• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, 4 Bahaya Sering Konsumsi Minuman Boba

Waspada, 4 Bahaya Sering Konsumsi Minuman Boba

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Waspada, 4 Bahaya Sering Konsumsi Minuman Boba

“Minuman boba sering menjadi pilihan untuk melepas rasa haus atau sekadar dikonsumsi di saat senggang. Karena memiliki rasa yang lezat dan manis, minuman ini sering menjadi favorit. Namun, ternyata terlalu sering mengonsumsi boba bisa memicu gangguan kesehatan, termasuk gangguan kesehatan yang berbahaya.” 

Halodoc, Jakarta – Minuman boba dengan tambahan es batu sering menjadi pilihan untuk melepas dahaga. Memang, boba alias bubble tea saat ini masih menjadi tren minuman kekinian. Banyak orang yang menyukai jenis minuman ini, mungkin karena penampilannya yang menarik dan rasa lezat serta manis yang ditawarkan dalam segelas minuman. 

Tidak jarang, hal ini membuat seseorang bisa mengonsumsi minuman boba setiap hari. Padahal, berlebihan dalam mengonsumsi jenis minuman ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh, lho. Kok bisa? Hal itu terjadi karena kandungan dalam segelas minuman bubble tea ternyata bisa memicu dampak yang berbahaya. Biar lebih jelas, simak ulasannya di sini! 

Baca juga: Semakin Populer, Ini Batas Aman Konsumsi Boba

Dampak Kesehatan dari Konsumsi Minuman Boba

Seperti namanya, bubble tea pada dasarnya merupakan minuman yang terbuat dari teh. Namun jangan lupa, ada tambahan bola kenyal atau yang disebut boba dalam minuman ini. Bola-bola ini terbuat dari tapioka dan ternyata mengandung kalori tinggi. Nah, hal inilah yang membuat minuman boba bisa memicu dampak buruk pada kesehatan tubuh. 

Lantas, apa saja dampak kesehatan yang bisa muncul dari terlalu sering mengonsumsi bubble tea? 

  1. Obesitas 

Salah satu dampak yang bisa muncul dari sering mengonsumsi minuman boba adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Pasalnya, minuman ini umumnya disajikan dengan tambahan susu, sirup, krimer, perisa buatan, serta berbagai bentuk lain dari gula dan ditambahkan bola kenyal alias boba. Nah, bahan-bahan tambahan tersebut yang bisa menyumbang kenaikan berat badan. Dalam satu gelas minuman boba ukuran 500 ml, diduga mengandung hingga 500 kalori. Padahal, kebutuhan kalori harian orang dewasa hanya sekitar 1800-2000 kalori. 

Baca juga: 5 Jenis Minuman Tidak Sehat yang Bikin Berat Badan Naik

  1. Gangguan Pencernaan 

Kebanyakan mengonsumsi minuman boba bisa memicu gangguan pencernaan, yaitu sembelit. Pasalnya, bubble memiliki kandungan nutrisi yang rendah, terutama serat. Terlalu sering mengonsumsi boba bisa membuat tubuh tidak mendapat asupan serat yang cukup. Salah satu alasannya karena keinginan untuk makan biasanya menurun karena sudah terlalu kenyang. Kurangnya asupan serat dan nutrisi lain dari makanan sehat bisa meningkatkan risiko sembelit. 

  1. Gangguan Kesehatan Gigi dan Mulut 

Segelas bubble tea terbuat dari campuran teh, susu, dan gula. Belum lagi disajikan dingin. Bahan-bahan tambahan ini nyatanya bisa memicu terjadinya masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Salah satu gangguan yang bisa muncul karena terlalu sering mengonsumsi minuman boba adalah gigi berlubang. Kondisi ini bisa muncul karena gula dan bahan tambahan lain dalam minuman diubah menjadi zat asam oleh bakteri di mulut. Semakin lama, lapisan enamel gigi menjadi terkikis dan gigi jadi berlubang.

  1. Risiko Penyakit Lain 

Kandungan pemanis buatan, pengental, dan pengawet dalam minuman ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit lain. Zat-zat dalam bahan tersebut dinilai tidak baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Baca juga: Nekat Ikut Challenge Minum Boba 5 Liter, Ini Dampaknya

Untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan yang muncul, disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seimbang. Lengkapi juga dengan konsumsi multivitamin tambahan agar kebugaran terjaga. Kamu bisa membeli vitamin atau produk kesehatan lain dengan mudah di aplikasi Halodoc. Ada layanan antar yang akan membawa pesanan ke depan rumah. Download Halodoc di sini!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Is Bubble Tea Bad for You?
Healthline. Diakses pada 2021. What These 11 Drinks Do to Your Teeth?
Healthline. Diakses pada 2021. What Is the Nutritional Value of Boba?
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Boba Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits of Boba.