• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • WFO saat Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini agar Tetap Sehat

WFO saat Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini agar Tetap Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Sampai saat ini, sebagian pekerja masih ada yang bekerja dari rumah, tetapi ada pula yang harus berangkat ke kantor disaat pandemi belum mereda. Kalau kamu termasuk pekerja yang harus bekerja di kantor maupun di luar rumah, tentu keadaannya tidak akan sama lagi seperti sebelum pandemi merebak. 

Bagi yang harus bekerja di kantor tentunya harus lebih waspada dan mematuhi protokol kesehatan agar tidak tertular oleh virus. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tetap sehat saat bekerja di kantor:

1. Jaga Jarak dan Hindari Berkelompok

Cara penyebaran COVID-19 yang paling umum adalah dari orang ke orang, terutama antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain. Itu sebabnya, kamu tetap harus melakukan social distancing dengan kolega maupun klien saat di kantor. Pasalnya, seseorang yang sudah terinfeksi COVID-19 bisa menularkannya kepada siapapun dalam radius dua meter saat batuk, bersin, atau berbicara.

Baca juga: Gejala Tak Umum Corona yang Harus Diwaspadai

Walaupun kolega atau klien yang kamu temui terlihat sehat-sehat saja, kamu tetap harus waspada dengan melakukan physical distancing. Sebab, sejumlah besar orang yang terinfeksi virus justru tidak menunjukkan gejala dan bisa menyebarkan virus tanpa pernah menyadarinya. Berikut kiat untuk menjaga jarak sosial di tempat kerja:

  • Mengatur ulang tempat duduk dengan memastikan berjarak jarak dua meter di antara kolega yang lain.
  • Kurangi lalu lintas lorong dua arah dengan berjalan melalui gedung searah jarum jam.
  • Hindari berkumpul di ruang istirahat dan pertimbangkan untuk makan di meja sendiri.
  • Manfaatkan rapat virtual sesering mungkin.
  • Hindari elevator dan lift yang penuh dengan menunggu lift yang tidak terlalu ramai atau pilih naik tangga.

Selain itu, pertimbangkan untuk tetap menggunakan masker kain guna mengurangi risiko penyebaran COVID-19.

2. Waspadai Permukaan yang Sering Disentuh

Penularan dari permukaan ke orang memang bukan cara utama penyebaran COVID-19. Namun, apabila orang yang terinfeksi melepaskan tetesan pernapasannya, tetesan pernapasan yang menular ini juga dapat mencemari permukaan di sekitarnya. Artinya, infeksi COVID-19 juga bisa terjadi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut kamu.

Baca juga: Sebelum Tes COVID-19, Ketahui Urutan Tes Paling Akurat

Untuk mewaspadai hal ini, pastikan kamu sering mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah. Kamu juga harus membatasi kontak dengan permukaan yang biasa disentuh oleh banyak orang di seluruh kantor seperti:

  • Gagang pintu.
  • Tombol lift.
  • Dispenser, alat penyeduh kopi dan pendingin air.
  • Microwave dan lemari es.
  • Counter dan meja di ruang istirahat.
  • Printer dan mesin faks.

Setelah menyentuh permukaan ini, pastikan langsung mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol (hand sanitizer).

3. Terapkan Pola Makan Sehat dan Rutin Berolahraga

Selain menerapkan protokol kesehatan, kamu juga wajib menerapkan pola hidup sehat agar imunitas tubuh tetap kuat. Pastikan mengonsumsi makan-makanan yang bergizi, minum air putih untuk menghidrasi tubuh dan rutin berolahraga. Bila perlu, konsumsi vitamin atau suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: 5 Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan di Masa Pandemi

Tips lain saat bekerja di kantor, sebaiknya bawa bekal dari rumah dan hindari memberi makan di luar yang belum tentu terjaga kebersihannya. Dengan membawa bekal yang sudah kamu sediakan sendiri, tentu makanan yang kamu konsumsi sudah pasti terjaga kebersihan dan kualitas gizinya.

Punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan? Kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Nah, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional, ada promo P3K (Promo Peduli pada Kesehatan) di Halodoc. Kamu bisa Chat dengan dokter umum maupun spesialis cuma Rp. 7.500 saja. Promo ini berlaku mulai 12-14 November 2020. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
Houston Methodist Leading Medicine. Diakses pada 2020. 3 Tips for Staying Healthy as You Return to Your Workplace.
Ohio University. Diakses pada 2020. Essential tips for employees to stay healthy during the coronavirus pandemic.