• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Sakit Jantung di Usia Muda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Sakit Jantung di Usia Muda

Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Sakit Jantung di Usia Muda

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 November 2022

“Penting untuk mewaspadai ciri-ciri sakit jantung di usia muda. Karena penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja.”

Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Sakit Jantung di Usia MudaWajib Tahu, Ini Ciri-ciri Sakit Jantung di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Ciri-ciri sakit jantung di usia muda perlu kamu waspadai. Sebab, penyakit jantung kini tak mengenal usia. Bahkan, yang berusia sangat muda pun bisa mengalaminya. Yuk simak seperti apa gejalanya!

Ciri-ciri Sakit Jantung di Usia Muda

Penelitian oleh American College of Cardiology membandingkan penyintas serangan jantung muda (41-50 tahun) dengan sangat muda (40 atau lebih muda). Para peneliti menemukan bahwa di antara pasien yang mengidap serangan jantung pada usia muda secara keseluruhan, 1 dari 5 adalah berusia 40 atau lebih muda. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mewaspadai ciri-ciri sakit jantung di usia muda, seperti:

1. Nyeri dada

Itu adalah tanda bahaya penyakit jantung yang paling umum. Jika arteri tersumbat atau mengalami serangan jantung, kamu mungkin merasakan nyeri, sesak, atau tekanan di dada.

Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama beberapa menit. Ini bisa terjadi saat kamu sedang istirahat atau saat melakukan sesuatu yang bersifat fisik.

2. Rasa nyeri dari dada yang menyebar ke lengan

Gejala serangan jantung klasik lainnya adalah nyeri yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Ini hampir selalu terjadi pada dada, lalu menjalar ke bagian luar dada, seperti lengan.

3. Mudah lelah

Ciri-ciri sakit jantung di usia muda lainnya adalah mudah lelah. Jika kamu tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan tenaga setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak masalah, kamu perlu waspada. 

Kelelahan ekstrem atau kelemahan yang terjadi tanpa sebab juga perlu kamu waspadai. Terkadang, ini bisa berlangsung selama beberapa hari. Ini bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

4. Mendengkur

Mendengkur sedikit saat tidur adalah hal yang normal. Namun, mendengkur keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea. Saat itulah kamu berhenti bernapas sejenak beberapa kali saat masih tidur. Ini memberi tekanan ekstra pada jantung.

5. Batuk kronis

Dalam kebanyakan kasus, ini bukanlah tanda masalah jantung. Namun, jika memiliki penyakit jantung atau mengetahui bahwa kamu berisiko, waspadalah. Jika mengalami batuk berkepanjangan yang menghasilkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung.

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri sakit jantung di usia muda. Jika mengalaminya, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
American College of Cardiology. Diakses pada 2022. Heart Attacks Increasingly Common in Young Adults.
WebMD. Diakses pada 2022. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.