• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Lakukan Tes Corona sebelum Kumpul Acara Keluarga

Wajib Lakukan Tes Corona sebelum Kumpul Acara Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Liburan tahun baru adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, di masa pandemi corona seperti sekarang ini, acara keluarga yang biasanya selalu dinanti-nantikan mungkin malah menjadi hal yang menimbulkan kekhawatiran.

Pasalnya, penyebaran virus corona bisa terjadi pada acara yang melibatkan pertemuan orang banyak, seperti acara keluarga. Hal itu karena orang yang terinfeksi virus corona bisa saja tidak mengalami gejala apa-apa, namun tetap bisa menularkan virus tersebut pada orang lain. Itulah mengapa tes corona wajib dilakukan sebelum kumpul acara keluarga untuk menjaga keamanan diri kamu sendiri dan juga orang-orang yang kamu kasihi.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Tes Corona yang Digunakan di Indonesia

Perlukah Melakukan Tes Corona sebelum Acara Keluarga?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cara teraman untuk merayakan liburan tahun baru adalah dengan tinggal di rumah dan merayakannya dengan orang-orang di rumah kamu daripada bepergian untuk bertemu dengan keluarga besar.

Namun, bila kamu ingin menghadiri acara keluarga, CDC mengungkapkan bahwa tidak semua orang perlu melakukan tes COVID-19. Kamu dianjurkan untuk melakukan tes corona bila:

  • Memiliki gejala COVID-19.
  • Melakukan kontak dekat, yaitu dalam jarak 6 kaki, selama 15 menit atau lebih dengan orang yang sudah terkonfirmasi mengidap COVID-19.
  • Dokter menganjurkan kamu untuk melakukan tes.

Waktu terbaik untuk melakukan tes corona adalah sekitar 5-7 hari setelah terpapar virus, karena butuh waktu selama itu bagi virus corona untuk dapat dideteksi. 

Bahkan setelah melakukan tes Corona dan hasil tes menunjukkan negatif, hal itu bukan berarti bahwa kamu tidak memiliki virus, sehingga bebas bepergian ke mana saja. Hasil tes negatif hanya memberitahu kamu bahwa tidak ditemukan virus apapun di rongga hidung kamu pada saat itu. Jadi, kamu tetap perlu berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Lawan Virus Corona, Lakukan Protokol Ini Bila Alami Gejala COVID-19

Perlukah Melakukan Tes Corona Bila Ingin Mengunjungi Lansia?

Orang yang sudah lanjut usia atau lansia memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sehingga rentan terpapar virus corona dan berisiko mengalami dampak serius akibatnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan mengunjungi anggota keluarga yang sudah lanjut usia sama sekali.

Bila kamu harus mengunjungi lansia, kamu wajib melakukan tes COVID-19 sebelum berkunjung untuk memastikan bahwa kamu tidak terinfeksi virus corona, sehingga tidak berpotensi menularkannya kepada orangtua. Tes COVID-19 yang paling akurat yang sebaiknya kamu lakukan sebelum bertemu lansia adalah tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Selain itu, kamu juga wajib menerapkan protokol kesehatan 3M saat melakukan kunjungan pada lansia, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman dengan orangtua. Dengan begitu, kamu bisa melindungi orangtua terkasih dari bahaya COVID-19 saat acara kumpul keluarga.

Baca juga: Lakukan Ini agar Orang Tua Tetap Aman saat Pandemi

Melakukan Tes Corona Bisa Memberi Rasa Aman

Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa tes COVID-19 bisa mengurangi bahaya berkumpul bersama keluarga selama masa pandemi, meskipun mereka setuju bahwa tes terkadang tidak bisa mencegah penyebaran COVID-19 dengan sempurna. Menurut Dr. Rachel Rubin, salah satu pemimpin Departemen Kesehatan Masyarakat Cook County, tes Corona juga bisa memberikan hasil negatif yang palsu, namun cara tersebut bisa membantu keluarga berkumpul dengan lebih aman.

Mengingat bertemu dan berkumpul dengan orang-orang terkasih selama liburan penting untuk menjaga kesehatan mental, tes Corona bisa membantu kamu untuk menikmati momen tersebut tanpa rasa khawatir.

Bila kamu ingin mengadakan acara keluarga selama liburan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan agar tuan rumah mengenakan masker saat membuat dan menyajikan makanan, menawarkan peralatan dan piring sekali pakai, meminta semua tamu memakai masker dan menjaga jarak setidaknya 6 kaki dengan orang yang tidak tinggal serumah. CDC juga merekomendasikan agar acara keluarga diadakan di luar ruangan bila memungkinkan.

Itulah penjelasan mengenai tes COVID-19 sebelum kumpul bersama keluarga. Bila kamu ingin melakukan tes COVID-19, buat janji saja di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah.

Referensi:
Today. Diakses pada 2020. Should you get a coronavirus test before seeing friends and family?
The Seattle Times. Diakses pada 2020. Should you get tested for COVID-19 before your Thanksgiving gathering? Here’s what the experts say.