• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Beda Susu Evaporasi dan Kental Manis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Beda Susu Evaporasi dan Kental Manis

Wajib Tahu, Ini Beda Susu Evaporasi dan Kental Manis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Agustus 2022

“Meski sama-sama dari susu yang dimasak, susu evaporasi dan kental manis berbeda. Termasuk dari segi tekstur dan rasa.”

Wajib Tahu, Ini Beda Susu Evaporasi dan Kental ManisWajib Tahu, Ini Beda Susu Evaporasi dan Kental Manis

Halodoc, Jakarta – Dalam dunia kuliner, susu sering digunakan untuk menambah rasa lezat. Dua jenis susu yang umum digunakan adalah susu evaporasi atau evaporated milk dan kental manis. Keduanya berbeda dari susu cair biasa, karena kadar airnya sama-sama lebih sedikit. 

Namun, meski sama-sama lebih kental dan umumnya dikemas dalam kaleng, susu evaporasi dan kental manis juga punya banyak perbedaan lain. Mau tahu apa saja perbedaannya? Yuk simak!

Apa Itu Susu Evaporasi?

Susu evaporasi adalah susu pekat yang biasanya dijual dalam kemasan kaleng. Susu ini dikembangkan pada tahun 1890-an, tak lama setelah penemuan susu kental manis. Ia dibuat dengan memanaskan susu sapi pada tekanan rendah sampai kadar air berkurang sekitar setengahnya. 

Susu ini disterilkan setelah direduksi dan dihomogenkan. Sebagai alternatif susu segar yang bisa disimpan lama di suhu ruang, susu ini dirancang untuk diencerkan dengan jumlah air yang sama. Susu ini juga digunakan dalam makanan penutup seperti es krim, kue keju, dan puding.

Apa Itu Kental Manis?

Mirip seperti susu evaporasi, kental manis adalah produk susu pekat yang dibuat dengan memanaskan susu sapi pada tekanan rendah. Susu dipanaskan hingga kadar airnya berkurang setengahnya, kemudian ditambahkan gula hingga kadar gulanya mencapai 45 persen. 

Produk yang dihasilkan jadi lebih tahan lama dan bisa digunakan dalam berbagai resep kue dan minuman. Susu kental manis kalengan dikembangkan pada tahun 1861 di Amerika Serikat. Namun, sebenarnya produk susu yang dimasak dengan pemanis telah jauh lebih lama dipraktikkan di India. Produknya dikenal dengan nama mithai

Perbedaan Susu Evaporasi dan Kental Manis

Baik susu kental manis atau evaporasi, keduanya dibuat dari susu sapi yang dihilangkan lebih dari setengah kadar airnya. Hingga membentuk susu yang terkonsentrasi dan aman untuk disimpan jangka panjang. 

Namun, ada beberapa poin perbedaan utama antara kedua produk susu ini, yaitu:

1. Proses Pembuatan

Evaporated milk dibuat dengan cara dimasak hingga tidak ada lagi bakteri dan organisme yang tidak diinginkan yang tumbuh secara alami dalam susu. Kadar air dalam susu juga sebagian dihilangkan selama proses ini, jadi hanya menyisakan produk susu pekat.

Untuk kental manis, susu yang dimasak hingga kental ditambah dengan gula, hampir dengan perbandingan 50:50, kemudian didinginkan dan dikalengkan.

Hasilnya, susu jadi kental, manis, dan berwarna putih pucat (hampir krem). Sementara yang devaporasi memiliki tekstur yang mirip dengan susu biasa, dan juga berwarna putih seperti susu segar.

2. Kandungan Gula

Evaporated milk hanya mengandung sekitar 10 persen gula menurut beratnya karena susu segar secara alami mengandung sekitar 5 persen gula, terutama dalam bentuk laktosa. Sementara kental manis biasanya mengandung 45 persen gula, karena dalam prosesnya ditambahkan cukup banyak gula.

3. Rasa

Karena kandungan gulanya yang tinggi, kental manis tentunya memiliki rasa manis. Sementara untuk evaporated milk biasanya memiliki rasa seperti susu biasa, tapi lebih pekat dan gurih. Beberapa produsen juga mencampurkan sedikit garam atau santan dalam susu evaporasi.

4. Warna

Evaporated milk memiliki warna putih seperti susu biasa, tapi agak sedikit gelap. Ini karena konsentrasi laktosa dan protein yang terjadi selama pemasakan. Sementara kental manis berwarna lebih kuning atau putih gading, karena konsentrasi gula yang tinggi.

5. Tekstur

Evaporated milk menambahkan tekstur yang lebih ringan dan cair, mirip seperti susu biasa, tapi agak lebih pekat. Sementara kental manis memiliki tekstur yang sangat kental dan padat, mirip seperti sirup yang kental.

6. Penggunaan

Kental manis biasanya digunakan dalam minuman, makanan yang dipanggang, dan permen. Evaporated milk juga dapat digunakan dalam makanan yang dipanggang, tepatnya saat kamu menginginkan rasa susu tetapi tidak ingin menambahkan rasa manis, atau dalam resep gurih sebagai pengganti susu.

Itulah beberapa perbedaan susu kental manis dan evaporasi. Meski keduanya enak, tidak boleh dikonsumsi berlebihan, ya. Jika kamu mengalami masalah kesehatan karena konsumsi susu, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter.

Referensi:
Greatist. Diakses pada 2022. What Is the Difference Between Evaporated Milk and Condensed Milk?
The Kitchn. Diakses pada 2022. What’s the Difference Between Condensed and Evaporated Milk?
Master Class. Diakses pada 2022. Evaporated Milk vs. Condensed Milk: What’s the Difference?