• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Kerusakan Mata Akibat Ramsay Hunt Syndrome Berulang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Kerusakan Mata Akibat Ramsay Hunt Syndrome Berulang

Waspada Kerusakan Mata Akibat Ramsay Hunt Syndrome Berulang

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 September 2022

“Justin Bieber kembali menunda tur dunia untuk mengoptimalkan pemulihan pasca mengalami Ramsay Hunt Syndrome. Pasalnya, jika tidak diatasi, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada matanya.”

Waspada Kerusakan Mata Akibat Ramsay Hunt Syndrome BerulangWaspada Kerusakan Mata Akibat Ramsay Hunt Syndrome Berulang

Halodoc, Jakarta – Justin Bieber kembali menunda rangkaian tur dunia di beberapa negara akibat penyakit Ramsay Hunt Syndrome yang dialaminya. Ia mengaku merasakan kelelahan setelah menjalani tur di negara Brazil. Hal ini membuat Justin memutuskan untuk beristirahat dan memulihkan kesehatannya pasca mengalami kelumpuhan pada wajahnya akibat penyakit yang ia idap. 

Ia mengatakan jika tetap melakukan serangkaian tur dunia, maka ini berisiko menyebabkan kesehatannya semakin memburuk. Penyakit ini memang dikenal sebagai penyakit yang dapat memicu komplikasi pada kesehatan, salah satunya kerusakan mata. Yuk, simak lebih banyak ulasan mengenai dampak akibat Ramsay Hunt Syndrome yang berulang berikut ini!

Ramsay Hunt Syndrome Dapat Memicu Kerusakan Mata

Ramsay Hunt Syndrome dikenal juga sebagai herpes zoster oticus. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang serupa dengan penyakit cacar air, yaitu virus Varicella-zoster. 

Saat penyakit cacar air sembuh, virus akan terus berada dalam tubuh, tetapi dalam kondisi yang tidak aktif. Ketika virus kembali aktif, hal ini dapat menyebabkan penyakit herpes zoster dan berisiko menyebabkan infeksi pada bagian saraf di dekat telinga. Jika saraf bagian telinga terpapar virus, kondisi ini yang menyebabkan seseorang mengalami Ramsay Hunt Syndrome.

Ada dua gejala utama yang akan dialami oleh pengidapnya, yaitu ruam kemerahan yang memicu luka lepuh di sekitar telinga hingga kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi telinga yang mengalami gangguan.

Selain itu ada tanda lain yang menjadi gejala penyakit ini, seperti telinga yang nyeri, gangguan pendengaran, kesulitan menggerakan atau menutup mata, vertigo, hingga mulut kering.

Tentunya, pengidap penyakit ini perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika diabaikan, penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk, salah satunya adalah kerusakan mata.

Kerusakan mata dapat dialami oleh pengidapnya akibat kesulitan menutup dan menggerakan kelopak mata. Jika kondisi ini terjadi berulang dalam waktu yang cukup lama, kornea yang melindungi mata dapat mengalami kerusakan. Tentunya kerusakan yang terjadi memicu gangguan penglihatan.

Selain kerusakan mata, penyakit ini juga dapat memicu komplikasi lainnya pada kesehatan, seperti neuralgia pasca herpetik. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang menyakitkan akibat kerusakan serabut saraf yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga dapat berbahaya bagi kelompok dengan gangguan imun tubuh atau autoimun.

Waktu Pemulihan Ramsay Hunt Syndrome

Menunda serangkaian tur dunia menjadi langkah yang dipilih Justin Bieber untuk memulihkan kondisi kesehatannya. Lalu, berapa lama pemulihan penyakit ini berlangsung? Waktu pemulihan yang dibutuhkan berbeda-beda oleh setiap pengidap. Hal ini disesuaikan dengan tingkat keparahan kelumpuhan wajah yang dialami.

Jika kerusakan saraf yang terjadi tidak terlalu parah, kondisi ini dapat membaik dalam waktu beberapa bulan. Namun, dibutuhkan kurang lebih satu tahun untuk pencapaian pemulihan penuh. Dengan begitu, kondisi kesehatan akan menjadi lebih optimal.

Namun, jika kerusakan saraf pada wajah terjadi kembali saat pemulihan, tentunya kondisi ini dapat memengaruhi pemulihan yang tengah dijalani. Untuk itu, jangan ragu untuk memastikan kondisi kesehatan ketika kamu mengalami gejala yang terkait dengan penyakit ini.

Obat antivirus dapat digunakan sebagai pengobatan. Pemulihan akan lebih cepat dialami ketika kamu menjalani pengobatan minimal tiga hari pasca gejala terjadi. Sekitar 70 persen pengidapnya akan pulih dengan fungsi wajah yang lengkap dengan pengobatan yang tepat.

Melakukan vaksinasi cacar menjadi salah satu pencegahan penyakit ini. Jika kamu mengalami efek samping setelah vaksinasi, sebaiknya konsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejala yang dialami.

Kamu bisa cek kebutuhan medis yang diperlukan melalui Halodoc. Kebutuhan medis yang kamu perlukan bisa diantar langsung ke tempat kamu. Praktiskan? Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Ramsay Hunt Syndrome.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Ramsay Hunt Syndrome.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What’s to Know about Ramsay Hunt Syndrome?