• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, 4 Makanan yang Menurunkan Kualitas Sperma

Waspada, 4 Makanan yang Menurunkan Kualitas Sperma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu dan pasangan sedang menjalankan program hamil? Berhati-hatilah terhadap beberapa makanan yang dikonsumsi karena dapat memengaruhi kualitas sperma. Untuk mendapatkan kehamilan, sperma yang masuk ke organ reproduksi wanita harus benar-benar prima sehingga mampu mencapai sel telur agar terjadi pembuahan. Namun, jika sperma lemah, maka di tengah jalan sudah tidak dapat melanjutkan perjalannya. Maka dari itu, sebagai pria, kamu harus tahu makanan apa saja yang dapat menurunkan kualitas sperma. Berikut ulasannya!

Makanan Penurun Kualitas Sperma yang Perlu Dihindari

Setiap pria harus tahu jika rata-rata jumlah sperma terus menurun selama 40 tahun terakhir. Banyak pria yang takut menghadapi kenyataan ini, terlebih lagi pada orang-orang yang sudah mempunyai rencana untuk memiliki keturunan. Hal yang harus kamu ketahui adalah pola makan memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk juga sperma yang dihasilkan.

Baca juga: Harus Tahu, Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

Maka dari itu, jika kamu dan pasangan memiliki rencana untuk memiliki bayi, penting untuk memperhatikan pola makan dan nutrisi yang masuk ke tubuh. Jika selama ini sulit untuk mendapatkan kehamilan, beberapa makanan yang dikonsumsi ternyata dapat menurunkan kualitas sperma pada pria. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari karena berdampak buruk pada tingkat kesuburan pria:

1. Daging Olahan

Makanan pertama yang dapat memperburuk kualitas sperma adalah daging olahan. Beberapa makanan yang termasuk daging olahan adalah hot dog, sosis, bacon, dan lainnya. Dibalik rasanya yang enak, ternyata makanan ini dapat menurunkan jumlah sperma dan menimbulkan perubahan kemampuan sperma untuk berenang mencapai sel telur. Memang belum jelas cara makanan ini dapat memengaruhi sperma, tetapi yang pasti adalah dampak negatif yang timbul.

2. Lemak Trans

Banyak penelitian yang menyebut jika makanan yang kaya akan kandungan lemak trans bukan hanya dapat meningkatkan risiko jantung, tetapi juga menurunkan jumlah sperma. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan ini adalah makanan yang digoreng atau dipanggang, seperti donat, kue, dan biskuit. Kamu dapat mengetahui makanan mengandung lemak trans dengan membaca daftar bahan jika terdapat tulisan "hidrogenasi parsial".

Baca juga: Benarkah Tomat Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma?

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait makanan yang dapat menurunkan kualitas sperma yang dihasilkan, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran sesuai dengan pengalamannya. Caranya mudah, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan akses kesehatan tanpa perlu ke luar rumah!

3. Susu dan Produk Susu Penuh Lemak

Jika kamu menyukai susu dengan lemak dan keju, ada baiknya untuk mulai mengubah kebiasaan tersebut. Pasalnya, produk susu yang penuh lemak diketahui mengandung estrogen yang berasal dari hewan. Steroid yang diberikan pada sapi untuk meningkatkan produksi susu dapat membuat kualitas sperma pada pria menjadi lemah. Maka dari itu, ada baiknya untuk beralih ke susu almond atau susu alternatif rendah lemak.

4. Makanan Kaya Gula

Makanan lainnya yang dapat memengaruhi kualitas sperma jika kaya akan kandungan gula. Saat gula masuk ke tubuh, hormon insulin diproduksi untuk memproses kandungan tersebut. Faktanya, peningkatan kadar insulin pada tubuh sejalan dengan penurunan kadar testosteron. Maka dari itu, sperma yang dihasilkan menjadi lebih lemah dari biasanya. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengurangi asupan gula jika ingin mendapatkan kehamilan.

Baca juga: Mau Tahu Ciri-Ciri Air Mani yang Sehat?

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari jika kamu ingin menjaga kualitas sperma tetap prima agar mampu mendapatkan kehamilan. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga direkomendasikan untuk berolahraga secara teratur dan menjaga tingkat stres tetap normal. Bukan hanya kualitas sperma yang meningkat, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Referensi:
U Chicago Medicine. Diakses pada 2020. Don't make the mistake of letting a diet kill sperm.
Times of India. Diakses pada 2020. 3 sperm-killing food items that men should strictly avoid.