Waspada, Inilah Penyebab Tumor Jantung

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Waspada, Inilah Penyebab Tumor Jantung

Halodoc, Jakarta – Ketika memasuki usia lanjut, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap kesehatan. Seiring bertambahnya usia, tentu kondisi organ tubuh maupun bagian tubuh yang lain juga mengalami pertambahan usia. Kondisi ini yang perlu diperhatikan agar kamu terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang.

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Tumor dan Kanker

Salah satunya adalah penyakit tumor jantung. Penyakit ini rentan dialami oleh seseorang yang sudah memasuki usia yang cukup lanjut. Meskipun begitu, usia muda bukan jaminan kamu terhindar dari penyakit tumor jantung.

Lalu, apa sebenarnya tumor jantung? Penyakit ini merupakan kondisi adanya pertumbuhan abnormal pada bagian jantung maupun katup jantung. Ada berbagai jenis tumor jantung yang dapat menyerang. Tumor dapat bersifat kanker atau ganas dan tumor yang bersifat jinak atau non kanker.

Tumor yang mulai tumbuh pada jantung dan tidak berpindah disebut sebagai tumor primer. Sedangkan tumor jantung yang awalnya berada pada organ tubuh lain kemudian bergeser dan pindah pada jantung disebut sebagai tumor sekunder.

Apakah Tumor Jantung Menyebabkan Gejala Tertentu?

Kondisi tumor jantung tidak menyebabkan gejala pada awal penyakit ini muncul. Biasanya, seseorang mengetahui dirinya mengalami tumor jantung ketika melakukan pemeriksaan kesehatan yang lain.

Adanya tumor jantung menyebabkan gangguan pada aliran darah karena adanya tekanan. Kondisi ini menyebabkan sesak napas, pusing, dan batuk karena adanya gangguan pada aliran darah.

Penyebab Tumor Jantung

Ada banyak penyebab seseorang mengalami kondisi tumor jantung, salah satu pertumbuhan tumor disebabkan karena pertumbuhan sel yang berlebih pada jantung atau pada bagian organ tubuh yang lainnya sehingga menyebabkan perpindahan sel tumor menuju jantung. Seseorang yang memiliki tumor pada bagian organ tubuh yang lain seperti melanoma, kanker payudara atau kanker paru-paru rentan mengalami tumor jantung.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang memiliki riwayat keluarga pernah mengalami tumor jantung sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih detail pada jantung karena kamu lebih rentan mengalami tumor jantung.

Tumor jantung juga dapat disebabkan karena adanya penyakit lain seperti NAME syndrome, LAMB syndrome, atau Carney syndrome.

Pengobatan dan Pencegahan Tumor Jantung

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi tumor jantung pada bagian tubuh. Kamu bisa melakukan beberapa pemeriksaan, seperti ekokardiogram, CT Scan, pemeriksaan MRI atau radionuclide imaging.

Setelah kondisi kesehatan dipastikan, kamu bisa melakukan beberapa pengobatan untuk mengurangi gejala atau menghilangkan kondisi tumor jantung yang dialami, dengan cara operasi pengangkatan tumor. Operasi pengangkatan tumor membantu untuk kembali melancarkan aliran darah yang terganggu.

Namun, biasanya dokter memutuskan untuk melakukan tindakan operasi atau tidak sesuai dengan ukuran tumor yang muncul pada bagian jantung pengidap dan dampak setelah tindakan operasi bagi pasien. Setelah tindakan pembedahan atau operasi, jangan lupa rutin melakukan pemeriksaan ekokardiogram tiap tahunnya untuk mencegah tumor jantung kembali.

Jangan lupa untuk meminta dukungan dari keluarga maupun orang terdekat. Tingkat depresi yang cukup tinggi dapat menghambat pengobatan yang sedang dilakukan. Jangan ragu untuk melakukan penanganan jika kamu merasa penyakit tumor jantung yang semakin parah.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: 5 Penyakit yang Mudah Diketahui dengan MRI