• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Viral di Korea, Ini 5 Manfaat Mugwort untuk Kulit Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Viral di Korea, Ini 5 Manfaat Mugwort untuk Kulit Wajah

Viral di Korea, Ini 5 Manfaat Mugwort untuk Kulit Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Agustus 2022

“Belakangan mugwort menjadi bahan skincare yang sangat hits di Korea. Tanaman ini memberikan berbagai manfaat untuk kulit wajah, mulai dari mencegah jerawat, antiperadangan, antibakteri, hingga pelembap wajah alami.”

Viral di Korea, Ini 5 Manfaat Mugwort untuk Kulit WajahViral di Korea, Ini 5 Manfaat Mugwort untuk Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Mugwort atau Artemisia vulgaris menjadi tumbuhan yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan, dan perawatan kulit di Korea Selatan. Bahan alami ini disebut mampu memberikan perawatan untuk jerawat, kulit kering, dan kulit yang sensitif.

Tak hanya itu, tanaman satu ini juga diyakini memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Kedua fungsi ini menjadi pelindung pada kulit yang baik. Dokter kulit biasanya merekomendasikan bahan ini untuk orang-orang dengan psoriasis, eksim, atau permasalahan kulit yang menua. 

Lalu, apa manfaat mugwort yang bisa didapatkan dengan menggunakan bahan ini dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari?

Manfaat Mugwort untuk Kulit Wajah

Sedang viral di negara Korea Selatan, ini dia berbagai manfaat mugwort yang bisa kamu dapatkan untuk kulit wajah:

  1. Bersifat Antibakteri

Mugwort memiliki kandungan minyak pohon teh yang berperan penting sebagai antibakteri. Kandungan ini akan bekerja aktif dalam membasmi bakteri sekaligus mencegah wajah mengalami bruntusan dengan cepat dan efektif. Selain itu, aromanya juga segar dan membantu memberikan ketenangan.

  1. Pelembap Alami Wajah

Masker wajah dari mugwort juga bisa memberikan kelembapan secara alami pada kulit wajah. Ini berkat vitamin E yang terkandung dalam mugwort yang mampu memberikan nutrisi, sekaligus menghidrasi kulit kering. 

Studi dalam International Journal of Molecular Sciences menyebutkan, mugwort memiliki kandungan ekstrak Artemisia princeps atau APE. Kandungan ini diketahui mampu merawat gejala kulit kering pada kondisi dermatitis atopik.

  1. Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat yang mengganggu penampilan kini bukan lagi jadi masalah, karena kamu bisa menggunakan masker wajah mugwort untuk menghilangkannya secara alami. 

Sifat antiperadangan, antijamur, dan antibakteri pada tanaman ini dapat membantu menghilangkan, sekaligus mencegah timbulnya jerawat secara alami. Selain itu, mugwort juga efektif untuk memberikan perlindungan pada kulit.

  1. Memberikan Nutrisi pada Wajah

Antioksidan dan vitamin E yang terkandung dalam mugwort menjadi nutrisi alami, sekaligus memberikan perlindungan ekstra pada pelindung kulit. Ini karena sifat mugwort yang melembapkan dan mampu meredakan kulit kemerahan karena alergi maupun iritasi. 

Tak hanya itu, mugwort juga menjadi bahan alami yang banyak digunakan untuk memberikan kilau alami pada kulit. 

  1. Antiperadangan dan Anti iritasi

Manfaat mugwort lainnya yang tak kalah pentingnya adalah membantu memberikan rasa menenangkan pada kulit yang mengalami peradangan dan iritasi. Biasanya, ini sering dialami oleh pemilik kulit sensitif yang salah menggunakan produk perawatan kulit. 

Menariknya, mugwort justru menjadi bahan yang sangat aman digunakan oleh kulit sensitif. Bahkan, tanaman satu ini juga membantu memberikan efek menenangkan pada kulit yang mengalami ruam panas, reaksi alergi, dan gigitan serangga. 

Itu tadi beberapa manfaat mugwort untuk menunjang kesehatan kulit wajah. Namun, perhatikan pula penggunaan bahan alami ini, ya! Pastikan kamu membersihkan wajah dan menggunakan produk pelembap setelah mengaplikasikan masker mugwort.

Selain itu, hindari membiarkan masker ini menempel pada wajah dalam waktu yang terlalu lama. Sebab, hal tersebut justru malah memicu munculnya jerawat pada muka. Sebaiknya, kamu segera membilasnya setelah 10 menit dan tidak membiarkan masker menempel pada kulit wajah hingga satu jam.

Jika kamu membutuhkan saran dari dokter spesialis kulit, gunakan aplikasi Halodoc supaya lebih praktis. Kamu juga bisa cek kebutuhan vitamin dan obat di Toko Kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc secara gratis melalui App Store dan Play Store.

Referensi:
International Journal of Molecular Sciences. Diakses pada 2022. Antioxidant Artemisia princeps Extract Enhances the Expression of Filaggrin and Loricrin via the AHR/OVOL1 Pathway.
Herbbies. Diakses pada 2022. Benefits of Mugwort to Skin.
The Klog. Diakses pada 2022. Mugwort Skin Care Products to Calm Your Sensitive Skin.
Healthline. Diakses pada 2022. Mugwort: A Weed with Potential.