• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Jika Rasakan Sakit Tulang Belakang Seperti Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Jika Rasakan Sakit Tulang Belakang Seperti Ini

Waspada Jika Rasakan Sakit Tulang Belakang Seperti Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Agustus 2022

“Sebaiknya jangan abaikan sakit tulang belakang yang disertai dengan beberapa gejala, seperti kesulitan mengontrol BAK hingga menyebabkan kesemutan pada salah satu bagian tubuh lainnya.”

Waspada Jika Rasakan Sakit Tulang Belakang Seperti IniWaspada Jika Rasakan Sakit Tulang Belakang Seperti Ini

Halodoc, Jakarta – Jangan sepelekan sakit tulang belakang yang sudah dialami cukup lama. Kondisi ini bisa menjadi salah satu alasan seseorang melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Selain rasa sakitnya yang tidak nyaman, sakit tulang belakang yang diabaikan dapat menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari.

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami sakit tulang belakang. Namun, sebaiknya waspada terhadap tanda-tanda sakit tulang belakang yang memerlukan tindakan dokter dan tidak boleh diabaikan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Waspada Gejala Sakit Tulang Belakang

Memasuki usia 20 hingga 30 tahun, sakit tulang belakang menjadi salah satu keluhan kesehatan yang sangat rentan dialami. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kebiasaan terlalu lama duduk, kurang berolahraga, hingga melakukan gerak berulang atau berlebihan pada area punggung.

Sekitar 80 persen orang dewasa kerap mengalami keluhan ini. Jika sakit tulang belakang dapat diatasi dengan beristirahat tentu hal ini bukanlah suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika sakit tulang belakang yang kamu alami disertai dengan beberapa gejala ini sebaiknya waspada dan segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit.

1. Berlangsung Lebih dari Satu Minggu

Sakit tulang belakang yang ringan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, jika kamu mengalami sakit tulang belakang selama beberapa hari dan lebih dari satu minggu, ini menjadi tanda kamu perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab keluhan kesehatan yang kamu alami.

2. Rasa Nyeri Menyebar ke Bagian Tubuh Lainnya

Jangan abaikan sakit pada tulang belakang yang menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya, seperti kaki. Hal ini membutuhkan pemeriksaan lebih dini untuk mencegah penyebaran gangguan kesehatan pada bagian tubuh yang lain.

3. Kamu Mengalami Kesemutan

Sakit tulang belakang yang disertai dengan rasa kesemutan dan salah satu bagian tubuh menjadi lemah menjadi gejala yang tidak boleh diabaikan. Ini bisa menjadi salah satu tanda gangguan pada saraf. Pemeriksaan dini membuat pengobatan dan perawatan akan lebih mudah dilakukan.

4. Sakit Tulang Belakang Setelah Kecelakaan

Jangan abaikan sakit tulang belakang yang terjadi setelah kamu mengalami kecelakaan, baik kecelakaan kecil maupun besar. Kondisi ini bisa terjadi akibat patah tulang atau cedera yang terjadi akibat kecelakaan. Segera lakukan pemeriksaan untuk menghindari gangguan kesehatan yang lebih buruk.

5. Nyeri yang Sangat Menusuk

Segera lakukan pemeriksaan jika sakit tulang belakang yang kamu alami terasa sangat menusuk dan terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, jangan sepelekan juga sakit tulang belakang yang semakin memburuk setiap harinya.

6. Mengalami Gangguan Saat Buang Air Kecil dan Besar

Sakit tulang belakang yang disertai dengan ketidakmampuan untuk mengontrol buang air kecil atau besar menjadi tanda yang tidak boleh disepelekan. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan yang dialami.

7. Mengalami Penurunan Berat Badan

Jika kamu mengalami sakit tulang belakang yang disertai dengan penurunan berat badan tanpa olahraga dan diet sehat yang baik, sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya infeksi atau tumor pada bagian belakang.

Itulah beberapa tanda sakit tulang belakang yang tidak boleh diabaikan. Segera buat janji pemeriksaan di rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab sakit tulang belakang yang kamu alami. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
UT Southwestern. Diakses pada 2022. 5 Signs Your Back Pain Might be an Emergency.
University of Maryland Medical System. Diakses pada 2022. 8 Signs That it’s Time to Call a Doctor for Your Back Pain.