Waspada, Ini Cara Penularan Penyakit Konjungtivitis

Waspada, Ini Cara Penularan Penyakit Konjungtivitis

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai kondisi yang dapat mengganggu kesehatan mata, salah satunya adalah konjungtivitis. Kondisi ini merupakan peradangan pada jaringan yang menutupi bagian depan mata dan melapisi bagian dalam kelopak mata.

Infeksi virus dan bakteri diketahui menjadi penyebab utama dari penyakit ini. Namun, masih ada penyebab konjungtivitis yang lain, seperti alergi pada debu, iritasi akibat penggunaan kontak lensa, kotoran yang masuk pada mata, asap dan penggunaan kolam renang yang menggunakan klorin.

Gejala Konjungtivitis

Sebaiknya ketahui gejala-gejala yang muncul akibat adanya penyakit konjungtivitis, yaitu mata memerah dan berair yang disertai dengan rasa gatal.

Ciri lainnya terdapat belek atau kotoran mata yang menjadi kerak pada bulu mata jika tidak segera dibersihkan. Gangguan penglihatan seperti penglihatan yang menjadi kabur dan mata yang lebih sensitif terhadap cahaya menjadi gejala dari penyakit konjungtivitis.

Baca juga: Ketahui Penanganan Konjungtivitis Penyebab Mata Merah

Bagaimana Penularan Konjungtivitis?

Konjungtivitis yang terjadi akibat adanya virus dan bakteri sehingga mudah menular. Biasanya, kondisi konjungtivitis disebabkan oleh virus yang biasa disebut dengan adenovirus. Lalu bagaimana kondisi konjungtivitis ini bisa menular?

Perlu diingat, tatapan mata tidak bisa menularkan konjungtivitis. Penyakit konjungtivitis bisa menyebar melalui tangan sendiri. Biasanya jika mata gatal, secara langsung tangan akan menggosok atau mengucek mata. Kegiatan ini yang membuat tangan terpapar virus atau bakteri adenovirus.

Ketika tangan terpapar virus atau bakteri yang menjadi penyebab konjungtivitis dan menyentuh mata yang sehat, maka tidak menutup kemungkinan mata yang sehat akan tertular penyakit konjungtivitis.

Perlu diingat, penularan penyakit konjungtivitis bukan berasal dari tatapan mata. Hal ini dikatakan oleh Dr. Jill Swartz yang merupakan dokter di GoHealth Urgent Care, pengidap sakit mata yang menyentuh matanya sendiri kemudian bersentuhan dengan orang lain membantu perpindahan virus atau bakteri menuju orang lain.

Pencegahan Konjungtivitis

Namun jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit konjungtivitis atau penularan penyakit konjungtivitis, seperti:

  1. Rajin mencuci tangan menjadi salah satu cara yang paling efektif mencegah penularan penyakit konjungtivitis.

  2. Sebaiknya kurangi kebiasaan menyentuh wajah karena virus ini bisa masuk melalui mata, hidung ataupun mulut. Terlalu sering menyentuh wajah nyatanya juga kurang baik karena akan berdampak buruk pada kesehatan kulit wajah.

  3. Kurangi penggunaan lensa kontak. Terlalu sering menggunakan lensa kontak nyatanya dapat menyebabkan iritasi pada mata. Jika memungkinkan sebaiknya gunakan kacamata.

  4. Bagi wanita, sebaiknya hindari penggunaan kosmetik yang berhubungan dengan mata secara bersamaan. Seperti pensil mata atau maskara.

  5. Tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata renang ketika kamu berenang di kolam renang umum.

Tidak ada salahnya menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi untuk kesehatan mata. Jika kamu memiliki masalah pada kesehatan mata tidak ada salahnya untuk gunakan aplikasi Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit konjungtivitis. Yuk, download sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Ketahui 7 Upaya Pencegahan agar Terhindar dari Konjungtivitis