• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Coba, Frozen Banana untuk Takjil Berbuka Puasa Anak

Wajib Coba, Frozen Banana untuk Takjil Berbuka Puasa Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Wajib Coba, Frozen Banana untuk Takjil Berbuka Puasa Anak

Halodoc, Jakarta - Mengajarkan anak berpuasa tentunya memiliki tantangan tersendiri. Menghadiahi takjil yang menarik dan disukai anak mungkin bisa jadi trik agar Si Kecil berpuasa penuh. Frozen banana adalah salah satu pilihan takjil berbuka yang bisa disajikan untuk Si Kecil.

Cara mengolah frozen banana juga sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan terbuat dari bahan alami, dan yang terpenting adalah pisang yang tentu saja buah enak dan menyehatkan. Frozen banana bisa menjadi sajian takjil yang simpel dan cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. 

Baca juga: Adakah Pengaruh Puasa Terhadap Kadar Gula Darah?

Frozen Banana, Aman untuk Takjil Berbuka Si Kecil

Salah satu cara pembuatan frozen banana, yaitu melewati proses pembekuan. Produk makanan beku ini memang dibuat atau diproduksi dalam bentuk beku, dan disimpan dalam freezer dengan suhu minus 20 derajat Celcius. Perlu diketahui, produk makanan beku dianggap mengandung vitamin lebih tinggi dibanding makanan segar yang dibekukan. 

Menurut penelitian dari Leatherhead Food Research dan University of Chester, buah dan sayuran beku kaya vitamin C, polifenol, anthocyanin, lutein, dan beta-karoten. Hanya saja, tidak semua buah dan sayuran dapat diolah atau diproduksi beku. 

Untungnya, makanan beku seperti frozen banana tidak masalah dan boleh saja dikonsumsi anak-anak. Terlebih lagi, jika frozen banana yang dibuat sendiri di rumah, penyimpanan dan pembuatan makanan lebih terjamin. Namun, perlu diperhatikan jika ada perubahan konsistensi yang berkaitan pada penyimpanan yang kurang baik. Perubahan konsistensi terjadi setelah makanan dikeluarkan dari freezer di bawa ke suhu ruangan.

Makanan yang dibekukan dengan produk makanan beku sama-sama aman dikonsumsi. Perbedaannya pada kandungan gizi, dimana kandungan gizi produk makanan beku sedikit lebih banyak. 

Baca juga: Susah Bangun Sahur saat Puasa, Ikuti 7 Trik Ini

Membuat Frozen Banana sambil Ngabuburit dengan Si Kecil

Proses pembuatan takjil frozen banana bisa jadi kegiatan ngabuburit bareng Si Kecil. Dengan begitu, rasa lapar karena puasa bisa teralihkan sejenak berkat kegiatan yang menyenangkan. 

Untuk membuat frozen banana, pertama-tama potong pisang matang menjadi dua, dan selipkan batang permen lolipop ke masing-masing pisang. Letakkan pisang dalam satu lapisan di atas kertas roti dan bekukan selama 2-3 jam. 

Sementara itu, tempatkan coklat batangan yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam mangkuk tahan microwave, kemudian lelehkan di dalam microwave dengan panas maksimal selama 30 detik. Aduk, dan ulangi sampai coklat meleleh. 

Setelah pisang membeku, celupkan ke dalam cokelat leleh atau yogurt, lalu celupkan lagi ke dalam topping renyah sesuai pilihan dan selera Si Kecil. Berikut ini ide topping untuk frozen banana:

  • Potongan kacang almond.
  • Serpihan kelapa tanpa pemanis.
  • Walnut cincang.
  • Granola.
  • Biskuit graham atau regal yang dihancurkan.
  • Kacang yang dihaluskan..

Gimana? Proses pembuatan frozen banana mudah dan cepat, bukan? Makanan ini bisa jadi alternatif yang lebih baik dibanding es loli. Anak-anak juga bisa berkreasi membuat takjil sambil menunggu waktu berbuka puasa. 

Baca juga: Alasan Mengapa Berbuka Sebaiknya dengan Minuman yang Hangat

Pisang adalah makanan yang menyehatkan untuk anak-anak juga orang dewasa. Pisang yang baru matang memiliki serat untuk kesehatan pencernaan, mengandung vitamin B dan C esensial, kalium, dan magnesium untuk penambah nutrisi. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat frozen banana sebagai takjil berpuasa Si Kecil. Ayah dan ibu juga bisa berdiskusi dengan dokter spesialis gizi anak melalui aplikasi Halodoc mengenai asupan nutrisi penting selama Si Kecil berpuasa. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
The Healthy Mummy. Diakses pada 2021. 8 AMAZING benefits of BANANAS for kids!
Very Well Family. Diakses pada 2021. Are Bananas Healthy?
Super Healthy Kids. Diakses pada 2021. Frozen Chocolate Bananas