo yang sedang menyerang.

2. Makanan Tinggi Gula

Jenis makanan lain yang juga perlu dibatasi oleh pengidap vertigo adalah makanan manis atau tinggi gula. Meski tidak secara spesifik dilarang, pengidap vertigo disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh. 

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

3. Makanan Tinggi Garam

Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga perlu dihindari oleh pengidap vertigo. Sebab, makanan jenis ini dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh, serta pengaturannya.

4. Makanan Pemicu Migrain

Ini berlaku bagi pengidap vertigo yang berasosiasi dengan migrain. Sebenarnya, setiap orang memiliki jenis makanan pencetus migrain yang berbeda-beda. Namun umumnya, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, yaitu daging asap, yoghurt, hati ayam, buah sitrus, keju, susu, anggur merah, dan kacang.

5. Minuman Beralkohol 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa selain pusing, vertigo juga kerap memicu gejala berupa dengungan dan rasa tidak nyaman pada telinga. Itulah sebabnya, ketika vertigo menyerang, sebaiknya batasi atau hindari minuman beralkohol. Sebab, minuman beralkohol dapat memengaruhi komposisi cairan pada telinga bagian dalam. 

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari oleh pengidap vertigo, ketika gejala menyerang. Namun, perlu diketahui bahwa jenis makanan yang perlu dihindari dapat berbeda-beda pada setiap pengidap. Hal ini karena setiap pengidap vertigo memiliki kondisi kesehatan dan riwayat penyakit selain vertigo yang berbeda-beda. Jadi untuk lebih jelasnya, kamu perlu berdiskusi dengan dokter.

Selain menghindari berbagai makanan yang dapat memperparah gejalanya, pengidap vertigo juga perlu minum banyak air putih. Berbagai langkah pertolongan pertama juga dapat dilakukan, seperti berbaring atau duduk di tempat yang stabil, guna menghindari risiko terjatuh. 

Jika pertolongan pertama yang dilakukan tak kunjung membuat gejala vertigo mereda, sebaiknya mintalah bantuan medis dengan pergi ke rumah sakit terdekat. Terutama jika terdapat gejala berupa melemahnya anggota tubuh, gangguan penglihatan, kesulitan bicara, pergerakan mata yang tidak normal, penurunan kesadaran, dan respons tubuh yang melambat.

Referensi:
Liverstrong. Diakses pada 2019. Foods to Avoid for Vertigo.