• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Balita untuk Tumbuh Tinggi

6 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Balita untuk Tumbuh Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Memiliki anak dengan tumbuh kembang yang sesuai dengan usia menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi orangtua. Tidak hanya berat badan saja yang diperhatikan, nyatanya ibu juga perlu memerhatikan tinggi badan anak agar sesuai dengan usianya. Ada berbagai macam faktor yang dapat menentukan pertumbuhan tinggi anak, seperti faktor lingkungan, kesehatan anak, faktor genetik, hingga asupan makanan yang diberikan.

Baca juga: Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Cara Biar Anak Agar Tumbuh Tinggi

Pola makan dan asupan makanan menjadi faktor yang cukup penting untuk tumbuh kembang anak. Ibu, sebaiknya ketahui jenis vitamin yang dibutuhkan oleh anak untuk mendukung pertumbuhan tinggi anak agar sesuai dengan usianya. Dengan begitu ibu dapat memberikan asupan yang sesuai agar anak dapat bertumbuh dengan baik.

Inilah Vitamin yang Dibutuhkan untuk Tinggi Anak

Kesulitan menambah berat badan terkadang menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi orangtua. Namun, sebaiknya jangan hanya memerhatikan berat badan anak saja. Tinggi badan anak pun sama pentingnya dengan berat badan anak. Ada berbagai faktor yang menyebabkan anak memiliki pertumbuhan tinggi yang baik, salah satunya adalah faktor genetik.

Anak-anak yang memiliki orangtua dengan postur tubuh yang tinggi lebih mudah tinggi dibandingkan anak-anak yang lain. Sedangkan, anak-anak yang memiliki orangtua tidak terlalu tinggi tentunya akan memiliki postur tubuh yang hampir mirip dengan orangtua mereka. Faktor genetik memengaruhi 60-80 persen pertumbuhan tinggi anak. Jadi, tinggi orangtua mencerminkan postur tubuh anak nantinya.

Baca juga: Faktor yang Pengaruhi Tinggi Badan Si Kecil

Selain itu, 20-40 persen faktor lainnya yang menentukan tinggi anak adalah asupan nutrisi dan juga aktivitas fisik yang dilakukan oleh anak. Melansir Healthy Height, asupan gizi yang seimbang menjadi salah satu faktor yang membuat anak dapat tumbuh tinggi dengan optimal. Ada beberapa asupan nutrisi yang perlu ibu ketahui untuk membantu pertumbuhan tinggi pada anak, seperti:

  1. Protein;

  2. Karbohidrat;

  3. Kalsium;

  4. Magnesium;

  5. Vitamin A;

  6. Iodine.

Itulah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak agar pertumbuhan tinggi badan berjalan dengan optimal.

Makanan dan Aktivitas Fisik untuk Tumbuh Tinggi Anak

Penting bagi orangtua memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak agar tumbuh kembang anak semakin optimal. Salah satu jenis makanan yang bisa ibu berikan pada anak untuk pertumbuhan tinggi yang optimal adalah telur.

Tingginya kadar protein, kalsium, dan vitamin B12 dalam telur cukup penting untuk pertumbuhan tinggi pada anak. Sebaiknya berikan telur dalam hidangan yang berbeda agar anak tidak bosan untuk mengonsumsi telur.

Kacang kedelai menjadi makanan yang tak kalah penting untuk pertumbuhan tinggi anak. Kandungan protein, folat, karbohidrat, dan serat baik untuk menunjang pertumbuhan anak. Jangan lupakan buah pisang karena menjadi buah yang memiliki kandungan potasium dan kalsium yang tinggi agar asupan nutrisi tersebut terpenuhi dengan baik. Jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter anak melalui aplikasi Halodoc tentang makanan apa saja yang baik dalam pertumbuhan tinggi anak.

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Tidak hanya asupan nutrisi, kegiatan fisik, seperti berenang dan berlatih basket menjadi salah satu olahraga yang dapat memicu pertumbuhan tinggi anak. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan istirahat anak agar hormon pertumbuhan dapat terstimulasi dengan optimal.

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2020. Best Foods to Increase Height in Children
Healthy Weight. Diakses pada 2020. How Can I Help My Child Grow Taller? And Other Growth Questions Answer
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Foods That Make You Taller