06 July 2018

Walaupun Bau, Petai Menyimpan 5 Manfaat Penting Ini

Manfaat petai untuk kesehatan, efek positif petai, manfaat petai

Halodoc, Jakarta – Buat sebagian orang, petai adalah makanan yang dapat merangsang nafsu makan, sehingga makan bisa jadi lebih lahap. Namun, tidak semua orang setuju dengan pendapat tersebut, karena ada juga yang menganggap petai adalah makanan bau yang harus dihindari. Terlepas dari kesenangan dan ketidaksenangan orang akan rasa dan aromanya, petai menyimpan beberapa manfaat penting yang akan membuatmu berpikir dua kali untuk tidak memakannya.

  1. Mencegah Depresi

Petai mengandung triptofan yang merupakan salah satu asam amino esensial yang membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain kaya protein, kandungan triptofan dapat membentuk senyawa-senyawa lain seperti niacin yang baik untuk kesehatan kulit dan pencernaan, serta serotonin yang baik untuk mood. Lebih dari itu, serotonin secara efektif dapat mencegah depresi, mengurangi insomnia, serta menstabilkan perubahan mood.

  1. Terapi Efektif untuk Berhenti Merokok

Siapa sangka, ternyata petai juga terapi yang efektif untuk kamu yang ingin berhenti merokok. Pasalnya, kandungan B6 dan B12 pada petai dapat mengurangi rasa kecanduan akan rokok. Selain itu, kandungan kalium dan magnesiumnya yang dapat mengurangi rasa ingin mengonsumsi nikotin.

  1. Mengatasi Anemia

Mengonsumsi petai juga bermanfaat untuk mengatasi anemia. Pasalnya, petai mengandung zat besi yang dapat mengatasi gejala anemia seperti lemah dan lesu, pusing-pusing, dan mual. Manfaat petai dalam hal mengatasi anemia secara tidak langsung juga memiliki peranan ketika sedang mengalami menstruasi. Karenanya, wanita yang sedang mengalami menstruasi disarankan untuk mengonsumsi petai yang selain sebagai penetral mood, juga sumber zat besi bagi tubuh. Baca juga: 3 Zat Gizi Penambah Nafsu Makan

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat petai yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan jantung, sehingga mencegah timbulnya penyakit jantung. Penjelasannya adalah kandungan kalium pada petai memang efektif untuk mendorong kesehatan kardiovaskular dan membantu mengurangi tekanan darah. Mengonsumsi makanan kaya kalium dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Pasalnya, kalium berperan mengatur aktivitas elektrik jantung dan membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, manfaat kalium yang lain adalah membantu membangun dan menggerakkan otot-otot, memungkinkan ginjal untuk menyaring darah, serta menjaga volume cairan tubuh dan sel berfungsi normal. Baca juga: 7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

  1. Menyembuhkan Bengkak Akibat Gigitan Serangga

Salah satu manfaat penting petai lainnya adalah dapat menyembuhkan bengkak akibat gigitan serangga sekaligus mengobati rasa gatal sesudahnya. Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan bagian dalam kulit petai ke area yang digigit oleh serangga.

Mengetahui begitu banyak manfaat dari mengonsumsi petai, tidak dapat dimungkiri bahwa masalah utama dari mengonsumsi petai adalah aroma menyengat yang tertinggal di mulut serta saat berkemih/buang air besar. Ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk mengurangi aroma tidak sedap petai ini. Mulai dari menggosok gigi dan berkumur, mengonsumsi banyak air putih, serta minum susu setelah makan petai juga bisa menetralkan aroma bau yang ditinggalkan oleh petai. Jangan lupa juga untuk menempatkan pewangi pada toilet untuk mengurangi aroma tidak sedap dan membersihkan area genital lebih detail setelah dari toilet.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat petai bagi kesehatan atau pun tips diet dan nutrisi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.