• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspadai 4 Efek Negatif Kecanduan Game

Waspadai 4 Efek Negatif Kecanduan Game

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Waspadai 4 Efek Negatif Kecanduan Game

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis kecanduan yang dapat terjadi, salah satunya adalah permainan atau game. Banyaknya pilihan game membuat beberapa orang berusaha untuk terus mengikuti arus, sehingga tidak memiliki waktu terhadap kegiatan lainnya. Bukan hanya itu, ternyata ada banyak efek buruk yang timbul akibat kecanduan game. Untuk mengetahui lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Efek Buruk dari Kecanduan Game

Permainan yang menggunakan alat elektronik layaknya komputer dan Playstation sedang populer di kalangan masyarakat dan tidak tergantung pada usia. Dengan adanya persaingan dan keseruan yang dirasakan, membuat seseorang berusaha lebih keras untuk lebih terdepan dibandingkan teman-temannya. Maka dari itu, game rentan menyebabkan kecanduan pada banyak orang dan mampu menimbulkan dampak buruk saat tidak dicegah.

Baca juga: WHO: Kecanduan Game Merupakan Gangguan Mental

Disebutkan jika 1 persen hingga 16 persen orang yang gemar memainkan video game memenuhi kriteria kecanduan. Salah satu indikator yang paling umum seseorang mengalami kecanduan game adalah jumlah waktu yang dihabiskan dalam satu hari, dan bermasalahnya kegiatan lainnya yang terbilang penting untuk dilakukan. Namun jika kamu bermain hanya sebagai kegiatan rekreasi, tidak akan ada efek berbahaya dan kecanduan yang dapat timbul.

Lalu, apa saja efek dari kecanduan game yang dapat timbul? Berikut ini daftarnya:

1. Kecanduan Dopamin

Salah satu bagian di otak yang dapat menimbulkan rasa senang terhadap video game. Otak manusia melepaskan neurotransmitter yang disebut dopamin, hal ini untuk menimbulkan rasa senang. Saat tubuh melepaskan dopamin yang konstan, kebutuhan terhadapnya akan semakin bertambah. Hal ini mencegah kamu melakukan kegiatan lain yang tidak dapat merangsang dopamin layaknya bermain game. Saat melakukan kegiatan lainnya terasa tidak semenyenangkan itu, sehingga terus berusaha untuk mendapatkan perasaan tersebut yang akhirnya kecanduan dopamin.

2. Masalah Penglihata

Efek buruk lainnya dari kecanduan game adalah masalah pada penglihatan. Hal ini terjadi saat kamu menatap layar dalam waktu yang lama dan intens, sehingga menyebabkan kelelahan pada mata, terutama bagian kornea, pupil, dan iris. Bagian ini tidak dilengkapi secara biologis untuk melihat gambar digital dari perangkat elektronik. Di sisi lain, hal ini baik untuk pengidap ambliopia karena dapat sangat membantu agar ketajaman visualnya dapat pulih.

Baca juga: Kapan Kecanduan Game Online Jadi Masalah Kesehatan Mental?

3. Masalah Muskuloskeletal

Seseorang yang mengalami kecanduan game dapat merasakan efek buruk seperti masalah muskuloskeletal. Gangguan yang kerap terjadi adalah perasaan nyeri di tangan, pergelangan tangan, hingga punggung dan leher. Pada seseorang yang bermain Playstation, jempolnya dapat mengalami mati rasa akibat gesekan yang terus terjadi. Selain itu, seseorang yang gemar bermain video game di komputer juga rentan mengalami gangguan pada punggung karena kursi yang kurang mendukung bentuk tubuh.

4. Obesitas

Seseorang yang mengalami kecanduan game dapat berefek pada berat badannya yang terus meningkat, sehingga mengalami obesitas. Hal ini lebih umum terjadi pada anak-anak yang banyak menghabiskan waktu untuk bermain video game karena tidak adanya aktivitas fisik yang dilakukan. Maka dari itu, peran orangtua sangat penting membatasi waktu bermain anak dengan segala hal yang berbau elektronik, hanya 1,5 jam per harinya.

Itulah beberapa efek buruk dari kecanduan game yang dapat dirasakan. Memang hal ini lebih rentan untuk terjadi pada anak-anak, sehingga peran orangtua sangat penting untuk memaksa anak melakukan kegiatan fisik. Saat tubuhnya terlalu lama menghabiskan waktu hanya dengan duduk diam, tentu banyak masalah yang dapat timbul pada tubuhnya.

Baca juga: Ini Efek Kecanduan Bermain Game Online bagi Otak

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait efek buruk dari kecanduan game, psikolog dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan segala kemudahan dalam akses kesehatan tanpa perlu bertatap muka. Jangan ragu lagi, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. The Signs and Effects of Video Game Addiction.
Healthy Gamer. Diakses pada 2021. 10 Negative Effects of Video Games.
Peertechz. Diakses pada 2021. Gaming Disorder and Effects of Gaming on Health: An Overview.