Ini 3 Cara Alami Sembuhkan Rabun Jauh Tanpa Harus Operasi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
obat rabun jauh

Halodoc, Jakarta - Jika penglihatan kamu buram pada malam hari, dan harus menyipitkan sebagian mata untuk melihat dengan jelas, ini berarti kamu mengidap rabun jauh. Kondisi ini bisa semakin parah jika tidak ditangani dengan baik. Yuk, baca lebih lengkapnya tentang rabun jauh di bawah ini!

Baca juga: 4 Penyebab Rabun Jauh pada Anak-Anak

Pengertian Rabun Jauh

Rabun jauh biasa disebut dengan miopi. Rabun jauh merupakan kondisi mata ketika penglihatan tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh. Namun, objek akan sangat terlihat jelas pada jarak dekat. Rabun jauh atau miopi juga bisa disebut dengan mata minus. Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda pada setiap pengidapnya. Umumnya, pengidap dengan rabun jauh yang ringan tidak memerlukan penanganan khusus.

Gejala Rabun Jauh

Miopia dapat terjadi pada siapa saja. Namun, biasanya kondisi ini sudah dimulai sejak usia remaja, dan seseorang akan lebih rentan mengidap kondisi ini jika orangtua juga memiliki riwayat yang sama.

Beberapa gejala yang ditimbulkan ketika seseorang mengidap miopia, yaitu:

  • Kepala akan terasa sakit atau mata terasa pegal, karena mata bekerja secara berlebihan.

  • Penglihatan akan buram ketika melihat benda dalam jarak jauh.

  • Menyipitkan satu mata atau sebagian mata agar objek yang dilihat dapat terlihat dengan jelas.

  • Kesulitan melihat saat berkendara, terutama saat malam hari.

  • Mengedipkan mata secara berlebihan.

  • Tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.

  • Terus menggosok mata, karena objek yang dilihat terlihat buram atau samar.

Baca juga: Apakah Rabun Jauh Bisa Menjadi Penyakit Turunan?

Penyebab Rabun Jauh

Kondisi ini dapat disebabkan oleh bola mata yang terlalu panjang atau memiliki kornea yang melengkung terlalu curam. Ini berarti, fokus bukan terletak pada retina, dan cahaya yang masuk malah fokus di depan retina. Nah, kondisi ini dapat menyebabkan objek yang dilihat terlihat buram.

Selain itu, miopia juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti gangguan endokrin, kekurangan vitamin, keturunan, atau alergi. Miopi juga dapat disebabkan oleh pertambahan usia. Ketika bertambahnya usia seseorang maka ukuran rongga bola mata juga ikut memanjang, lalu bola mata akan menyesuaikan diri untuk memanjang, sehingga fokus cahaya terjadi di depan retina, bukan di permukaan retina.

Cara Sembuhkan Rabun Jauh Tanpa Operasi

Jika kamu ingin menyembuhkan miopia yang kamu alami tanpa operasi, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini, yaitu:

  • Konsumsi Wortel

Salah satu cara menyembuhkan rabun jauh tanpa operasi adalah dengan rutin mengonsumsi wortel. Wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika seseorang mempunyai masalah dengan mata. Hal ini dikarenakan wortel mengandung beta karoten yang diperlukan tubuh dalam memproduksi vitamin A. Selain itu, vitamin ini sangat baik untuk kesehatan mata. Kamu bisa mengonsumsi jus wortel dua gelas dalam sehari, selama satu bulan.

  • Terapi Lilin

Terapi lilin dapat dilakukan dengan cara nyalakan lilin dan tatap lilin tersebut tanpa berkedip selama beberapa menit. Jika sudah ada air mata yang keluar, terapi kamu sudah selesai. kamu bisa mengulangi terapi ini di hari berikutnya.

  • Daun Sirih

Mengapa daun sirih dipercaya membantu menyembuhkan miopia? Hal ini karena daun sirih kaya akan minyak esensial, seperti sineol, eugenol, kadinen, dan kavikol. Selain itu, minyak esensial dalam daun sirih juga mengandung gula, zat samak, pati, seskuiterpen, dan kavikol. Kavikol sendiri berguna untuk membunuh jamur, bakteri, dan sebagai antioksidan.

Kamu hanya harus menempelkan daun sirih yang telah dicuci di mata saat sebelum tidur dan lepaskan daun sirih saat pagi hari. Kamu juga bisa merendam mata dalam air sirih. Pada mata yang sudah terendam air, cobalah untuk membuka mata agar air daun sirih masuk ke dalam mata. Kamu bisa melakukan hal ini selama 30 menit setiap hari.

Baca juga: Tidak Hanya Menyerang Orangtua, Rabun Jauh Juga Dapat Dialami oleh Anak

Kamu ingin berdiskusi dengan dokter ahli seputar masalah kesehatan kamu? Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc, lho. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!