• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wanita yang Stres Lebih Rentan Alami Psoriasis

Wanita yang Stres Lebih Rentan Alami Psoriasis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Stres yang berlebihan dapat memberi dampak buruk bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Salah satu bagian tubuh yang dapat terpengaruh oleh perasaan stres adalah kulit. Bagian terluar dari tubuh ini memiliki peningkatan risiko psoriasis saat stres tidak diatasi dengan baik. Karena itu, kamu dapat mengalami kulit kering, pecah-pecah, bahkan tumbuh sisik. Berikut pembahasan lebih lengkapnya!

Stres Berhubungan Erat dengan Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan seseorang mengalami bercak merah dan timbulnya sisik pada kulit. Meskipun penyakit ini memengaruhi kulit, tetapi psoriasis sebenarnya terjadi karena pengaruh pada sistem kekebalan. Hal ini berasal dari sel T, yang merupakan jenis sel darah putih dan berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Saat mengalami kekeliruan, sel ini dapat menyerang bagian tubuh sendiri yang menyebabkan psoriasis.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Psoriasis yang Perlu Diketahui

Biasanya penyakit ini dapat muncul pada beberapa area tubuh, seperti siku, lutut, kulit kepala, dan punggung bawah. Walau begitu, semua bagian tubuh tetap memiliki risiko untuk terserang psoriasis. Kebanyakan orang yang mengidap penyakit ini hanya mengalami bercak kecil di kulitnya. Namun, pada kasus yang jarang, dampak buruk pada kulit yang mungkin terjadi berupa gatal atau perih.

Lalu, apa hubungannya psoriasis dengan stres?

Memang sejauh ini belum benar-benar dipahami jika stres yang terjadi dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit kulit tersebut. Meski begitu, hal ini umumnya dihubungkan dengan penyakit autoimun yang dapat dipicu oleh stres. Dampaknya, sistem kekebalan tubuh menjadi tidak normal sehingga menyerang bagian tubuh sendiri. Beberapa penelitian terbaru juga menyatakan hal yang sama terkait hal ini.

Selain itu, seseorang dengan penyakit ini kerap malu dan tidak nyaman untuk memperlihatkan area kulit yang terserang kondisi tersebut. Hal ini juga dapat membuat pengidapnya bertambah stres yang akhirnya penyakit tersebut tidak kunjung sembuh. Pengidapnya kerap menggunakan pakaian yang dapat menutup area gatal tersebut, sehingga peningkatan stres emosional dapat terjadi.

Seseorang yang mengidap psoriasis dapat dengan mudah memicu penyakit ini saat merasakan stres dan akan lebih membaik ketika rileks. Bahkan, komplikasi yang parah terkait penyakit kulit tersebut dapat timbul apabila stres yang terjadi dibiarkan begitu saja tanpa penanganan. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti yoga dan meditasi, agar stres yang dirasakan dapat berkurang.

Jika kamu masih ingin tahu lebih jauh terkait hubungan antara stres dengan psoriasis, dokter dari Halodoc dapat memberikan jawaban yang tepat atas keingintahuan terkait penyakit ini. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat langsung berinteraksi dengan ahli medis pilihan. Mari unduh aplikasinya sekarang!

Baca juga: Kenali Gejala dan Penyebab Psoriasis yang Bisa Menyebar ke Seluruh Tubuh

Cara Mengelola Stres untuk Cegah Psoriasis

Saat kamu tahu jika stres dan psoriasis berhubungan erat, ada baiknya untuk meredam perasaan tertekan tersebut. Dengan mengetahui beberapa cara yang efektif untuk mengatasi perasaan stres, diharapkan penyakit kulit tersebut dapat benar-benar dihindari. Berikut beberapa cara untuk mengelola perasaan stres yang timbul:

1. Berolahraga

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar stres dapat lebih baik adalah dengan rutin berolahraga. Hal ini dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu bahan kimia yang dapat meningkatkan suasana hati agar menjadi lebih baik. Cara ini juga dipercaya dapat mengurangi rasa cemas penyebab stres dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Maka dari itu, cobalah untuk tetap berolahraga rutin setiap harinya.

2. Meditasi

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres agar psoriasis tidak menyerang adalah dengan meditasi. Hal ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks yang memberi manfaat pada pikiran agar lebih tenang. Kamu dapat melakukan meditasi setiap harinya selama 15 menit agar pikiran menjadi lebih baik, sehingga penyakit kulit tersebut dapat dicegah.

Baca juga: Ini 8 Jenis Psoriasis yang Harus Diwaspadai

Berikut adalah pembahasan mengenai psoriasis yang dapat terjadi akibat perasaan stres yang berlebihan. Maka dari itu, pengelolaan stres sangat baik untuk dilakukan oleh semua orang agar penyakit kulit tersebut dapat hindari. Beberapa cara menyehatkan untuk mengelola stres, seperti olahraga dan meditasi, juga dapat dilakukan agar tubuh menjadi lebih baik.

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. Psoriasis.
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Psoriasis Triggers to Avoid.