• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspadai Gejala Awal Diabetes yang Sering Diabaikan

Waspadai Gejala Awal Diabetes yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Waspadai Gejala Awal Diabetes yang Sering Diabaikan

Gejala awal diabetes seringkali tidak disadari. Hal ini membuat banyak orang yang sering terlambat menyadari dirinya terserang penyakit ini. Ada beberapa gejala awal yang perlu diketahui, seperti sering merasa haus, mudah lapar, selalu ingin buang air kecil, hingga mengalami luka yang sulit untuk sembuh. 

Halodoc, Jakarta – Gejala awal diabetes seringkali diabaikan, sebab beberapa di antaranya bersifat umum atau mirip dengan gejala penyakit lain. Hal ini kemudian menyebabkan banyak orang sering terlambat menyadari dirinya mengidap diabetes. Tidak jarang, penyakit ini baru terdeteksi setelah cukup parah, bahkan sudah memicu komplikasi. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui gejala awal diabetes, terutama jika memiliki faktor risiko, seperti riwayat penyakit di keluarga. Mengenali dan mewaspadai gejala awal yang muncul bisa membuat penyakit ini cepat ditangani. Sebab, semakin cepat dideteksi dan ditangani, semakin besar pula peluang untuk menghindari terjadinya komplikasi diabetes yang berbahaya. 

Baca juga: Amputasi pada Pengidap Diabetes Bisa Susah Sembuh?

Mengenali Gejala Awal Diabetes 

Semakin cepat ditangani, risiko munculnya komplikasi diabetes yang berbahaya bisa dihindari. Maka dari itu, penting untuk mengenali gejala awal diabetes, seperti: 

  1.  Sering Buang Air Kecil

Salah satu gejala khas dari penyakit ini adalah sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Tak jarang, keinginan untuk selalu buang air kecil bisa mengganggu tidur malam. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar gula darah, sehingga ginjal tidak mampu menyerap semuanya. Kelebihan gula yang tidak terserap kemudian dibuang melalui urine.

  1. Selalu Merasa Haus  

Gejala awal diabetes yang juga sering diabaikan adalah selalu merasa haus. Gejala ini muncul karena peningkatan frekuensi buang air kecil yang membuat cairan tubuh berkurang terus-menerus. Pada pengidap diabetes, rasa haus yang muncul biasanya tidak mudah hilang, walaupun sudah banyak minum air putih. 

  1. Sering Merasa Lapar 

Rasa lapar yang terjadi secara tidak wajar, misalnya sering merasa lapar padahal baru saja makan, bisa menjadi salah satu ciri-ciri penyakit diabetes. Rasa lapar yang berlebihan muncul karena hormon insulin di dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan optimal. 

Baca juga: Lakukan 6 Langkah Ini untuk Mengobati Luka Pengidap Diabetes

  1. Penurunan Berat Badan 

Pengidap diabetes rentan mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa alasan yang jelas. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin yang cukup. Alhasil, tubuh mengambil sumber energi lain, seperti protein, lemak, dan otot. 

  1. Kulit Gatal dan Kering 

Sering merasa gatal dan mengalami kulit kering bisa menjadi gejala awal diabetes. Kulit kering pada pengidap penyakit diabetes terjadi karena tubuh kehilangan banyak cairan, yaitu saat buang air kecil terus-menerus. Hal ini menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya. 

  1. Luka Sulit Sembuh 

Saat mengalami luka di bagian tubuh, misalnya infeksi, memar, atau gigitan serangga, pengobatan sederhana biasanya akan membuat luka cepat hilang. Namun, hal ini tidak berlaku pada pengidap penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar gula darah, sehingga menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras. Alhasil, aliran darah yang mengandung oksigen jadi terhambat. Padahal, bagian tubuh yang mengalami luka memerlukan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah untuk bisa cepat sembuh.

Baca juga: Begini Cara Pencegahan Amputasi pada Pengidap Diabetes

Cari tahu lebih lanjut seputar gejala awal diabetes dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan informasi terpercaya dari ahlinya. Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. Early Diabetes Symptoms.

Health. Diakses pada 2021. Signs of Diabetes. 

American Diabetes Association. Diakses pada 2021. Symptoms of Diabetes.