01 June 2017

Wajib Coba, 3 Cara Mengecilkan Lengan dan Perut Saat Puasa

Wajib Coba, 3 Cara Mengecilkan Lengan dan Perut Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara aman untuk memangkas lemak berlebih pada lengan dan perut adalah dengan berpuasa. Di saat bulan suci Ramadan, kamu bisa memanfaatkan satu bulan beribadah sambil melakukan diet yang sehat ini. Tentunya, kamu juga harus mengecilkan lengan dan perut saat puasa yang tepat dengan tidak melakukan diet sembarangan. Hal ini demi menjaga kesehatan tubuh kamu selama satu bulan penuh nanti.

Penasaran seperti apa langkah diet yang tepat selama berpuasa demi lengan dan perut ideal? Berikut ulasannya untuk kamu.

Pertama, kurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengurangi jumlah makan kamu sekitar seperempat porsi dari biasanya, kamu tentu sudah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi sebaiknya jangan jadikan waktu berbuka puasa sebagai ajang balas dendam untuk memuaskan rasa lapar yang kamu tahan seharian. Akan lebih baik jika kamu berbuka puasa secukupnya, berhenti makan jika perut kamu sudah terasa cukup kenyang.

Kedua, perhatikan jadwal makan. Jika hari-hari biasa kamu makan 3x sehari, maka saat puasa ada baiknya porsi makan siang dibagi ke porsi sahur dan berbuka. Jika biasanya makan pagi, siang dan malam, maka saat puasa jadwal makan kamu dipecah 50 persen ke makan sahur dan 50 persen ke makan saat berbuka. Porsi makan yang dipindahkan ini tentu setelah dikurangi seperempat porsi dari biasanya.

Ketiga, memperhatikan jenis makanan. Makanan yang sehat adalah kunci utama dari suksesnya diet seseorang. Tentu akan percuma jika kamu rutin berolahraga, makan teratur namun jenis makanan yang kamu konsumsi mengandung banyak lemak. Jenis makanan yang harus kamu hindari saat berbuka puasa adalah makanan yang mengandung banyak gula, tepung, minyak. Hindari berbagai jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng, karena pada risiko penyumbatan pembuluh darah. Akan jauh lebih membantu juga jika setiap kali kamu berbuka puasa dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Bentuk lengan ideal bisa kamu dapatkan dengan berbagai upaya, sekalipun tanpa harus melakukan olahraga yang melelahkan. Lantas, seperti apa cara mengecilkan lengan dan perut saat puasa tanpa berolahraga? Berikut ini 3 tipsnya:

1.  Gerakan Memutar Tangan
Khusus bagian lengan, jika kamu tak kuat berolahraga, cara mengecilkan lengan lain yang bisa kamu lakukan adalah memutar pergelangan tangan sebanyak 50 kali. Caranya, buka kaki selebar bahu, lalu angkat dua tangan lurus ke depan. Gerakkan pergelangan tangan searah dengan jarum jam. Meski terlihat sederhana, cara mengecilkan lengan ini ampuh membakar lemak secara efektif, lho!

2.  Pakai Plastic Wrap
Untuk bagian lengan dan perut,  manfaatkan plastic wrap. Plastic wrap yang digunakan dengan membungkus lengan dan perut ini dipercaya mampu melunturkan lemak bersamaan dengan keringat yang keluar. Pada percobaan pertama, kamu bahkan bisa langsung mengecilkan lengan dan perut saat puasa hingga lebih dari  0,5 inci.

3.  Sauna
Sauna menjadi salah satu cara mudah nan menyenangkan untuk membakar kalori pada semua bagian tubuh. Meskipun tidak banyak, namun setiap orang pasti menikmati setiap waktu bersantai sambil membakar sedikit kalori dari dalam tubuhnya. Kamu bisa mencoba cara mengecilkan lengan dan perut saat puasa ini maksimal 20 menit dalam sehari.

Selain mengikut 3 cara mengecilkan lengan dan perut saat puasa di atas, jangan ragu untuk menghubungi dan meminta saran dari dokter Halodoc menggunakan pilihan metode komunikasi chat, video call dan voice call mengenai kondisi tubuh kamu. Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!