• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Zumba Dibarengi dengan Diet, Ini Manfaatnya

Zumba Dibarengi dengan Diet, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Zumba Dibarengi dengan Diet, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan rutin berolahraga. Untuk menghindari rasa malas, saat ini banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa kamu pilih, agar semakin termotivasi untuk latihan. Salah satu olahraga yang bisa kamu coba adalah zumba. Olahraga ini akan terasa menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan beberapa teman, karena memadukan olahraga, tarian, dengan musik.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin melakukan zumba, salah satunya untuk membakar kalori dalam tubuh. Untuk merasakan manfaat olahraga ini secara optimal, tidak ada salahnya kebiasaan ini dibarengi dengan pola makan sehat atau diet yang tepat dengan kebutuhan kesehatan kamu. Yuk, cari tahu manfaat yang bisa kamu rasakan ketika melakukan zumba yang dilakukan bersama diet bagi tubuh!

Ketahui Manfaat Zumba dan Diet yang Dilakukan Bersama

Zumba menjadi salah satu rangkaian olahraga yang sangat menyenangkan dan mudah diikuti. Biasanya, zumba akan diiringi oleh musik dengan irama cepat dan juga lambat. Hal ini disebabkan gerakan zumba memang dirancang untuk dilakukan secara berulang dengan menggerakan sebagian besar otot tubuh.

Tidak hanya berolahraga, untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat, kamu juga perlu melakukan pola makan yang tepat dan sehat. Kebiasaan ini akan meningkatkan manfaat yang dapat kamu rasakan dari olahraga zumba. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa manfaat zumba dan diet yang dilakukan bersama berikut ini.

1.Menurunkan Berat Badan

Olahraga zumba menjadi salah satu olahraga yang dinilai cukup efektif untuk membakar kalori. Melakukan zumba selama 60 menit nyatanya dapat membakar sebanyak 450 kalori. 

2.Menghilangkan Lemak pada Perut

Ketika kamu melakukan diet untuk menghilangkan lemak yang ada di perut, sebaiknya lakukan diet bersama dengan olahraga zumba secara rutin. Gerakan zumba yang berasal dari tarian cha-cha, hiphop, hingga salsa dapat membantu kamu untuk menghilangkan lemak-lemak yang berada di perut. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari perut buncit.

3.Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Rutin melakukan olahraga ini ternyata membantu kamu dalam meningkatkan kekuatan tubuh. Hal ini disebabkan gerakan tubuh yang mengikuti irama musik.

4.Menurunkan Risiko Diabetes

Bagi kamu yang pengidap diabetes, tentunya berbagai diet dan pola makan perlu dijalani agar kondisi diabetes tidak semakin memburuk. Selain itu, jangan ragu berolahraga zumba karena dapat membantu kamu untuk menurunkan risiko diabetes. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika melakukan zumba bersamaan dengan pola makan sehat atau diet. Tidak hanya itu, olahraga zumba juga bisa meningkatkan hubungan sosial kamu karena jenis olahraga ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan temen-teman.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Zumba bagi Kesehatan

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Zumba

Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dari segala usia. Namun, sebelum memulai zumba, tidak ada salahnya simak beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. 

  1. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter sebelum melakukan zumba. Khususnya jika kamu dalam kondisi hamil atau memiliki penyakit tertentu. Gunakan aplikasi Halodoc agar kamu bisa bertanya langsung pada dokter.
  2. Sebagai langkah awal olahraga zumba, sebaiknya pilihlah gerakan-gerakan yang memang dirancang untuk pemula.
  3. Sama dengan olahraga yang lain, jangan lupa untuk lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga zumba.
  4. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk menghindari cedera atau terkilir.

Baca juga: Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba Biasakan Senam Ini

Itulah beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum kamu melakukan zumba. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan setelah melakukan zumba agar kamu terhindar dari dehidrasi.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Surprising Health Benefits of Zumba.
Jumpstart by Web MD. Diakses pada 2020. Zumba.