Viral KKN Penari, Ini 3 Efek Cerita Horor 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Viral KKN Penari, Ini 3 Efek Cerita Horor 

Halodoc, Jakarta – Kisah Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Penari tengah menjadi perbincangan di media sosial. Cerita bergenre horor ini menarik perhatian netizen dan menuai beragam komentar. Postingan viral tersebut menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang melaksanakan KKN di sebuah desa dan diwarnai dengan pengalaman-pengalaman mistis. Meski kebenaran cerita tersebut belum diketahui, tetapi tidak sedikit orang yang tetap menikmati dan membahasnya. 

Nyatanya, tidak hanya sekali postingan berbau horor menjadi viral di dunia maya. Mengapa cerita horor begitu diminati dan mendapat banyak perhatian? Ternyata, hal itu berkaitan dengan dampak psikologi yang diciptakan setelah membaca atau menonton film horor. Kebanyakan penikmat kisah misteri disebut memang mencari sensasi tersendiri melalui cerita horor. Saat membaca cerita horor, emosi dan rasa takut menjadi satu dan beberapa orang nyatanya menikmati hal tersebut. 

Baca juga: 4 Manfaat Menonton Film Horor

Efek Cerita Horor bagi Tubuh 

Selain memberi sensasi tersendiri, cerita horor ternyata juga bisa memberi efek bagi tubuh. Orang yang membaca atau menonton film horor diketahui akan mengalami peningkatan denyut jantung sebanyak 15 kali per menit. Mengikuti jalan cerita yang digambarkan pun bisa membuat telapak tangan berkeringat, suhu tubuh mengalami perubahan, otot menegang, hingga tekanan darah meningkat. 

Respon tersebut mirip dengan kondisi yang terjadi pada tubuh saat sedang stres, disebut dengan respon “flight-or-flight”. Menonton film horor juga memicu perasaan merinding serta ketakutan. Hal itu ternyata disebabkan oleh menurunnya aliran darah ke bagian tubuh selain jantung dan otot. Lantas, apakah respon tubuh terhadap cerita horor akan memberi dampak yang baik atau buruk pada tubuh? 

Cerita horor bisa memberi manfaat baik, asal tidak dilakukan secara berlebihan. Meski begitu, nyatanya dampak dari kebiasaan menonton film misteri bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya, tergantung pada kondisi tubuh. Secara umum, menonton atau membaca cerita horor disebut bisa memberi manfaat, seperti: 

1. Membakar Kalori

Menonton film horor dan menegangkan disebut bisa membantu tubuh membakar kalori. Hal itu dibuktikan dalam penelitian dari University of Westminster, yang menunjukkan bahwa menonton film horor bisa memacu adrenalin. Hormon adrenalin bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh. Dengan menonton film horor selama 90 menit, disebutkan ada sekitar 113 kalori yang terbakar. Jumlah ini disebut setara dengan kalori yang dibakar saat berjalan kaki selama 30 menit. 

Baca juga: Nonton Film Komedi Ternyata Bisa Menghilangkan Stres

2. Kesehatan Otak 

Menonton film horor juga disebut baik untuk kesehatan otak. Hal ini disebut bisa membantu otak melepaskan senyawa kimia, seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Senyawa-senyawa tersebut bisa memacu adrenalin dan memiliki efek mirip seperti obat

3. Melepaskan Stres 

Rasa takut dan terkejut akibat membaca cerita horor disebut bisa menjadi katarsis, yaitu kondisi di mana terjadi pelepasan emosional karena frustasi atau perasaan yang terpendam. Dengan kata lain, menonton atau membaca cerita menyeramkan bisa membantu melepaskan emosi terdepan yang bisa jadi merupakan penyebab tubuh dan pikiran mengalami stres. 

Namun perlu diingat, respon yang terjadi bisa berbeda-beda. Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya penyakit jantung mungkin efek cerita horor akan berbeda. 

Baca juga: Di Era Milenial, Generasi Sandwich Perlu Perhatikan Kesehatan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Why We Love Scary Movies.
Reader's Digest. Diakses pada 2019. Study: Watch a Horror Movie, Burn Calories.
Dailymail. Diakses pada 2019. Can watching a scary movie be GOOD for your health? 
Metro UK. Diakses pada 2019. Horror films are bad for your health, according to scientists.