• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wortel Dapat Mempertajam Penglihatan di Malam Hari, Mitos atau Fakta?

Wortel Dapat Mempertajam Penglihatan di Malam Hari, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Wortel Dapat Mempertajam Penglihatan di Malam Hari, Mitos atau Fakta?

“Semua orang pasti ingin memiliki mata yang sehat atau bahkan yang tetap tajam di malam hari. Oleh karena itu, konsumsi makanan seperti wortel bisa sangat membantumenjaga kesehatan mata. Kiranya, itulah mitos yang beredar di masyarakat. Namun, anggapan bahwa wortel bisa mempertajam penglihatan di malam hari adalah setengah mitos dan setengah fakta.”

Halodoc, Jakarta – Semasa kanak-kanak, kamu pasti ingat saat orangtua memarahimu karena kamu tidak menghabiskan sayuran seperti wortel. Padahal orangtua sudah sering mengingatkan bahwa wortel adalah makanan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas penglihatan.  

Namun, ada mitos yang menyebutkan bahwa konsumsi wortel juga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari. Apakah hal ini benar dan dari mana mitos ini berasal? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini! 

Baca juga: Tidak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Asal Usul Mitos Wortel untuk Penglihatan Malam yang Baik

Ternyata mitos ini berasal dari masa Perang Dunia II. Jadi, selama Serangan Blitzkrieg, ancaman terbesar bagi Inggris adalah serangan malam pengeboman yang sering dilakukan oleh tentara Jerman. Oleh karena itu, Inggris harus menyusun rencana untuk mengalahkan Jerman. Angkatan Udara Inggris akhirnya berhasil mengusir mereka dengan mendeteksi pesawat dan pesawat pengebom Jerman di malam yang gelap dan berkabut. Mereka mengaku bahwa ini berkat konsumsi wortel. Setidaknya itulah yang membuat orang Jerman percaya 

Cerita ini dibuat oleh mantan Kementerian Pangan Pemerintah Inggris untuk menutupi stasiun radar yang didirikan dalam menentukan pembom Jerman di malam hari, yang mana ini adalah prestasi yang sebelumnya dianggap mustahil. Melalui kampanye propaganda, orang Inggris meyakinkan orang Jerman bahwa makan wortel secara berlebihan dapat meningkatkan penglihatan dalam gelap. Sejak saat itu, sayuran ini merupakan bahan penting dalam diet Inggris dan anak-anak bahkan diberi wortel sebagai pengganti es loli di masa perang.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Wortel dapat Mengurangi Mata Minus?

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Mata

Terlepas dari mitos, wortel kaya akan vitamin A, yang penting untuk penglihatan yang baik, karena membantu mata mengubah cahaya menjadi sinyal yang dikirim ke otak, membantu membuat kita melihat dalam gelap. Jika seseorang menderita kekurangan vitamin A, hal ini dapat menyebabkan rabun senja.

Namun, makan wortel mungkin tidak memperbaiki mata orang sehat biasa dan hanya membuat perbedaan besar bagi seseorang yang telah mengalami kekurangan vitamin A. Biasanya, masalah mata berasal dari diabetes atau berkaitan dengan usia dan tidak dapat disembuhkan hanya dengan makan wortel.

Selain vitamin A, nutrisi lain, seperti seng, vitamin C dan E, asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan mata. Jadi, jika seseorang mengatakan bahwa wortel dapat meningkatkan penglihatan dalam kegelapan, ini setengah mitos dan setengah fakta. 

Namun jika kamu merasa kualitas penglihatan di malam hari cukup buruk, kamu bisa hubungi dokter di Halodoc. Kamu bisa tanyakan apa yang menjadi penyebabnya dan solusi untuk mengatasinya. Dokter di Halodoc pun akan selalu siaga untuk menjawab semua pertanyaanmu.

Baca juga: 4 Tips Mengolah Wortel Menjadi Makanan yang Lezat 

Kandungan Nutrisi

Selain membantu penglihatan dan kesehatan mata, berikut ini daftar nutrisi yang terdapat dalam wortel: 

  • Pektin. Ini adalah sumber utama serat yang ditemukan dalam wortel membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan dan memberi makan bakteri usus baik.
  • Biotin. Ia adalah anggota keluarga vitamin B, biotin memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.
  • Kalium. Ini adalah salah satu mineral terpenting dalam tubuh; kalium mengatur retensi air, tekanan darah dan memastikan fungsi yang tepat dari otot dan saraf.
  • Vitamin K. Ia juga dikenal sebagai phylloquinone, ditemukan pada tanaman, seperti wortel dan membantu kesehatan tulang dan jantung dan sangat penting dalam pembekuan darah.
  • Beta karoten. Ia berasal dari nama latinnya (carota = wortel), pigmen merah-oranye yang ditemukan pada tumbuhan dan buah-buahan ini kaya akan vitamin A, membantu menjaga kesehatan kulit dan mata yang baik.
  • Lutein. Ini adalah antioksidan paling umum dalam wortel, karotenoid yang terkait dengan beta-karoten. Ia juga dikenal sebagai “vitamin mata” dan memainkan peran kunci dalam penglihatan yang sehat.
  • Karbohidrat. Wortel memiliki angka indeks glikemik yang rendah. Jadi, makan wortel dapat bermanfaat bagi orang yang didiagnosis dengan diabetes. 
This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Lenstore UK. Diakses pada 2021. Myth or Truth: Can Carrots Help Us See In the Dark?
Science Focus. Diakses pada 2021. Do Carrots Really Help You See in the Dark?