• Home
  • /
  • Waspada, Stres Dapat Sebabkan Sakit Gigi

Waspada, Stres Dapat Sebabkan Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Waspada, Stres Dapat Sebabkan Sakit Gigi

Halodoc, Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum kalau stres bisa merembet ke masalah kesehatan lainnya. Ketika kamu mengalami stres, maka ada sesuatu yang memengaruhi otak kamu. Nah, di dalam otak terdapat banyak cabang-cabang saraf yang terhubung ke seluruh titik tubuh. Itulah alasan sederhana mengapa stres benar bisa memengaruhi kondisi tubuh. 

Katanya, stres bisa menyebabkan sakit gigi. Bisa jadi ini juga disebabkan karena saraf gigi yang langsung terhubung dengan otak. Namun, untuk memastikannya lebih lanjut, yuk baca ulasan berikut ini. 

Baca Juga: Terlalu Sering Stres Sebabkan 6 Penyakit Ini

Alasan Stres Bisa Menyebabkan Sakit Gigi

Melansir dari Medicinet, seseorang yang mengalami stres cenderung mengabaikan kesehatan pribadi dan rentan terlibat dalam perilaku merusak seperti merokok dan penyalahgunaan alkohol. Tingkat stres yang tinggi juga memengaruhi suasana hati dan membuat seseorang tidak menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang atau berkumur. Semua hal tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut. 

Masalah-masalah gigi yang dapat ditimbulkan contohnya bruxism dan periodontitis. Bruxism, terjadi ketika seseorang suka menggemeratakkan giginya sehingga menyebabkan sakit pada rahang. Kondisi ini sering terjadi tanpa sadar bisa terjadi pada siang hari atau malam hari.  Seseorang yang mengalami stres juga cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti camilan manis.

Makanan dan minuman manis meningkatkan risiko kerusakan gigi dan dalam jangka panjang meningkatkan peluang terkena penyakit gusi. Kalau kamu sedang mengalami stres dan tidak ingin mengalami sakit gigi, cobalah berusaha mengingatkan diri untuk tetap membersihkan gigi dan makan sehat. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari. Kamu juga perlu menggunakan obat kumur antibakteri dua kali sehari.

Kalau kamu mengalami sakit gigi yang tidak tertahankan, jangan biarkan berlarut-larut dan segera periksakan ke dokter. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Baca Juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Manajemen Stres yang Wajib Kamu Ketahui

Kalau kamu sedang menjalani rutinitas yang sibuk atau sedang menopang beban yang cukup berat, mulai belajar mengelola stres demi menjalani hidup yang lebih sehat. Dikutip dari WebMD, berikut ini tips untuk mengelola stres, yaitu:

  • Selalu berusaha bersikap positif;

  • Cobalah menerima peristiwa yang tidak dapat dikendalikan;

  • Bersikaplah asertif bukannya agresif;

  • Pelajari dan latih teknik relaksasi; cobalah meditasi atau yoga untuk manajemen stres;

  • Berolahraga secara teratur; 

  • Makanlah makanan yang sehat dan seimbang;

  • Belajar mengatur waktu agar menjadi lebih efektif;

  • Tetapkan batasan dengan tepat dan belajarlah untuk mengatakan tidak untuk permintaan yang sekiranya terlalu berat dilakukan;

  • Luangkan waktu untuk hobi, minat, dan relaksasi;

  • Istirahat yang cukup dan dapatkan waktu tidur minimal delapan jam sehari;

  • Jangan mengandalkan alkohol, narkoba, atau perilaku kompulsif untuk mengurangi stres;

  • Carilah dukungan sosial. Habiskan waktu dengan orang-orang yang dianggap nyaman.

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

Kalau kamu ingin mempelajari cara-cara menghadapi stres lebih mendalam, kamu bisa berdiskusi dengan psikolog atau psikiater Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi mereka kapan saja dan di mana saja. Lebih mudah, kan?

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2020. How to Keep Stress From Wrecking Your Mouth.
Medicinet. Diakses pada 2020. Can Stress Ruin Your Teeth?.
WebMD. Diakses pada 2020. Stress Management.