09 August 2018

Wanita Perlu Tahu 7 Tanda Awal Kanker Serviks

Kanker serviks, tanda awal kanker serviks, gejala awal kanker serviks, gejala kanker seviks

Halodoc, Jakarta – Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker serviks dialami oleh lebih dari satu juta kaum Hawa di dunia. Bahkan di Indonesia, kanker serviks menempati urutan kasus kanker tertinggi dengan jumlah hampir 15.000 kasus setiap tahunnya.

Baca juga: Perlukah Pemeriksaan Kanker Serviks Sebelum Menikah?

Sayangnya, agak sulit untuk mengetahui dan mengenali tanda kanker serviks, terutama di awal-awal kemunculannya. Meski begitu, berikut ini tujuh tanda awal kanker serviks yang perlu diwaspadai.

1. Keluar Darah dari Miss V

Keluarnya darah dari Miss V identik dengan menstruasi. Tapi, jika darah ini keluar di luar periode menstruasi, kamu perlu waspada. Sebab bisa jadi, keluarnya darah dari Miss V (terlebih setelah berhubungan intim) merupakan gejala awal kanker serviks. 

2. Keputihan Tidak Normal

Keputihan adalah cairan dan sel yang keluar dari Miss V, biasanya berwarna bening dan tidak berbau. Ini adalah hal normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, kamu perlu waspada jika keputihan yang keluar sangat banyak, berbau, serta mengalami perubahan warna dan tekstur. Ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, termasuk menjadi tanda awal kanker serviks.

3. Mudah Lelah

Ini adalah tanda awal kanker serviks yang umum. Kelelahan bisa terjadi akibat perdarahan yang tidak normal pada Miss V, sehingga tubuh kekurangan sel darah merah dan membuat kamu cepat lelah. Rasa lelah ini biasanya berlangsung lama dan tidak hilang meskipun kamu sudah istirahat cukup.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Kondisi ini terjadi karena sel kanker yang tumbuh telah menyebar hingga ke kandung kemih. Untuk memastikan, kamu perlu berbicara dengan dokter guna mengetahui penyebab pastinya. Sebab mungkin saja, peningkatan frekuensi buang air kecil (BAK) disebabkan oleh gangguan kesehatan lain, seperti infeksi saluran kemih (ISK). Tanda awal lain yang perlu diwaspadai adalah keluarnya urine yang bercampur dengan darah (hematuria).

5. Mengalami Sembelit

Meski sembelit adalah gangguan kesehatan umum, kamu perlu waspada, terlebih jika sembelit terjadi dalam waktu lama dan disertai gejala fisik lain. Sebab, sembelit atau konstipasi bisa menjadi tanda awal kanker serviks, terutama jika kanker telah menyebar hingga ke usus besar. Ini karena benjolan kanker bisa menekan usus dan membuat kamu sulit buang air besar (BAB).

6. Nyeri Panggul dan Pembengkakan Tungkai

Nyeri panggul umumnya terjadi setelah kamu berhubungan intim dengan pasangan. Sedangkan, pembengkakan tungkai terjadi ketika sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat sirkulasi ke tungkai. Dampaknya, cairan akan tertimbun dan menyebabkan pembengkakan pada tungkai.

7. Keluar Urin dan Feses dari Miss V

Pada stadium lanjut, kanker serviks bisa menyebabkan kebocoran urine atau feses. Dampaknya, urine dan feses justru keluar melalui Miss V. Ini terjadi akibat terbentuknya fistula (saluran kecil) antara Miss V dan saluran kemih, atau fistula ani antara Miss V dan anus, sehingga urine dan feses bisa melalui Miss V.

Itulah tujuh tanda awal kanker serviks yang perlu diwaspadai. Kalau kamu mengalami satu atau beberapa tanda di atas, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc untuk mengetahui penyebab pastinya. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter yang tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!