• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Ini 7 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Diabaikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada, Ini 7 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Diabaikan

Waspada, Ini 7 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Diabaikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 September 2022

“Kanker ovarium adalah pembentukan sel abnormal di jaringan ovarium atau indung telur. Gejala yang umumnya tidak disadari meliputi perut kembung, cepat kenyang, sakit perut, sembelit dan perubahan siklus menstruasi.”

Waspada, Ini 7 Gejala Kanker Ovarium yang Sering DiabaikanWaspada, Ini 7 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Kanker ovarium adalah sel abnormal yang terbentuk di jaringan ovarium (indung telur). Kondisi ini dipicu oleh perubahan atau mutasi DNA yang tumbuh secara tidak terkendali.

Di tahap awal kemunculannya, perkembangan sel abnormal tidak menunjukkan gejala berarti. Karena itu, pengidap cenderung tidak menyadari keberadaan penyakit sampai kondisinya berangsur semakin parah.

Gejala awalnya sering dikaitkan dengan penyakit sindrom iritasi usus dan infeksi saluran kemih. Beberapa di antaranya perut kembung, cepat kenyang, pembengkakan perut, nyeri saat bersenggama, keluar darah dari vagina dan perubahan siklus menstruasi.

Gejala Kanker Ovarium yang Tak Disadari

1. Kembung

Kembung biasanya dipicu oleh susu, apel, kacang-kacangan, brokoli, kembang kol, bawang, minuman bersoda dan alkohol. Jika kembung masih dirasakan setelah menghindari makanan dan minuman tersebut, ini bisa jadi gejala dari kanker ovarium.

Rasa kembung seperti begah atau sedang hamil, sehingga perut terlihat membengkak. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam perut sehingga terjadi perubahan aliran darah. 

Sementara pada pengidap kanker, gejala perut kembung terjadi karena sel kanker mengambang di perut. Dengan begitu, kanker bisa bebas berpindah ke bagian perut mana saja melalui cairan di dalamnya. 

2. Sakit Perut atau Panggul

Sebanyak 39 persen wanita dengan kanker ovarium mengeluhkan gejala sakit perut. Intensitas gejalanya bisa bervariasi dari pengidap satu dan lainnya. Rasanya seolah-olah seperti kram menstruasi atau diperas dari dalam.

Saat sel kanker tumbuh semakin membesar, bagian perut yang lain akan terasa seperti tertekan. Beberapa bagian perut yang terdampak termasuk kandung kemih, rektum, usus dan tulang belakang.

3. Perubahan Pola BAB dan BAK

Sekitar 20 persen pengidap kanker ovarium mengalami perubahan pola buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK). Mereka mengalami peningkatan frekuensi dan perubahan tekstur pada urine atau feses.

Tak hanya itu, saat berkemih, pengidap juga merasakan sensasi rasa terbakar atau panas. Gejala lainnya ditandai dengan kandung kemih yang terasa masih penuh setelah buang air kecil.

4. Sakit Punggung

Jika terasa sakit punggung, pengidap bisa mengatasinya dengan langkah sederhana. Beberapa di antaranya melakukan peregangan otot, ubah posisi tubuh, kompres dengan air hangat dan minum obat pereda nyeri.

Jika tak kunjung membaik, sakit punggung bisa jadi indikasi kanker ovarium akibat perubahan sel yang kian membesar. Sel ini kemudian menekan jaringan yang berdampak pada nyeri di area punggung.

5. Perubahan Nafsu Makan

Rasa kenyang muncul meskipun hanya makan dalam porsi sedikit. Kondisi ini yang menyebabkan perubahan nafsu makan, bahkan kehilangan selera makan. Dampaknya, tubuh pengidap terlihat kurus akibat kekurangan nutrisi.

6. Perubahan Siklus Menstruasi

Gejala kanker ovarium ditandai dengan menstruasi yang tidak lancar, keluarnya volume darah lebih banyak dari biasanya, bercak atau perdarahan di luar siklus dan keputihan dengan bau serta tekstur yang tak biasa.

7. Sakit saat Berhubungan Seksual

Indikasi kanker ovarium bisa terlihat dari kekeringan vagina, endometriosis (endometrium tumbuh di luar dinding rahim), vaginismus (otot di sekitar vagina mengencang dengan sendirinya saat penetrasi) dan peradangan.

Jika kondisi ini terjadi, disarankan untuk segera membuat janji medis untuk melakukan proses pemeriksaan. Gejala yang dibiarkan lambat laun berkembang semakin parah sehingga proses pengobatan jadi sulit dilakukan.

Itulah beberapa gejala kanker ovarium yang kerap tak disadari oleh pengidapnya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain seputar kesehatan dengan mendownload Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Ovarian Cancer Symptoms: 7 Warning Signs That Are Often Overlooked.
Medical News Today. Diakses pada 2022. 6 silent signs of ovarian cancer: Missed or mistaken symptoms.
The Guardian. Diakses pada 2022. Ovarian cancer symptoms are being ignored, UK charity warns.