Viral Pria Minum Kopi ‘Perkasa’, Bahaya Buat Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Viral Pria Minum Kopi ‘Perkasa’, Bahaya Buat Jantung?

Halodoc, Jakarta – Setidaknya ada sekitar 10 pria masuk rumah sakit di Sumedang, Jawa Barat akibat mengonsumsi kopi ‘perkasa’ yang dianggapnya membuat stamina para pria meningkat. Padahal, kopi ‘perkasa’ hanya minuman kopi yang memiliki kandungan obat yang berjenis sildenafil atau dikenal dengan sebutan viagra.

Baca juga: Stamina Seks Menurun? Atasi dengan 6 Langkah Ini

Sildenafil adalah jenis obat untuk mengatasi disfungsi ereksi yang pengonsumsiannya pun tidak boleh sembarangan. Tidak hanya sildenafil, ditemukan jenis kandungan lain dalam minuman kopi ‘perkasa’ yaitu tadalafil. Kedua jenis obat ini memengaruhi kesehatan jantung jika dikonsumsi sembarangan. 

Yuk, ketahui dampak dari pengonsumsian sildenafil yang tidak sesuai anjuran. Tidak hanya itu, ketahui meningkatkan stamina dengan cara yang alami untuk hindari dampak pada kesehatan.

Kandungan Kopi ‘Perkasa’ Berbahaya untuk Jantung dan Kesehatan

Kandungan jenis obat dalam kopi ‘perkasa’ yang membuat minuman ini begitu berbahaya untuk kesehatan, jika tidak dikonsumsi dengan benar dan sesuai. Sildenafil adalah salah satu bahan kimia yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seksual seperti disfungsi ereksi atau impotensi. Tidak hanya itu, sildenafil juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada bagian paru-paru dengan mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah. 

Tekanan darah yang kembali normal pada paru-paru membuat kerja paru-paru serta jantung berjalan dengan baik dan optimal. Namun, penggunaan sildenafil untuk mengatasi disfungsi ereksi dan mengurangi tekanan darah tinggi pada paru-paru tentu berbeda, sehingga kamu perlu mengetahui cara penggunaan obat dengan kandungan sildenafil agar tidak terjadi gangguan pada kesehatan.

Baca juga: 5 Olahraga yang Tingkatkan Kejantanan Pria

Ada beberapa kondisi yang menjadi efek samping dari penggunaan obat yang mengandung sildenafil jika tidak digunakan dengan tepat, salah satunya adalah gangguan pada jantung. Sildenafil nyatanya dapat meningkatkan efek vasodilator.

Vasodilator adalah jenis obat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah mengalir dengan lancar. Kondisi ini membuat jantung lebih mudah dan tidak terbebani ketika akan memompa darah. Dampaknya detak jantung berdetak lebih cepat atau takikardia, palpitasi jantung, pingsan, mual, muntah hingga sakit kepala.

Selain itu, sildenafil memberikan dampak lain pada tubuh, seperti hilangnya fokus penglihatan, gangguan pada telinga seperti munculnya suara berdengung, nyeri pada bagian dada, pembengkakan pada beberapa anggota tubuh seperti telapak tangan maupun kaki.

Tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa dampak di atas setelah mengonsumsi obat sejenis sildenafil. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji secara online dengan dokter di rumah sakit pilihan.

Ingin Stamina Meningkat? Lakukan Cara Ini!

Stamina yang optimal memang dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Daripada mengonsumsi bahan-bahan kimia, lebih baik lakukan beberapa cara alami ini agar stamina tetap optimal, yaitu:

1. Rutin Olahraga

Rutin melakukan olahraga membuat stamina menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya dalam jangka pendek, olahraga membuat stamina kamu akan optimal dalam waktu yang cukup panjang. Tidak ada salahnya untuk mulai lakukan olahraga jalan santai, bersepeda, yoga atau lompat tali dalam 30 menit per harinya. Dengan begitu, kamu dapat merasakan manfaat olahraga dengan baik.

Baca juga: Makanan Peningkat Stamina biar Kuat Seperti Pemain Bola

2. Konsumsi Makanan Sehat

Selain olahraga, jangan lupa untuk berikan asupan yang sehat bagi tubuh. Tentu, makanan yang sehat akan banyak mengandung nutrisi dan juga gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Kamu bisa rutin untuk konsumsi sayuran hijau, telur ayam kampung, ikan atau buah yang mengandung vitamin C tinggi.

Jangan lupa imbangi dengan mengonsumsi air putih yang cukup untuk tubuh. Tidak hanya itu, penuhi kebutuhan istirahat tubuh dengan tidur yang cukup. Dengan begitu, stamina akan tetap optimal dan tidak membutuhkan obat penguat stamina.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Sildenafil Oral Route

Web MD. Diakses pada 2019. Sildenafil Oral