Vitiligo pada Anak dan Dewasa, Apa Bedanya?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Vitiligo pada Anak dan Dewasa, Apa Bedanya?

Halodoc, Jakarta – Vitiligo adalah masalah jangka panjang di mana bercak kulit yang tumbuh kehilangan warna. Ini dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, jenis kelamin, atau kelompok etnis.

Bercak muncul ketika melanosit di dalam kulit mati. Melanosit adalah sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen kulit, melanin, memberi warna kulit, dan melindunginya dari sinar UV matahari.

Tingkat dan distribusi vitiligo sering berubah selama masa hidup seseorang dan perkembangannya tidak dapat diprediksi. Program terbatas kortikosteroid topikal yang manjur pada orang dewasa dan anak-anak adalah terapi yang aman dan efektif untuk vitiligo yang dilokalisasi dan seringkali merupakan pengobatan pilihan pertama untuk ini.

Kortikosteroid topikal adalah jenis obat yang mengandung steroid. Kamu bisa mengoleskannya ke kulit sebagai krim atau salep. Kadang-kadang mengaplikasikan pengobatan ini dapat menghentikan penyebaran bercak putih dan dapat mengembalikan beberapa warna kulit aslimu.

Baca juga: Ketahui Seseorang Bisa Terkena Vitiligo

Vitiligo pada Anak

Anak-anak dari semua ras bisa dipengaruhi oleh vitiligo di mana bintik-bintik cenderung lebih terlihat pada mereka yang memiliki kulit lebih gelap. Kadang-kadang anak-anak dengan vitiligo memiliki gejala-gejala lain, seperti rambut beruban prematur atau hilangnya pigmen pada bibir, karena sel-sel pigmen juga ditemukan di tempat-tempat ini.

Teori bervariasi tentang apa yang menyebabkan vitiligo. Beberapa ahli berpikir itu adalah gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang melanosit yang sehat. Yang lain berpikir itu adalah kondisi genetik, karena lebih dari 30 persen anak-anak yang terkena dampak memiliki anggota keluarga yang juga memilikinya.

Perlu untuk diketahui adalah bahwa risiko pengembangan vitiligo meningkat pada anak-anak dengan keluarga atau riwayat pribadi penyakit tiroid, diabetes, dan kondisi tertentu seperti alopecia (penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut). Dan vitiligo tidak pernah menular. Ini artinya anak-anak tidak bisa mendapatkannya dari orang lain.

Dalam pemeriksaan, dokter juga akan mengajukan banyak pertanyaan tentang riwayat kesehatan anak, termasuk apakah ada anggota keluarga yang memiliki masalah kulit atau masalah autoimun di masa lalu. Apakah anak baru-baru ini mengalami ruam atau terbakar sinar matahari atau mengidap penyakit lain atau sedang stres. Tes darah dapat dilakukan untuk memeriksa masalah tiroid dan diabetes, karena ini dapat meningkatkan risiko vitiligo.

Sangat jarang, dokter dapat melakukan biopsi (di mana sepotong kecil dari kulit yang terkena dihilangkan untuk dianalisis di laboratorium). Biopsi memungkinkan dokter memeriksa sel-sel pigmen di kulit. Jika biopsi menunjukkan tidak ada sel pigmen, ini dapat mengkonfirmasi kasus vitiligo.

Baca juga: Apakah Vitiligo Dapat Disembuhkan? Ini Faktanya

Vitiligo pada Orang Dewasa

Vitiligo dapat terjadi pada semua usia, namun biasanya dimulai antara usia 2 dan 40 tahun. Semua ras mungkin terpengaruh. Meskipun kepercayaan umum, vitiligo tidak terlihat lebih sering pada individu keturunan Afrika; ini mungkin tampak benar hanya karena kondisi tersebut menyebabkan masalah kosmetik yang lebih jelas bagi orang yang berkulit gelap.

Perlindungan dan perawatan pada orang dewasa disarankan untuk hindari paparan sinar matahari tengah hari (10 pagi hingga 3 sore), kenakan tabir surya SPF 45, kenakan pakaian pelindung dan topi, serta menggunakan makeup kosmetik untuk melindungi bercak-bercak putih.

Dampak emosional pada anak pengidap vitiligo lebih besar ketimbang pada orang dewasa. Jika anak mengidap vitiligo, orangtua wajib tahu meskipun itu tidak berbahaya bagi kesehatan fisiknya, itu masih bisa menjadi masalah besar untuk kondisi emosionalnya.

Baca juga: Ketahui Fakta Fototerapi untuk Menangani Vitiligo

Setiap kondisi yang membuat anak-anak terlihat berbeda dari teman sebayanya dapat menjadi sangat sulit secara emosional, terutama selama masa praremaja dan remaja ketika semua orang berusaha keras untuk menyesuaikan diri.

Beberapa anak secara alami lebih tangguh dan baik-baik saja terhadap tantangan ini. Tapi, yang lain membutuhkan sedikit bantuan. Orangtua dapat melakukan banyak hal untuk membangun rasa percaya diri dan harga diri.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai vitiligo pada anak dan dewasa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.