04 January 2019

Wasir Cuma Bisa Sembuh dengan Operasi, Benarkah?

Wasir Cuma Bisa Sembuh dengan Operasi, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Wasir alias ambeien merupakan jenis penyakit yang sering disepelekan, karena lokasi berkembangnya yang sering membuat seseorang abai dan baru menyadari setelah benjolan membesar dan mulai mengganggu.

Kalau sudah begitu, wasir biasanya akan membuat pengidapnya merasa kesulitan, terutama jika harus duduk dalam waktu yang lama. Ambeien yang sudah terlanjur parah mungkin membutuhkan tindakan medis berupa operasi untuk mengatasinya. Meski demikian, bukan berarti operasi menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi wasir.

Baca juga: Apakah Pengidap Wasir Harus Dioperasi?

Wasir adalah kondisi yang terjadi karena pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus mengalami pembengkakan dan peradangan. Hal ini menyebabkan terhambatnya aliran darah balik vena. Prosedur operasi untuk penyakit ini biasanya akan disarankan jika berbagai pengobatan wasir sudah dilakukan, tapi tidak bisa mengurangi gejala sama sekali. Dengan kata lain, tidak semua diagnosis wasir harus diatasi dengan cara operasi.

Pada dasarnya, wasir dibedakan menjadi dua jenis yang tergantung pada lokasi berkembangnya, yaitu wasir interna dan wasir eksterna. Perbedaan pada kedua jenis wasir ini adalah lokasi pembuluh darah yang mengalami pelebaran. Jika pembuluh darah yang meradang berlokasi di dalam bagian bokong, maka disebut sebagai wasir interna. Sebaliknya, saat pembengkakan terjadi pada pembuluh yang ada di bagian luar dinamakan wasir eksterna. Operasi wasir dilakukan jika sudah terdapat hemoroid eksternal yang besar atau pada hemoroid internal yang telah keluar dari dinding rektum ke anus.

Cara Mengatasi Wasir Tanpa Prosedur Operasi

Penyakit wasir sebenarnya juga dibagi ke dalam beberapa tingkatan yang tergantung tingkat keparahan dan kondisi dari benjolan wasir. Pada tingkat yang rendah, yaitu tingkat I dan II, biasanya wasir dapat diatasi dengan terapi obat.

Namun demikian, pemberian obat-obatan pada pengidap wasir sebenarnya hanya bersifat mengurangi gejala. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan sejumlah kebiasaan dan perawatan pada tubuh bagian belakang, terutama tempat berkembangnya wasir.

Baca juga: Kerja Kantoran Terlalu Lama Duduk, Waspada Ambeien

Selain dengan cara operasi, ada sejumlah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi wasir. Penyakit ini bisa terjadi karena faktor kebiasaan, seperti makan sembarangan dan menunda buang air besar. Padahal, kebiasaan itu sangat berbahaya dan dapat dengan cepat memicu terjadinya wasir. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi wasir?

  • Hindari Menahan Buang Air Besar

Sering menahan buang air besar (BAB) menjadi salah satu pemicu wasir. Pasalnya, orang yang terbiasa melakukan ini cenderung harus mengejan dengan keras, sehingga membuat wasir berisiko tumbuh. Maka dari itu, pastikan untuk segera pergi ke toilet saat merasa ingin BAB atau buatlah jadwal buang air besar, sehingga terhindar dari risiko sembelit atau gangguan pencernaan lain.

  • Menjaga Pola Makan Sehat

Banyak yang percaya bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan wasir. Tapi jangan khawatir, hal tersebut hanya mitos belaka. Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas memang bisa membuat seseorang mengalami sakit perut, bahkan diare, tapi bukan penyebab langsung wasir. Meski demikian, hal ini bisa berubah menjadi wasir jika diare terjadi secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya, batasilah jumlah konsumsi makanan pedas.

Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan. Sebab, makanan yang banyak mengandung serat dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut, serta membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar.

  • Olahraga

Mencegah wasir ternyata bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Sebab, berolahraga bisa membantu menjaga berat badan tetap seimbang. Karena kelebihan berat badan alias obesitas ternyata menjadi salah satu faktor pencetus dari wasir. Meski begitu, ada baiknya untuk menghindari jenis olahraga yang terlalu berat, seperti angkat beban.

Baca juga: Kelebihan Berat Badan Dapat Menyebabkan Wasir, Ini Penjelasannya

Cari tahu lebih lanjut seputar cara pengobatan wasir dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!