Vitamin C Ampuh Jadi Obat Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 vitamin C obat sariawan, stomatitis

Halodoc, Jakarta - Hampir semua orang pasti pernah merasakan yang namanya sariawan. Penyakit yang satu ini punya nama lain, yaitu canker sore atau stomatitis aftosa yang akan membuat pengidapnya memiliki luka pada area mulut. Ketika mengalami sariawan, luka yang terbentuk biasanya akan berbentuk bulat atau oval dengan warna kekuningan akibat peradangan. Penyakit yang satu ini akan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Nah, apakah sariawan dapat sembuh dengan konsumsi vitamin C?

Baca juga: Lebih Kuat dari Vitamin C dan E, Inilah Antioksidan Pilihan

Vitamin C Ampuh Jadi Obat Sariawan, Benarkah?

Banyak orang yang akan langsung mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang banyak ketika mengalami sariawan. Selain dengan alasan praktis, pengidap yang tidak suka mengonsumsi obat akan memilih jalan ini, karena vitamin C memiliki rasa yang asam manis dan juga segar di mulut. Kamu perlu tahu, bahwa mengonsumsi banyak vitamin C untuk menyembuhkan sariawan merupakan cara yang salah. 

Sebab, tubuh banyak memerlukan sebanyak 90 miligram vitamin C per hari. Penggunaan vitamin C bahkan harus diimbangi dengan banyak minum air putih. Pasalnya, tanpa disertai air putih, vitamin C yang berlebihan pada tubuh akan menimbulkan kelainan pada ginjal. Untuk itu, minumlah dengan sewajarnya. Jika hasilnya belum juga terlihat, kamu dapat memakai sejumlah bahan alami berikut ini guna menyembuhkan luka sariawan.

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Bahan Alami Berikut Dapat Mengatasi Sariawan

Meskipun sariawan dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, dengan bahan alami berikut ini, kamu dapat mengatasi sariawan dengan cepat. Selain itu, bahan alami berikut tidak menimbulkan rasa perih, serta mencegah terjadinya infeksi yang berkelanjutan. Berikut ini 5 bahan alami yang dapat digunakan guna mengatasi sariawan:

  • Madu

Madu sudah sangat dikenal memiliki banyak khasiat, salah satunya mengobati sariawan. Hal tersebut terjadi, karena madu bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Caranya mudah, oleskan madu pada bagian yang terkena. Lakukan secara rutin untuk mempercepat penyembuhan.

  • Pisang

Buah yang satu ini mengandung vitamin C yang efektif dalam menyembuhkan sariawan. Caranya mudah, haluskan pisang hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian, tambahkan sedikit madu, aduk rata. Oleskan pada bagian yang terkena dan diamkan selama 10 menit. Kumur hingga bersih.

  • Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini mengandung anti-bakteri yang ampuh dalam menyejukkan kulit, menghilangkan nyeri, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Caranya mudah, oleskan getah atau gel lidah buaya pada area yang terkena. Diamkan selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

  • Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt dapat membantu keseimbangan bakteri pada mulut, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain diminum, kamu dapat mengoleskannya pada bagian yang terkena.

  • Tea Tree Oil

Minyak yang satu ini mengandung anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat mengatasi sariawan, karena dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri pada mulut. Caranya mudah, tetesan minyak ini ke dalam air hangat. Kemudian, gunakan air tersebut sebagai obat kumur selama beberapa menit. Lakukan sesering mungkin untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Beri Suplemen untuk Anak

Jika beberapa langkah tersebut tidak dapat mengatasi sariawan yang kamu alami, silahkan diskusikan langsung dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Apalagi, jika gejala sariawan yang kamu alami sudah berlangsung dalam waktu lama, luka semakin membesar, serta membuatmu sulit untuk makan, minum, atau berbicara. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. Oral Thrush: 10 Home Remedies to Manage Your Symptoms.

Medical News Today. Diakses pada 2019. Oral Thrush: All You Need to Know.