• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wanita dengan Wasir Bisa Melahirkan Normal?

Wanita dengan Wasir Bisa Melahirkan Normal?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Wanita dengan Wasir Bisa Melahirkan Normal?

Wasir adalah kondisi kesehatan yang umum dialami oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil yang ingin melahirkan normal, tidak perlu khawatir bila mengalami kondisi ini. Bila wasir yang dimiliki tidak terlalu parah, ibu tetap bisa melahirkan secara normal. Selain itu, ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk meredakan wasir sebelum persalinan

Halodoc, Jakarta – Wasir adalah kondisi saat pembuluh darah bengkak di area dubur dengan ukuran relatif mulai dari sekecil kacang sampai sebesar biji anggur. Pembuluh darah yang bengkak ini bisa menyebabkan rasa sakit dan juga perdarahan.

Siapa saja bisa mengalami wasir, tetapi wanita hamil berisiko lebih tinggi. Menurut Office on Women’s Health (OWH), hingga 50 persen wanita hamil mengalami wasir. Kondisi kesehatan tersebut biasanya terjadi selama trimester ketiga. Wasir tentu saja memberikan kekhawatiran tersendiri bagi ibu hamil yang ingin melahirkan normal. Bisakah ibu hamil yang mengidap wasir melahirkan normal? Cari tahu jawabannya di sini.

Baca juga: Gejala dari Penyakit Wasir yang Sering Diabaikan

Penyebab Wasir Selama Kehamilan

Kondisi hamil membuat rahim terus berkembang dan menekan pembuluh darah pada pelvis. Belum lagi peningkatan hormon progesteron yang melemaskan pembuluh darah dan memungkinkan pembuluh darah lebih gampang membengkak. Progesteron juga berkontribusi terhadap konstipasi dan memperlambat kerja usus sehingga kombinasi ini semua menyebabkan wasir di saat hamil. 

Beberapa ibu hamil juga memiliki wasir di masa sebelum kehamilan karena memang sudah memiliki masalah pencernaan. Bila ibu memiliki wasir sebelum kehamilan, kemungkinan besar ibu akan mengalaminya juga selama kehamilan. Kondisi kesehatan ini juga bisa berkembang setelah melahirkan akibat mengejan selama persalinan.

Bisakah Wanita yang Memiliki Wasir Melahirkan Normal?

Apakah wanita dengan wasir bisa melahirkan normal ini tergantung derajat wasir yang dimiliki. Kalau wasir yang dimiliki tidak terlalu parah bisa jadi ibu dapat melahirkan normal tanpa adanya kendala. Namun, jika kondisi wasir memang sudah parah, biasanya dokter memberikan pilihan untuk melahirkan lewat cara Caesar. Tak jarang juga ada ibu hamil yang tetap melahirkan dengan normal, tetapi setelah kelahiran baru menjalani operasi pemotongan wasir.

Untuk pilihan yang akan dijalani semuanya, tergantung dengan kesiapan dari ibu dan tentunya setelah mendapat saran medis dari dokter. 

Baca juga: Yang Harus Diketahui Jika Melakukan Persalinan Normal

Cara Mengatasi Wasir Selama Kehamilan

Ketika mengetahui kondisi wasir yang dialami ibu hamil, pastinya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar bengkak pada wasir. Bagaimanapun perawatan mulai dari pola makan dan jenis aktivitas yang dilakukan dapat menjadi pemicu perkembangan wasir. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meringankan wasir: 

  • Mengompres dengan Handuk Dingin

Salah satu cara meringankan wasir di saat hamil adalah mengompres wasir dengan handuk dingin. Biasanya ini dilakukan 3–5 kali selama 7 menit untuk hasil yang efektif.

  • Berendam di Air Hangat

Ternyata selain teknik mengompres dengan handuk dingin, salah satu cara lain untuk meringankan wasir adalah dengan berendam di air hangat. Supaya tidak terlalu ekstrem, karena peningkatan suhu dapat memengaruhi kondisi kehamilan, ibu bisa saja hanya merendamkan area bokong. Air hangat juga bisa berfungsi mengempiskan pembuluh darah yang bengkak, mengurangi peradangan, dan menghilangkan bakteri yang tumbuh di area anus.

  • Hindari Duduk dalam Jangka Waktu Lama

Duduk dapat memberikan penekanan terhadap area anus sehingga menyebabkan pertambahan bengkak pada pembuluh darah. Maka dari itu, usahakan untuk beranjak dari bangku setiap beberapa jam sekali supaya tidak ada pertambahan bengkak dan peredaran darah mengalir lancar di area bokong terutama anus.

  • Tambahkan Asupan Serat dalam Makanan

Ibu hamil memang membutuhkan asupan serat apalagi dengan kondisi wasir, justru membutuhkan asupan serta lebih banyak lagi. Kebutuhan air putih dan cairan juga tidak boleh diluputkan. Hindari juga mengejan terlalu kencang saat buang air besar supaya pembuluh darah di area anus tidak semakin membesar.

  • Latihan Kegel

Cara lainnya mengobati wasir di saat hamil adalah dengan melakukan latihan kegel. Cara ini termasuk yang efektif dan simple untuk dilakukan karena ibu hamil bisa menerapkannya di mana dan kapan saja, bahkan pada situasi yang tidak terbatasi. Selain mengencangkan otot dubur, latihan kegel juga efektif melatih otot-otot Miss V.

Baca juga: 4 Salep untuk Mengobati Ambeien yang Dapat Dicoba

Bila pengobatan rumahan di atas tidak membantu meredakan wasir atau bila ibu mengalami rasa sakit yang parah dan perdarahan dari dubur, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan medis. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk buat janji berobat dengan dokter di rumah sakit pilihan ibu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap selama masa kehamilan. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Honor Health. Diakses pada 2021. Dealing with hemorrhoids during pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2021. Pregnancy Hemorrhoids: What You Need to Know.