• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajah Membengkak karena Biduran, Ini Penanganannya

Wajah Membengkak karena Biduran, Ini Penanganannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kosmetik adalah benda yang sangat berhubungan dengan wanita agar terlihat lebih cantik. Tidak sedikit wanita yang kerap bergonta-ganti alat kecantikan tersebut karena dirasa tidak cocok terhadap warna dan kandungannya. Beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya mungkin saja membuat seseorang mengalami alergi sehingga terjadi biduran.

Faktanya, seseorang yang mengidap biduran disebabkan kosmetik dalam tahap parah mungkin saja mengalami pembengkakan pada wajah. Gangguan ini dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa penanganan wajah bengkak yang disebabkan oleh biduran. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan!

Baca juga: Biduran, Alergi atau Sakit Kulit?

Penanganan Wajah Bengkak Karena Biduran

Pembengkakan pada wajah adalah gejala yang umum yang berhubungan dengan berbagai kemungkinan penyebab, seperti cedera, reaksi alergi, hingga infeksi. Jika disebabkan oleh reaksi alergi, maka tubuh kamu mengalami biduran. Hal ini terjadi akibat sistem imun yang memproduksi zat histamin, sehingga ruam merah pada tubuh timbul.

Namun, penting untuk mengetahui apabila gangguan yang terjadi disebabkan oleh biduran atau angioedema. Hal tersebut karena kedua gangguan tersebut meski sama-sama menyebabkan pembengkakan pada wajah, gangguan yang terjadi ternyata berbeda. Angioedema terjadi pada lapisan bawah kulit, sedangkan bengkak yang terjadi pada biduran terjadi di permukaan kulit.

Penting untuk mencegah pembengkakan pada wajah karena biduran untuk menghindari paparan alergen. Sangat penting untuk mengetahui penyebab dari terjadinya biduran agar ruam merah pada kulit mampu dihindari. Namun, jika segala cara pencegahan sudah dilakukan dan tetap mengidap gangguan, penting untuk mengetahui cara ampuh untuk mengatasinya. Berikut cara penanganan wajah bengkak karena biduran:

  1. Mengonsumsi Obat Anti-Gatal

Perawatan yang paling dasar digunakan untuk mengatasi biduran yang dapat menyebabkan wajah bengkak adalah dengan mengonsumsi obat anti-gatal. Pengobatan ini dapat mengurangi gatal, bengkak, dan gejala alergi lainnya. Jenis obat ini tersedia dengan resep atau tanpa resep dari dokter.

Baca juga: Wajah Bengkak, Ini 6 Penyebabnya

  1. Obat Antiinflamasi

Cara penanganan lainnya yang dapat dilakukan agar pembengkakan pada wajah dapat teratasi adalah mengonsumsi obat antiinflamasi. Namun, obat ini umumnya diberikan pada seseorang yang mengalami gatal parah. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi dan gatal-gatal yang menyerang.

  1. Obat Penekan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kedua obat sebelumnya tidak ampuh untuk mengatasi pembengkakan pada wajah yang disebabkan oleh biduran, dokter mungkin akan memberikan obat penekan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menenangkan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif sehingga biduran dapat diatasi.

Kamu juga dapat melakukan pengobatan rumahan dengan cara mengoleskan waslap dingin untuk menutupi bagian yang terserang agar mampu menenangkan kulit dan mencegah terjadinya goresan. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat dilakukan. Juga, kenakan pakaian yang berbahan katun dan bertekstur halus untuk menghindari terjadinya gesekan kulit pada baju.

Gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi seperti angioedema dan anafilaksis. Jika komplikasi-komplikasi tersebut sudah mencapai gangguan yang parah, mungkin perawatan darurat harus dilakukan. Jika keadaan yang terjadi sudah serius dan darurat, dokter mungkin akan menyuntikkan epinefrin agar keadaan yang sedang terjadi menjadi lebih baik.

Baca juga: Begini Pengobatan Biduran yang Bisa Dicoba di Rumah

Dengan mengetahui beberapa cara penanganan wajah bengkak disebabkan oleh biduran tersebut, diharapkan gangguan yang terjadi dapat dengan mudah ditangani. Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan dan sesuatu yang dikonsumsi atau dioleskan pada kulit agar tidak menimbulkan gejala alergi yang menimbulkan pembengkakan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penanganan wajah bengkak yang timbul karena biduran, dokter dari Halodoc dapat membantumu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Hives and angioedema.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What can cause facial swelling?