• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Warna Ungu dalam Psikologi, Melambangkan Apa?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Warna Ungu dalam Psikologi, Melambangkan Apa?

Warna Ungu dalam Psikologi, Melambangkan Apa?

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 September 2022

“Setiap warna dinilai dapat melambangkan karakter atau kemampuan seseorang. Hal ini banyak dijelaskan dalam kajian psikologi warna.”

Warna Ungu dalam Psikologi, Melambangkan Apa?Warna Ungu dalam Psikologi, Melambangkan Apa?

Halodoc, Jakarta – Setiap individu pasti memiliki warna favorit. Faktanya, warna bisa menunjukkan psikologi seseorang, lho. Warna ungu, misalnya. Pada umumnya, warna ungu lebih bersifat feminim sehingga banyak disukai wanita. 

Ternyata ada sejarah historis dibalik lambang feminisme ini, lho. Pada 1916, Prancis memberikan hak pilih eksklusif pada para janda yang suaminya gugur di medan perang. Bermula dari sini, para pejuang hak pilih menggunakan warna ungu ketika melakukan aksi demonstrasi. Itu sebabnya, ungu kini dianggap lebih feminim dan menjadi simbol perjuangan wanita.

Lambang Warna Ungu dalam Psikologi

1. Kekayaan

Selain simbol perjuangan wanita, warna ungu juga bisa melambangkan royalti atau kekayaan. Hal ini bermula dari penggunaan warna ungu di zaman kuno yang amat langka. Saking langkanya, seluruh barang yang berwarna ungu bisa bernilai sangat mahal sehingga hanya bisa digunakan oleh kaum aristokrat saja. Asosiasi dengan kemewahan dan aristokrasi ini bertahan hingga hari ini

2. Kebijaksanaan dan Spiritualitas

Ungu juga mewakili kebijaksanaan dan spiritualitas Sifatnya yang langka dan misterius mungkin membuat warna yang satu ini berhubungan dengan hal-hal supranatural.

Nuansa ungu yang berbeda memiliki makna spiritual yang berbeda. Misalnya, ungu muda dikaitkan dengan energi romantis yang ringan, sedangkan warna yang lebih gelap mewakili kesedihan dan frustrasi. Di beberapa bagian Eropa, ungu dikaitkan dengan kematian dan duka.

3. Keberanian dan Keberanian

Di Amerika Serikat, purple hearts atau hati ungu adalah salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan dinas militer pada prajurit yang punya keberanian besar. Warna ungu ini melambangkan keberanian dan keberanian.

Penghargaan yang awalnya disebut sebagai Badge of Military Merit ini diciptakan pada tahun 1782 oleh George Washington untuk tentara yang telah melakukan tindakan terpuji. 

4. Kepribadian Artistik dan Bijaksana

Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, seseorang yang menyukai ungu dianggap memiliki perasaan positif. Mereka juga dinilai memiliki sisi artistik, bijaksana, dan intuitif. Mereka dianggap senang memikirkan masalah spiritual dan makna hidup. 

Seputar Kajian Psikologi Warna

Psikologi warna adalah bidang kajian psikologi tentang peran warna terhadap kepribadian dan kebiasaan seseorang. Bidang kajian ini masuk dalam pseudosains, yaitu konsep dan teori yang diungkapkan dengan bahasa teori ilmiah. Namun, teori tersebut tidak didukung oleh langkah-langkah kajian ilmiah yang benar.

Kesimpulannya, karakter seseorang tidak bisa diketahui melalui warna favoritnya saja. Walaupun seseorang menyukai warna ungu, belum tentu dirinya memiliki karakter yang telah disebutkan di atas. Sebab, setiap orang sangatlah unik, variatif, dan kompleks, sehingga rasanya terlalu sederhana jika hanya dijelaskan lewat warna favorit.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar psikologi, jangan ragu untuk menghubungi psikolog melalui aplikasi Halodoc. Mereka akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Verywell Mind. Diakses pada 2022. Purple Color Meaning and Psychology.
Psychologies. Diakses pada 2022. The psychology of colour: purple.