• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Coba, Ini Minuman Penurun Darah Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Coba, Ini Minuman Penurun Darah Tinggi

Wajib Coba, Ini Minuman Penurun Darah Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Mei 2022

“Tekanan darah tinggi dapat dikelola dengan pola makan sehat, termasuk minum minuman tertentu. Minuman penurun darah tinggi yaitu jus tomat, jus buah bit, hingga susu skim.”

Wajib Coba, Ini Minuman Penurun Darah Tinggi

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke. Salah satu upaya untuk mengatasi tekanan darah tinggi yaitu dengan mengubah pola makan ke yang lebih sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk penurun darah tinggi juga dapat membantu menjaga kesehatan. 

Ada beberapa jenis minuman penurun darah tinggi yang dapat membantu, di antaranya:

  1. Jus Tomat

Minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun untuk menghindari natrium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membuat jus tomat tanpa gula tambahan. 

  1. Jus Bit

Sayuran berwarna-warni dan rendah kalori ini tidak hanya mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan. Mereka juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah bit kaya akan nitrat makanan, senyawa yang dikenal memiliki efek penurun tekanan darah. Artinya, minuman ini juga ramah untuk jantung. 

  1. Jus Delima

Buah delima kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, selain itu juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Maka tidak heran jika jus delima dapat berkontribusi sebagai pola makan yang baik untuk kesehatan jantung. Jika kamu ingin minum jus delima untuk menurunkan tekanan darah, pastikan untuk tidak menambahkan gula. 

  1. Jus Berry

Seperti buah delima, buah berry dikenal karena sifat antioksidannya. Namun, sedikit yang mengetahui tentang manfaat untuk jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus buah berry dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL. Namun lagi-lagi, patikan untuk meminum jus berry tanpa mengandung gula tambahan.

  1. Susu Skim

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt adalah komponen kunci dari pola makan untuk mencegah hipertensi. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi susu rendah lemak dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. 

Cobalah untuk minum susu skim dua hingga tiga gelas per hari. Kamu dapat meminumnya langsung atau menambahkannya ke sereal atau smoothie. 

  1. Teh

Konsumsi teh hitam atau teh hijau dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, penurunan tekanan darah lebih signifikan jika minum teh hijau. 

Itulah minuman yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang perlu diketahui. Jika kamu mengalami gejala lainnya terkait darah tinggi, sebaiknya tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Drinks for Lowering Blood Pressure
Medicine Net. Diakses pada 2022. What Are the Top Drinks to Lower Blood Pressure?