• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Wajib Tahu, Ini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Ada banyak cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu coba. Misalnya dengan tea tree oil dan gel lidah buaya.”

Wajib Tahu, Ini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di WajahWajib Tahu, Ini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Halodoc, Jakarta – Cara menghilangkan bruntusan di wajah sebenarnya cukup mudah. Ini bisa dilakukan dengan perawatan rumahan sederhana. Kuncinya adalah memastikan kulit wajah tetap bersih dan melawan bakteri penyebab bruntusan. 

Kamu bisa mencoba berbagai bahan alami untuk menghilangkan masalah kulit ini. Misalnya tea tree oil, atau gel lidah buaya. Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini, yuk!

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Banyak obat jerawat dan bruntusan yang tersedia di pasaran, tapi menyebabkan efek samping berupa iritasi dan kulit kering. Itulah sebabnya banyak orang beralih ke cara alami. 

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu coba:

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak yang  diekstraksi dari daun pohon Melaleuca alternifolia, yang berasal dari Australia. Minyak ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. 

Secara khusus, minyak pohon teh mampu membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan bruntusan.

Perawatan dengan tea tree oil juga menghasilkan lebih sedikit efek samping, termasuk kekeringan, iritasi, dan rasa terbakar. Namun, minyak ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. 

Jadi, kamu perlu mencampurnya dengan minyak pembawa. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan uji tempel pada kulit, karena minyak ini bisa sangat mengiritasi pada orang yang kulitnya sensitif.

2. Perawatan dengan Minyak Esensial Lainnya

Selain tea tree oil, banyak minyak esensial lainnya yang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah. Sebab, banyak minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa membersihkan bruntusan dengan cepat.

Misalnya minyak esensial kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh melawan bakteri penyebab bruntusan S. epidermidis dan P. acnes. Selain itu, minyak esensial rosemary dan serai juga dapat menghambat P. acnes.

Seperti tea tree oil, minyak esensial tersebut juga sangat terkonsentrasi dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Pastikan untuk mengencerkan semua minyak esensial dengan minyak pembawa, dan lakukan uji tempel sebelum menggunakannya.

3. Teh Hijau

Banyak orang minum teh hijau untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Padahal, teh hijau juga bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Hal ini karena teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan bruntusan.

Teh ini juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang mampu melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes.

Ada beberapa produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung teh hijau. Namun, jika ingin yang lebih alami, dan lebih murah, kamu juga bisa membuat campurannya sendiri di rumah.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya mampu membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Oleh karena itu, gel ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis, ruam, luka, dan luka bakar. Lidah buaya juga mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol, dan belerang, yang semuanya menghambat bakteri penyebab bruntusan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu coba di rumah. Jika cara-cara tersebut tidak membantu, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter kulit.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. A Dermatologist’s Advice on How to Get Rid of a Pimple — Stat!
Healthline. Diakses pada 2022. 4 Natural Ways to Get Rid of Pimples as Fast as Possible.